Bisnis Air Isi Ulang : Panduan Lengkap dan Analisa Modal

Bisnis Air isi ulang kini kian menjamur. Bisnis yang dulu dipandang sebelah mata ini ternyata bisa memberi penghasilan lumayan. Mulai dari jutaan rupiah hinga puluhan juta per bulan.

Secara umum, bisnis ini dibagi menjadi tiga kelompok:

  1. Bisnis air isi ulang biasa. Air minum yang dijual biasanya tanpa merk atau merk sendiri namun belum terkenal (skalanya masih kabupaten atau kota). Harga jual air ini berkisar Rp4.000 s.d. Rp6.000.
  2. Bisnis Air RO (reverse osmosis). Untuk membaca analisa lengkap Usaha jenis ini, silahkan klik di sini
  3. Bisnis air mineral bermerk. Misalnya Aqua, Vit, dan Cleo. Semua pengisian air dan perawatan galon dilakukan oleh pabrik yang bersangkutan. Air minum jenis ini dijual mulai Rp 12.000 s.d. Rp 18.000. Tergantung merk dan lokasi penjualan.

Kita akan membahas ketiga bisnis tersebut secara mendetail. Kami akan memandu memilih jenis bisnis mana yang cocok untuk anda.

Bisnis Air Isi Ulang

Artikel ini berisi mengenai analisa bisnis ini. Mulai dari modal yang dibutuhkan, biaya produksi harian, perhitungan keuntungan, persiapan membuka bisnis ini, segmen yang tepat, cara berjualan, dan juga hal –hal yang wajib anda lakukan agar air anda semakin laris manis.

5 Alasan Peluang Usaha Air Isi Ulang Makin Prospektif

Bisnis air isi ulang akan selalu hidup. Ada beberapa penyebab kenapa bisnis ini punya prospek bagus :

  • Air minum merupakan kebutuhan pokok yang dibutuhkan setiap hari oleh manusia.
  • Makin banyak kantor, pabrik, dan tempat bekerja baru bermunculan. Air minum adalah kebutuhan wajib untuk para pekerja.
  • Banyak orang tua (bapak maupun ibu) menjadi pekerja untuk mengumpulkan uang sehingga tidak punya waktu untuk menyiapkan air siap minum.
  • Bahan baku air minum semakin susah didapat karena air sumur/air tanah/air ledeng di beberapa tempat berbau, berasa, atau berwarna sehingga tidak layak untuk dimasak.
  • Semakin banyak keluarga yang peduli dengan kualitas air minum
  • Alasan lainnya yang anda tahu, silahkan tambahkan di komentar ya.

Sebelum lanjut, satu pesan saya :
Pengusaha itu memecahkan masalah, membuat hidup konsumen menjadi lebih baik.  Usaha air isi ulang anda haruslah bertujuan utama membantu konsumen.

 Cara Memulai Bisnis Air Isi Ulang

Hal-hal yang perlu sobat siapkan sebelum memulai usaha jangka panjang ini adalah  :

1. Pilih lokasi yang tepat
Bisnis air isi ulang biasa cocok untuk daerah yang mementingkan ketersediaan air dengan harga murah. Misalnya :
Tempat usaha yang padat karya, misalnya : membangun jalan, membangun gedung, UMKM sektor produksi, dan sektor pekerjaan yang tenaga kerjanya non educated (tidak harus memiliki ijazah).

Pemukiman yang kesusahan air bersih untuk di masak dan mayoritas penduduknya berpenghasilan menengah ke bawah.
Apakah anda tahu tempat lainnya? Silahkan tulis di komentar ya.

Ads By Google

2. Ijin dinas kesehatan
Umumnya, penyedia depo air minum membantu pengurusan izin dari kementerian kesehatan. Namun jika tidak, anda harus mengurusnya sendiri, apalagi jika anda membeli peralatan secara terpisah.

3. Kunjungi yang sudah berpengalaman
Hal ini sangat penting, anda tidak cukup hanya mencari semuanya dari internet. Cobalah bertanya ke depo air minum di kota/daerahmu. Dalam satu kota ada pasti ada puluhan depo air minum
Ini penting karena anda bisa bertanya mengenai rekomendasi penyedia depo air minum, tutup galon dan tisu yang bagus tapi terjangkau, tips menjaga kualitas air, aturan terbaru didaerahmu, dan lain-lain.

Cara Menjalankan Bisnis Air Isi Ulang

4. Cara berjualan air isi ulang itu sederhana. Pertama-tama silahkan tawarkan ke calon konsumen secara langsung. Tempelkan juga hasil ijin dinas kesehatan supaya pembeli makin yakin. Buat spanduk yang besar, mencolok, dan mudah dibaca.

5. Jika anda adalah pionir (orang pertama) yang berjualan air di tempatmu, saya sarankan anda menyediakan peminjaman galon gratis untuk pelanggan – pelanggan awal. Harga galon biasanya dianggap memberatkan.

6. Aktif dalam berpromosi, tetaplah bersemangat terutama dalam menjelaskan kualitas air anda

7. Hal-hal yang perlu dilakukan untuk menjaga konsumen:
Rajin-rajinlah membersihkan FRP anda, jangan sampai berlumut. Jaga kualitas air minum. Antarlah pesanan secara cepat. Berikan jam kerja yang jelas untuk karyawan anda dan komunikasikan ke konsumen.

8. Siapkan Modal Usaha Anda

Nah kita tidak bisa memungkiri bahwa ada 1 bagian penting yaitu modal. Berapa modal yang dibutuhkan? yuk kita simak mengenai modal atau baca juga mengenai bisnis air isi ulang jenis reverse osmosis.

Cara Bisnis Air Isi Ulang Analisa dan Modal Usaha Air Isi Ulang Usaha Air Isi Ulang RO Cara Menekan Modal

Selamat menjalankan usaha. Oke. jika ada yang ingin anda ungkapkan, mari berdiskusi di komentar.

Ads By Google
Oleh :

Bermanfaat kan? Yuk Share ke :
Facebook Tweet


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *