Bisnis Es Lilin : Peluang Usaha Bagus dan Penuh Kenangan

Bisnis Es lilin sungguh pernah berjaya di masa 2000an dan sekarang dengan kemasan baru mulai banyak peminatnya.

Banyak cara menemukan ide bisnis. Salah satunya dengan mengingat kenangan masa kecil. Jajanan apa yang Anda sukai saat masih kecil dulu?

Bisnis Es Lilin

Mungkin salah satunya es lilin. Ada yang menyebutnya es potong, es loli, maupun es mambo. Makanan dari masa kecil kita ini bisa dijadikan ide bisnis yang modalnya cukup murah.

Yuk langsung saja

Cara Membuat Es lilin

Menjalankan bisnis dengan potongan masa kecil berkelebatan dalam ingatan memang menyenangkan. Ada semangat yang datang dari kenangan indah semasa kecil dulu. Bagaimana dengan Anda, adakah kenangan bersama es lilin?

es lilin masih banyak peminat

Es lilin sangat terkenal di Bandung dan seantero Jawa Barat. Meski Bandung dingin, sesekali menikmati es lilin cukup menyenangkan. Apalagi varian rasa es lilin sangat banyak.

Dingin, segar, enak, dan murah adalah karakteristik dari es lilin ini. Meski bisa menghadirkan kenikmatan sedemikian rupa, harga es lilin sangat terjangkau. Bagi para pengusaha yang ingin memulai bisnis ini, Anda bahkan bisa memulai dengan modal yang sangat minim.

Yuk Baca Juga : 7 Resep Es Lilin Unik : Anti Mainstream

Membuat Es Lilin dari Serbuk Manis

Banyak cara memulai bisnis es lilin dari rumah sendiri. Berikut saya sajikan perhitungan sederhananya.

  • Es lilin dari minuman sachet buatan pabrik dengan varian rasa buah seperti mangga, stroberi, cokelat, apel, jeruk, melon, dan lain-lain.
  1. Sediakan 4 sachet minuman serbuk rasa apa saja (boleh satu rasa atau campur dengan sesuai, misalnya jeruk dengan mangga) yang masing-masing beratnya 25 gram.4 sachet x Rp 1.500,00 = Rp 6.000,00
  1. Masukkan 4 sachet minuman serbuk tersebut ke dalam blender yang berisi air hangat sebanyak 1 gelas biasa. Tambahkan gula sekitar 2 – 3 sendok makan. Lalu, blender hingga mengembang.
  2. Masukkan adonan ke dalam wadah besar lalu tambahkan 3 liter air matang.
  3. Aduk rata sambil dicicip sedikit dengan sendok. Jika kurang manis bisa tambahkan gula atau pemanis buatan sesuai selera.
  4. Masukkan ke dalam plastik berukuran 4,5×23 cm atau 6×20 cm. Atau bisa juga ukurannya sesuai dengan selera Anda. Tapi, untuk ukuran yang gemuk menggemaskan saat sudah jadi es, menurut saya, adalah plastik ukuran ini.

 

           1 bungkus plastik es isi 100 helai sekitar Rp 8.000,00 – Rp 9.000,00.

  1. Ikat ujung plastik dengan karet hingga terikat kencang.

           Harga 1 bungkus karet gelang seperti gambar sekitar Rp 6.000,00.

  1. Masukkan ke dalam Keesokan harinya es lilin sudah bisa dijual dengan harga satuan Rp 1.000,00 atau Rp 2.000,00. Tergantung ukurannya.

Es lilin dari buah asli buatan sendiri.

          Es lilin buah asli pernah nge-hits banget di 90-an akhir hingga tahun 2000an. Benar-benar  hanya buah asli yang dipakai untuk membuat es tanpa ada tambahan pasta atau sari-sari perasa makanan rasa buah dan pengawet. Kalau pun ada bahan tambahan, bisa jadi hanya susu kental atau biji selasih.

Buah-buahan segar seperti mangga, jeruk, melon, alpukat, dan jambu merah. Harga per kilo buah-buahan tersebut tergantung musim dan tempat berbelanjanya. Perhitungan sederhananya sebagai berikut:

  • 1 kg mangga harum manis (sekitar 3-4 mangga isinya) = Rp 9.000,00
  • 1 kaleng susu kental manis = Rp 12.000,00
  • Gula pasir sesuai selera, sediakan saja 1 kg = Rp 15.000,00
  • Biji selasih (120 gram=Rp 15.000,00), ambil 3 sendok teh lalu rendam dengan air dingin sampai mengembang sebelum digunakan
  • Air sekitar 175 ml
  • Masukkan potongan mangga ke dalam blender lalu tambahkan 150 ml susu kental manis, 75 gram gula. Blender sampai halus sekali.
  • Tuangkan jus mangga ke dalam plastik es lalu ikat dengan karet pada ujungnya.
  • Es lilin

Sediakan bahan-bahan seperti:

  • Buah pilihan seperti sirsak, mangga, atau jambu merah. Anda bisa memilih salah satu. Misalnya, sirsak yang berserat saat sudah dihaluskan.
  • Ambil daging buah sirsak sekitar 500 gram. Satu kilogram sirsak harganya sekitar Rp 15.000,00. Blender sirsak sampai halus. Masukkan gula pasir dan air secukupnya.
  • Jeli instan berwarna putih 1 bungkus (harga sekitar Rp 5.000,00 – 6.000,00). Masukkan satu bungkus jeli ke dalam panci dan campur dengan gula pasir serta air 600 ml. Aduk sampai matang di atas api sedang lalu masukkan ke dalam wadah kering lain.
  • Adonan sirsak tadi ke dalam plastik es disusul dengan jeli yang baru matang tadi. Begitu seterusnya sampai semua adonan habis. Ikat ujung plastik dengan karet.

Es Lilin alami dari Coklat dan Tepung Mazena

Untuk resep dari tepung mazena + coklat, silakan intip video ini ya…

 

2. Hitung Modal Usaha dan Peralatan Es Lilin

Ads By Google

Peralatan yang dibutuhkan untuk membuat es lilin diantaranya:

  1. Wadah baskom berukuran sedang/besar = sekitar Rp 10.000,00 – Rp 20.000,00 per buah
  2. Plastik es = isi 100 sekitar Rp 6.000,00 – Rp 10.000,00
  3. Cetakan = terbuat dari plastik, dijual satuan sekitar Rp 15.000,00 – Rp 19.000,00
  4. Freezer atau showcase = tergantung merk, harga mulai 1 jutaan sampai 5 jutaan
  5. Blender = tergantung merk, harga mulai 500 ribuan sampai 2 jutaan
  6. Box Ice, bisa seperti box sosro, bisa juga yang mahal. Harga mulai 350rb s.d. 11 juta.

Total modal yang kita butuhkan = Rp 1.850rb.
Apabila sudah punya blender dan freezeer, dan jualan di rumah sendiri, tanpa box, cuma butuh modal RP 50.000, –

Selain peralatan seadanya di rumah, Anda juga bisa mengusahakan mesin pembuat es lilin manual yang bisa dibeli di toko peralatan rumah tangga atau online shop. Alat ini diperuntukkan bagi pedagang es lilin keliling atau pedagang yang menetap di satu tempat yang tidak mau repot membawa kulkas atau ice box. Harganya sekitar Rp 3.000.000,00.

3. Cara Menjual Es Lilin

Es lilin yang sudah siap, bisa langsung Anda jual di rumah dengan cara menempelkan tulisan di depan rumah yang memberi informasi kalau kini Anda berjualan es lilin. Buat kata-kata yang menarik minat seperti:

Panas-panas enaknya minum es lilin yaa…udah seger, murah, enak lagi. Kalau beli es lilin di sini sekali pasti langsung ketagihan. Pengin beli lagi…lagi…dan lagi…

Selain itu, Anda bisa menitipkannya ke warung-warung atau toko di sekitar rumah.Tentukan harga dari Anda sekian untuk dijual lagi sekian. Misalnya, dari Anda 1 es lilin adalah Rp 800,00 dan warung bisa menjualnya Rp 1.000,00.

es lilin republika

Pastikan juga harga jualnya sama rata. Misalnya, Anda menyarankan harga jual untuk 1 es lilin adalah Rp 1.000,00. Semua warung harus menjual harga yang sama agar persaingan usahanya sehat.

4. Theo, Pengusaha Es Lilin Sukses Naik Kelas

Namanya Theo. Dikenal sebagai pengusaha es lilin sukses dengan merk Likliki. Es lilin versi Theo adalah es lilin dengan cita rasa lezat dan tampilan serta penyajian modern.

Seperti Kafe, itu pesan pertama saat melihat Likliki, intip videonya deh :

 

Pengusaha dari Bandung ini menggunakan buah-buahan segar dan susu asli pasteurisasi Lembang tanpa tambahan air sama sekali. Sementara, khusus untuk rasa rujak, ia tambahkan sedikit air. Es lilin Theo juga mengeluarkan varian nangka dan kelapa muda yang menggunakan santan asli.

Theo sangat memperhatikan kualitas bahan yang ia pakai. Sejak memulai usaha di tahun 2011, buah-buahannya ia pilih yang matang lagi bagus kualitasnya. Selain itu, es lilinnya sama sekali tidak menggunakan bahan pengawet atau bahan tambahan lain.

es krim likliki es lilin

Setelah produksi, awalnya Theo sulit memasarkan es lilinnya. Kebanyakan dari mereka sepertinya belum melihat peluang keuntungan besar dari es lilin yang dijualnya. Setahun berlalu dan Theo akhirnya berhasil menarik banyak reseller dari berbagai kota di Jawa Barat dan DKI Jakarta.

Es lilin Likliki memiliki ketahanan kadaluarsa hingga satu tahun. Asal tetap disimpan dalam freezer yang aman. Harga jual ang Theo tawarkan juga tidak mahal, hanya berkisar antara Rp 4.500,00 – Rp 5.000,00 saja.

5. Bonus: Popsicle

Popsicle adalah es lilin asli Amerika. Sebetulnya ini nama merk yang kemudian dikenal orang sebagai es buah beku dengan stik kayu. Popsicle juga dikenal dengan istilah es lolipop atau es stik.

Mau tahu cara membuatnya? Saya sudah pilihkan video terbaik cara membuat Popsicle untuk Anda seperti berikut.

 

Semoga artikel ini bisa membantu Anda dalam membangun usaha es lilin. Salam sukses!

Ads By Google
Oleh :

Bermanfaat kan? Yuk Share ke :
Facebook Tweet


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *