18 Cara Bisnis Event Organizer Sukses di 2016 Mulai Dari Nol

Usaha Event Organizer makin dibutuhkan di saat seperti sekarang. Cobalah tengok, saat ada pernikahan kelas menengah sampai megah, disitu pasti menggunakan jasa EO. Acara kantor juga sering menggunakan EO, apalagi yang acaranya di luar ruangan (outdoor).

cara-Memulai-Bisnis-Event-Organizer-EO

Acara pemerintah yang nilainya ratusan juta lebih pun sangat sering menggunakan EO. Hampir semua acara besar, dari level kabupaten/kota sampai dengan nasional lebih sering menggunakan EO. Lihatlah acara ulang tahun kota kita, atau acara suatu peringatan. Ada EO dibalik acara tersebut.

Kegiatan internal kantor juga banyak yang menggunakan EO. Misalnya diklat pegawai baru, perpisahan dan internalisasi nilai.

Tiga Fakta di atas mengawali pembahasan mendalam kita mengenai event organizer. Nah di sini saya akan bercerita tentang seluk beluk bisnis EO ini dan membaginya dalam 18 hal. Mulai dari apa itu Event Organizer, kenapa peluang bisnis ini sangat menjanjikan, bagaimana memulai bisnis ini, dan tentu saja, perhitungan keuntungan untuk bisnis ini. Saya juga mencantumkan tips sukses di bisnis ini.

Event Organizer Adalah

Event Organizer (EO) merupakan jasa mengorganisir suatu acara. Dengan adanya EO, pihak yang punya acara tidak perlu bingung memilih panitia untuk mengurus acara.

Satu acara bisa saja dipegang oleh lebih dari satu EO. Misalnya, acara diklat pegawai baru bisa saja dipegang dua EO. EO pertama memegang perlengkapan, sarana prasarana, dan tempat yang dibutuhkan peserta maupun penyelenggara. EO kedua berperan mengatur makanan/catering.

Dengan berlandaskan pada kepercayaan, maka akan mengarah pada pengelolaan sebuah acara yang terorganisir, dinamis, dan praktis.

Peluang Usaha Event Organizer

Sedikitnya ada 2 hal yang membuat bisnis ini makin menjanjikan :

  1. Orang-orang di kantor semakin sibuk mengejar target pekerjaan. Mereka lebih memilih EO untuk mempersiapkan suatu acara daripada harus kehilangan fokus di pekerjaan. Hal inilah yang membuat EO makin laris manis.
  2. EO yang berpengalaman bisa menekan harga karena sudah punya kenalan untuk membeli barang/jasa persiapan acara. Ia juga tahu acara seperti apa yang diinginkan oleh masing-masing tipe penyelenggara. Hal tersebut menjadi alasan kenapa EO makin dicari.

Tidak hanya acara yang saya sebutkan di atas, banyak acara lainnya yang siap dikelola oleh EO, misalnya: ulang tahun dan peluncuran produk.

Event-Organizer-Ulang-Tahun-Anak

Cara Memulai Bisnis Event Organizer

Bisnis yang memperoleh keuntungan dari keceriaan ini memerlukan beberapa persiapan khusus. Berikut adalah beberapa hal yang harus anda miliki untuk menggeluti bisnis acara ini.

  1. Pengalaman

Hal ini wajib anda miliki, jangan menganggap membuat acara itu hal remeh. Jika belum punya pengalaman anda bisa ikut EO lain dulu. Anda juga bisa belajar cara mendapatkan order dari pengalaman ini. 7 Hal berikutnya yang akan kita bahas juga harus diperdalam melalui pengalaman.

Anda harus merelakan diri untuk menggali pengalaman dari orang lain. Kesuksesan jangka panjangmu diawali dar sini.

Bisnis ini akan  mengatur catering, hotel, toko bunga, laundry dan banyak hal lainnya. Semua itu butuh koordinasi dan pengalaman.

Anda akan bertemu berbagai jenis orang yang sifatnya berbeda. Pengalaman akan mengajarkan anda mengenai pahit getirnya menghadapi penyelenggara. Anda juga belajar mengatur staf.

  1. Tim Khusus yang Solid

Membuat acara adalah kerja tim. Kreativitas juga hasil diskusi tim. Anda hanya punya 2 tangan, itu tidak cukup untuk memegang semuanya.

Peluang-Usaha-Event-Organizer-EO

Tidak mungkin sebuah acara dipegang satu orang. Setidaknya anda butuh penanggung jawab acara, perlengkapan, konsumsi, dan pengatur dana. Semakin besar acara, semakin kompleks kebutuhannya

Tim yang solid bisa memunculkan ide-ide brilian. Tim yang solid juga menghadirkan suasana kerja yang menyenangkan

  1. Relasi/Kenalan sebanyak-banyaknya

Ini wajib anda miliki, anda harus mencatat tempat memesan bahan baku, menyewa sound system, dan menyiapkan hadiah. Ini penting agar persiapan acara anda mudah dan cepat

Relasi juga memungkinkan kita mendapat lebih banyak client. Mereka bisa merekomendasikan jasa anda.

Kualitas acara yang bagus adalah cara yang ampuh untuk melipatgandakan relasi.

  1. Modal Uang

Total uang yang kita butuhkan untuk memulai bisnis ini bergantung cara kita menjalankan bisnis. Jika kita ingin penyelenggara membayar di muka, sudah pasti jumlah yang kita butuhkan sedikit. Paling sekitar 5 Juta.

Ads By Google

Namun jika penyelenggara membayar separuh saja di muka, atau bahkan dibayar semuanya di belakang. Siapkan kocek yang lebih dalam.

ini tentu sangat jauh berbeda dengan bisnis air isi ulang. silahkan saja bandingkan.

  1. Kreativitas

Jaman terus berganti, anda wajib mengetahui apa yang diinginkan pasar saat ini. Kreativitas tim anda sangat penting disini. Anda juga harus update informasi terbaru.

  1. Kesabaran

Percayalah, sabar merupakan modal mutlak untuk bisnis ini. Bisa jadi konsumen anda marah-marah karena suatu hal. Bisa jadi staf anda melakukan kesalahan. Ini semua adalah belajar dari pengalaman.

  1. Facebook dan Website Resmi

Anda butuh ini. Pelanggan akan mencari anda lewat Google, tinggal pasang iklan di Google adwords dan selamat anda akan muncul di halaman 1 Google. Anda dapat pengunjung dan tentunya dapat order. Lakukan hal yang sama di Facebook.

Buatlah web anda seprofesional mungkin. Makin profesional, makin dipercaya oleh calon client.

  1. Event organizer untuk acara pemerintah

Jika anda berbisnis dengan pemerintah, sabar adalah hal yang wajib anda dalami. Berbisnis dengan pemerintah itu sedikit rumit. Misalnya, jika nilainya lebih dari 200 juta, harus ada proses lelang. Anda harus ber NPWP dan menggunakan faktur pajak.  Saking rumitnya, pihak yang berhasil berbisnis dengan pemerintah biasanya memperoleh untung besar.

Itu adalah 8 hal yang harus anda miliki sebelum memulai bisnis EO. Nomor 1-6 sifatnya wajib, nomor 7 dan 8 bersifat kondisional

Perhitungan keuntungan
Berikut ini adalah contoh perhitungan keuntungan event organizer Pesta ulang tahun anak, lama acara 3 jam.

Pemasukan                   : Rp 7.000.000

Biaya :

3 pegawai + MC            : 1.000.000
Konsumsi                     : 3.000.000
Perlengkapan acara       : 1.000.000
Total Biaya                   : 5.000.000

Keuntungan                 : 2.000.000

Cara Menjalankan Bisnis ini

Bisnis-Event-Organizer-EOUntuk menyukseskan terselenggaranya sebuah acara, tentu dibutuhkan pemikiran yang tak semudah membalik telapak tangan, siapa bilang membuat acara itu mudah?, terlebih bila acara tersebut merupakan acara yang sangat dinantikan selama bertahun-tahun seperti pesta ulang tahun dan pesta pernikahan.

Event yang membutuhkan kerja keras tidak lagi membuat panik sang penyelenggara. Hal ini dikarenakan jasa Event Organizer (EO) telah siap merangkul penyelenggara acara untuk menyelesaikan semuanya. Dari makanan hingga penginapan, transportasi hingga dekorasi pun siap untuk dilaksanakan.

Dalam berbisnis EO, anda sebaiknya melakukan 5 tips berikut:

  1. Pentingnya Konsep

Sebuah konsep yang tepat dapat menggambarkan kualitas acaranya. Emua ini bergantung tingkat kreatifitas anda. Ide acara, pengutaraan pada penyelenggara acara, hingga relasi yang diperlukan sebagai pelengkap paket kemulusan acara, semuanya harus anda konsep.

Nah, jadi perlunya konsep yang tepat dan analisa yang sejalan antara pihak Event Organizer (EO) dengan pihak penyelenggara akan memudahkan menyatukan pemikiran yang tepat, sehingga terlaksana acara yang cermat.

  1. Evaluasi dan Upgrade Terus Tim Anda

Jangan salah, dalam Event Organizer (EO) juga membutuhkan tim khusus. Yaitu tim yang dapat bekerjasama dalam mengonsep, hingga pelaksanaan sebuah acara. Saling bertukar pikiran dan mengonsepnya sebagai kemasan cantik sebuah kerangka pikiran yang nantinya dapat digunakan sebagai alur skema jalannya sebuah acara yang akan diselenggarakan. Lakukan evaluasi untuk mengupgrade tim anda.

  1. Persiapan, Persiapan, dan Persiapan.

Apabila suatu acara sudah mulai memasuki tingkatan proses pembuatan acara, berarti telah ada kesepakatan antara pihak Event Organizer (EO) dengan pihak  penyelenggara. Anda harus memastikan semuanya siap, lalu anda mengecek lgi bahwa semuanya benar-benar siap. Lakukanlah gladi kotor dan gladi bersih sebaik mungkin.

  1. Let the Event Begins!!!

Setelah semua konsep dirancang, tim event terbentuk, serta persiapan telah selesai dilaksanakan, maka tibalah pelaksanaan acara yang sering kita dengar dengan sebutan ‘hari-H’. Pastikan semuanya berjalan lancar, jika ada sesuatu, anda harus mengambil keputusan dengan cepat.

 

Bagi calon-calon pengusaha sukses, tentunya Event Organizer (EO) menjadi suatu peluang bisnis yang perlu dicicipi. Bagaimana tidak, bukan hanya membantu pihak penyelenggara membuat acara, namun juga berhubungan dengan pundi-pundi rupiah yang akan anda dapatkan.

  1. Acara Harus Sukses.

Relasi, supplier, tim konsep, hingga pihak yang datang dalam acara pun juga dapat menjadi klien anda berikutnya. Semakin mulus konsep dengan acara, maka sebanding pula bersama kepercayaan penuh atas kesuksesan sebuah acara.

Adakah yang perlu kita diskusikan lagi?

Ads By Google
Oleh :

Bermanfaat kan? Yuk Share ke :
Facebook Tweet


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *