7 Cara Bisnis Fotografi Makin Menguntungkan di 2016

Peluang usaha fotografi selalu ada dan bertambah pesat meski hampir semua orang sudah punya kamera HP. Faktanya, pengusaha fotografi yang cerdik malah bisa menangkap kondisi saat ini sebagai peluang untuk melipatgandakan usahanya. Sekarang saya akan mengajak anda membahas tiga hal berikut. Anda bisa lompat ke salah satu bagian yang anda suka.

Peluang Usaha Fotografi di Era Sekarang
Cara Memulai Usaha Fotografi
Memulai Fotografer Freelance, kenapa tidak?

Bisnis Fotografi

Peluang Usaha Fotografi di Era Sekarang

Berikut ini peluang udaha foto yang tetap menghasilkan banyak uang utntuk anda

1. Membuka cetak foto dan studio foto digital

Di era smartphone seperti sekarang ini usaha cetak foto makin laris. Bayangkan saja, makin banyak orang yang memfoto anaknya yang balita lalu mencetaknya untuk di pajang. Mereka punya lebih banyak foto untuk dipilih kan?

Saat ini banyak yang membutuhkan cetak foto formal ukuran 3×4 atau 4×6, kebutuhannya untuk melamar kerja, mendaftar sekolah, dan hal sejenis lainnya. Nah Anda bisa membuka usaha jenis ini. Saran saya, Anda cetak saja secara digital lewat printer yang bagus. Waktunya cepat, 5 menit saja, dan biayanya juga hemat.

2. Membuka usaha foto box

Nah tahukah Anda kalau di mall-mall banyak foto box. Mereka menyewakan jasa foto dan aksesoris untuk berfoto lucu. Ini sangat disukai anak-anak muda jaman sekarang lho.

3.Bekerja sama dengan Event Organizer atau Wedding Organizer

Oke, ini memang sudah biasa. Namun, mau bagaimana lagi inilah segmen di mana bisnis fotografi sangat laris. Yup fotografer acara harganya memang mahal. Misalnya saja prewedding.

pelung usaha fotografi

Pemilik acara rela membayar mahal agar acara mereka terekam  dengan sempurna. Nah profesionalisme Anda bisa menangkap peluang ini kan? Lebih bagus lagi kalau Anda bekerja sama dengan pebisnis event organizer, bakal banyak acara yang Anda foto.

ingin tahu lebih banyak tentang event organizer? yuk baca : Peluang usaha event organizer

Cara Memulai Usaha Fotografi

Sekarang ini dunia fotografi sangat melejit dan pesat. Hal ini tidak seperti zaman dahulu yang masih tetap dimonopoli dengan fotografer professional. Namun untuk saat ini, justru banyak peluang usaha fotografi yang didasari oleh keingintahuan dan hobi. Dengan niat yang tinggi, maka akan menjadi peluang tersendiri.

Ads By Google

4. Belajar Fotografi

Anda berminat? Mengawalinya dengan belajar Teknik fotografi. Karena Teknik fotografi kini dapat dipelajari dan semakin luas. Teknik fotografi terbilang mutlak untuk diketahui oleh para fotografer. Triangle Photography atau Segitiga Fotografi adalah pelajaran yang harus diketahui oleh seorang fotografer.

Terdapat 3 elemen utama dalam Segitiga Fotografi tersebut, yakni Shutter speed, Aperature, dan ISO. Ketiganya sangat berperan dalam dunia fotografi. Semua jenis kamera memiliki shutter atau sering disebut dengan tirai, serta kecepatan membuka dan menutupnya disebut shutter speed. Ini berkaitan dengan blur dari hasil fotografi. Karena shake dan cahaya yang terlalu banyak akan mempengaruhi kualitas dan hasil dari fotografi tersebut. Selain itu juga ada Aperature atau tingkap yang terdapat pada lensa pembentuk. Dan dapat dibuka lebar maupun kecil. Yang ketiga adalah ISO yang berkenaan dengan kepekaan sensor sebuah kamera. Dimana sensitivitas kamera akan sangat berpengaruh dengan hasil gambar yang didapatkan.

5. Makin Ahli Dengan Membuka Usaha

Niat adalah hal utama untuk memulai usaha di bidang Fotografi ini. terlebih bila memang sudah menjadi hobi bagi anda. Maka akan memberikan kemudahan dan keingintahuan yang sangat tinggi. Belum lagi daya kreatifitas yang terus terjaga dengan didasari media dan wawasan yang mumpuni, karena ketika seseorang sudah mencintai dunia fotografi, maka secara otomatis akan tertanam keingintahuan dan bahkan menjadi hobi yang luar biasa memberikan keindahan tersendiri. Kepuasan menjadi kunci sukses untuk memulai usaha menggiurkan yang satu ini.

Fotografer Freelance

Dengan anda sudah mencintai suatu hobi dan ingin terus berkarya, kenapa tidak bila mencobanya untuk juga menjadi peluang bisnis??. Dengan tekat kuat dan berani untuk menjadi professional dan mengedepankan profesionalitas, maka anda dapat memulai usaha dengan menerima tawaran-tawaran yang akan melatih tingkat profesionalitas anda, seperti tawaran pre-wedding, wisuda taman kanak-kanak, foto ijazah, dan lain sebagainya.

Banyak hal yang dapat anda manfaatkan untuk mengasah banyak hal yang berkaitan dengan fotografi. Karena anda akan semakin semangat bila pundi-pundi rupiah yang anda dapatkan sebanding dengan kerja keras dan didasari dengan hobi serta tulus ikhlas. Selain itu, pengalaman baru adalah prestasi lanjutan untuk meraih profesionalitas. Karena dengan kerja keras, anda akan dapat menjamu diri dengan kreatifitas tanpa batas. Selain itu juga jangan pernah takut untuk mencoba. Hal ini yang akan menjadi tombak anda dalam menyukseskan diri dalam dunia fotografi.


6. Menjadi Fotografer Freelance

Memulai usaha fotografi dengan menjadi fotografer freelance tidak ada salahnya bukan??. Bila dengan mengawali karir dari ‘nol’ dapat memberikan kisah kesuksesan yang luar biasa pasti akan menjadi cerita mengesankan bagi anda yang tidak ada duanya. Tidak ada yang mulus, namun juga dapat menjadi pelajaran luar biasa untuk dapat terus berkarya dan akan tetap mencoba hal-hal baru.

cara mulai usaha fotografi

Apabila anda sudah dapat mengumpulkan modal, anda juga sudah bisa memulai usaha yang lebih mempesona. Dengan membuka studio  foto yang professional dengan asam garam yang sudah anda jalani sebelum memiliki studio foto tersebut. Jadi, akan lebih bermakna dan membanggakan untuk diri anda. Bisa juga disebut dengan naik kelas. Jadi, karena raport perjalanan karir anda yang gemilang, akan menunjang anda untuk memulai usaha studio foto dengan jauh lebih matang lagi dan dapat menjadi arti tersendiri.

7. Kualitas Tetap Nomor satu

Semuanya akan terwujud jika anda memang memiliki kualitas yang memang tidak perlu diragukan lagi. Profesionalitas akan anda dapatkan melalui berbagai hal yang anda dapatkan dari perjalan karir yang sama sekali tak akan anda dapatkan kecuali di perjalanan hidup anda.

Keberhasilan yang akan anda dulang sangat berpengaruh oleh kualitas yang memang anda miliki. Semakin anda mengepakkan sayap wawasan, pengetahuan, serta ilmu, maka seiring pula harapan untuk mendulang kesuksesan tersebut. Untuk itulah, jangan pernah takut bermimpi, dan segera wujudkan. Jadikan dunia Fotografi berada di tangan anda. Selamat mencoba.

 

Ads By Google
Oleh :

Bermanfaat kan? Yuk Share ke :
Facebook Tweet


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *