8 Tips Bisnis Frozen Food Rumahan Untuk Pemula

Hari ini kita bercerita tentang Bisnis Frozen Food. Di awali dari kisah Pak Yudhi Dwinanto yang meninggalkan PNS untuk menekuni bisnis sampingannya, sekarang omsetnya 30-60 juta sebulan. Lalu dilanjutkan dengan tips agar anda bisa  ikut terjun ke bisnis ini, meramaikan pasar frozen food dan menghadirkan lebih banyak plihan yang lebih baik ke masyarakat.
frozen-food-erakini

Artikel ini berisi 4 bagian.  Anda bisa memilih bagian yang anda suka atau lanjutkan membaca sampai akhir.
a. Yudhi Dwinanto : Mantan PNS, Kini Omsetnya 60 juta sebulan

b. Cara Memulai usaha Frozen Food

c. Peluang Usaha Frozen Food

Kisah Sukses Bisnis Frozen Food: Pak Yudhi Dwinanto, Omset s.d. 60 juta sebulan

Mengawali karirnya sebagai PNS, akhirnya Pak Yudhi Dwinanto membanting setir menjadi seorang pengusaha. Bermodalkan keberanian dan ketekunan yang gigih, usaha yang diawali dengan  modal Rp 150.000 ini mampu meraih omset s.d. 60 juta rupiah sebulan. Bahkan menurut beberapa pihak, iapernah mencapai 100 juta sebulan.

Rasanya lebih pas jika pak Yudhi yang bercerita langsung kepada anda. Yuk lihat video liputan berikut untuk menonton langsung kisah bisnis frozen food beliau. Di Video ini Pak Yudhi dan Istrinya akan bercerita bagaimana ia memulai bisnisnya sampai ia sukses.

Ya itu tadi kisah pak Yudhi dan Istrinya dalam  menjalankan usaha. Beliu memanfaatkan internet dengan sangat baik untuk memperbesar usahanya.

berikutnya saya akan berbagi kepada anda bagaimana cara masuk ke dalam bisnis ini.

Cara Memulai Usaha Frozen Food

Oke, sekarang anda harus memilih. Ingin menjual frozen food milik orang lain atau ingin membuat sendiri makanan beku anda.

Setelah anda memutuskan memilih yang mana, mari kita lanjut ke bagian berikutnya.

  1. Tentukan Produk yang akan anda jual.

Nah anda harus memilih dulu produk seperti apa yang akan anda jual. Apakah udang, bakso, atau lainnya. Kenapa ini penting? Alasannya adalah karena anda tidak mungkin membuat produk yang disukai semua orang.

bisnis frozen food

Memilih produk yang akan anda buat atau jual akan menentukan langkah yang tepat untuk mempromosikan barang yang anda jual. Ini juga akan memudahkan

  1. Memikirkan modal

Nah sekarang hitung kebutuhan modalmu. Frozen food memerlukan freezer dan alat packaging yang anti udara. Jika anda tidak punya modal, bisa dengan meminjam ke bank. Banyak program yang ditujukan untuk pebisnis pemula, misalnya saja Kredit Usaha Rakyat BRI atau Mitra Usaha Mandiri.

Jika tidak punya modal dan belum berani berhutang bagaimana? Gampang kok. Baca artikel ini sampai akhir

  1. Pilih Peralatan

Nah bisnis makanan frozen itu bisnis simple, sederhana, namun jangan menyepelekan modalnya. Anda butuh freezer dan alat pembungkus (packaging) yang cukup mahal jika kantongmu kempis.

Anda bisa menyesuaikan keuangan dengan jenis peralatan. Nah jika kehabisan uang, cobalah untuk menitipkan frozen foodsmu di restoran atau minimarket. Triknya adalah membagi sebagian keuntungan dengan mereka.

peluang usaha frozen foods erakini

  1. Metode Pemasaran
Ads By Google

Nah sekarang pikirkan metode pemasaranmu. Misalnya bagaimana anda akan mengenalkan produk. Bisa saja dengan mulut ke mulut melalui orang-orang yang akan kita kenal. Ataukah akan memperbesar usaha melalui sistem online

  1. Go Online, Go Social Media.

Oke sekarang pikirkan untuk memperbesar usahamu melalui online. Kelebihan frozen food adalah ia bisa tahan lebih dari satu hari. Jadi anda bisa menjual produk dengan target lokal kota/kabupaten. Menggunakan sosial media seperti Facebook atau instagram untuk menarik pelanggan adalah ide cemerlang.

Jika mau lebih banyak pelanggan, bersaing di Google adalah pilihan asyik. Ada dua teknik yang bisa kita gunakan, satu adalah SEO lokal dan satunya adalah Google Adwords Lokal. Teknik pertama bisa lebih murah atau lebih mahal daripada kedua, tergantung cara pemakaian.

  1. Dapatkan Lisensi Makanan

Jika anda memang ingin memperlebar usaha, apalagi ke arah nomor 5. Mendapatkan lisensi makanan adalah hal wajib. Untuk izin makanan selain daging, cukup ke dinas perindutrian setempat atau hanya PIRT saja. Nah beda lagi kalau daging, kita harus mengurus ke BPOM juga, Ini cukup mahal.

Jangan mengabaikan lisensi kecuali hanya berjualan ke saudara atau tetangga ya sob. Bisa bisa anda dibawa ke ranah hukum lho.

  1. Tambah Networking dan Teman

Iya sob. Silahkan tawarkan frozen foodsmu ke komunitas, makin banyak yang tahu makin laris kan produkmu.

Penting juga, silahkan tawarkan frozen foodsmu ke swalayan atau supermarket. di sana banyak orang membutuhkan frozen foods.

  1. Distributor atau Reseller

Nah ini adalah langkah awal kalau anda ingin memperbesar usahamu namun belum berani membuka cabang. Anda bisa mencari distributor secara sukarela. Resikonya pun kecil karena mereka bukan karyawan. Kalian sama-sama pengusaha

  1. Waralaba bisnis frozen food. Kenapa tidak?

Bisnis Waralaba sekarang bertebaran. Banyak kok yang sukses membisniskan frozen food secara waralaba.

Waralaba itu biasanya khusus berjualan frozen food anda, kalau distributor kan dicampur dengan berjualan lainnya. Nah anda pikirkan mana yang cocok untuk bisnismu.

  1. Spesialis dan Nilai tambah

Kalau kita hanya menjual nugget dan bakso yang sama dengan yang ada di Indomaret. Cara bisnisnya pun sama, yakni menunggu pembeli. Bisnis kita bakalan susah maju. Nah untuk itu sobat harus berspesialis dan sebaiknya unik. Pelayanannya pun harus jemput bola.

Peluang Usaha Frozen Food

Seperti yang telah kita ketahui, makanan beku adalah makanan yang dibekukan dengan tujuan mengawetkan makanan hingga siap dimakan. Jadi, hanya perlu dihangatkan untuk dapat dikonsumsi. Hal ini mekin manarik seiring dengan semakin berkembangnya teknologi dan beraneka ragam olahan yang dieksplorasi oleh para penggagas usaha yang luar biasa.

Makanan tetaplah akan menjadi primadona hingga akhir masa. Bagaimana tidak, makanan adalah hal mutlak yang diperlukan makhluk hidup untuk tetap hidup. Dari hal itulah makanan menjadi primadona tersendiri, apalagi untuk pelirik bisnis menjanjikan satu ini. Frozen Food pun juga mudah disajikan.

Frozen Food Praktis

Karena praktis itulah, orang-orang saat ini lebih memilihnya. Terkadang sebagian dari orang-orang juga membeli Frozen Food atau makanan beku ini untuk disimpan di lemari es, jadi apabila tidak ada makanan, tinggal memasaknya menjadi kudapan enak, nikmat serta praktis.

Bukan hanya bagi konsumen, tetapi untuk pebisnis juga sangat memudahkan dalam memulai peluang usaha satu ini. Keuntungan dari Bisnis Frozen Food akan memberikan ketekunan tersendiri serta komitmen untuk terus mengembangkan usaha emas ini.

Terlebih jika anda mampu mengolah Frozen Food sendiri, dapat anda kedepankan komitmen untuk membuat makanan Frozen Food bebas pengawet. Hal ini juga dapat menunjang perkembangan usaha anda, karena semakin kaya olahan kreatifitas ide anda, maka sejalan pula minat konsumen yang ingin mencoba untuk menikmati hasil olahan yang anda sajikan.

Tanpa Pengawet dan MSG

Dengan berkembangnya berita yang marak akan bahan-bahan pengawet berbahaya karena tindakan oknum-oknum tidak bertanggung jawab, jangan lantas membuat anda mundur. Karena justru dengan pemberitaan seperti demikian, masyarakat akan semakin peka serta jeli dalam memilih olahan Frozen Food yang akan dikonsumsi.

Apalagi untuk anak-anak, pasti orang tua lebih teliti lagi. Jadi dilihat dari segi itulah, anda dapat memulainya untuk memulai olahan tanpa bahan pengawet atau rendah bahan pengawet dari makanan bisnis Frozen Food.

bisnis makanan frozen erakini

Beranilah mencoba, karena satu hal itulah yang dapat membuat anda semangat untuk memulai. Selain itu, anda juga perlu kerja keras. Tidak mudah memang dalam memulai serta menjalankan sebuah usaha. Halangan serta rintangan yang ada juga termasuk dalam niat utama sebagai pengusaha. Selama terdapat semangat dan ketekunan, maka seiring pula kesuksesan yang akan anda dapatkan. Semangat sukses para usahawan.

Ads By Google
Oleh :

Bermanfaat kan? Yuk Share ke :
Facebook Tweet


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *