10 Bisnis Ikan Hias Ini Untung Jutaan

Bisnis ikan hias air tawar, air laut, rumahan yang bisa dimulai sendiri. Prospek cerah dan peluang yang sangat besar. 10 rahasia cara memulai usaha ini.

Hobi dan kegemaran seseorang memanglah beraneka ragam, salah satunya adalah ikan hias. Kenapa ikan hias, karena seseorang melihat daya tarik yang istimewa dari berbagai segi keindahan aneka ragam makhluk air ini. Hal ini didukung dengan teman-teman yang juga memiliki hobi sama maupun banyaknya jenis serta macam dari ikan hias itu sendiri.

bisnis ikan hias

Peluang Usaha dan Prospek Bisnis Ikan Hias

Maka dari itulah, terkadang tidak masuk pada logika jika seseorang memilih untuk membeli ikan dengan harga fantastis hanya untuk kesenangan pribadi. Dari segi inilah yang sebenarnya dapat anda jadikan peluang usaha istimewa, yaitu berbisnis dari hobi ikan hias.

Untuk lebih memotivasi, maka inilah beberapa kiat sukses bisnis ikan hias bagi anda:

  1. Tempat Memulai Bisnis

Ini sangat perlu untuk anda pertimbangkan, karena juga memberikan pengaruh besar terhadap kelangsungan serta perjalanan bisnis. Seperti tempat-tempat ramai dan banyak orang berlalu-lalang mampu memberikan promosi dan menarik minat para calon-calon konsumen. Bila ada, anda juga perlu memiliki relasi pecinta ikan hias maupun penggagas komunitasnya. Dengan begitu, akan memberikan peluang tambahan bagi anda untuk usaha dan berkembang.

  1. Pangsa Pasar Ikan Hias

Target pemasaran usaha ikan hias tidak dipengaruhi oleh usia. Karena dari anak-anak hingga orang dewasa memiliki hak yang sama dalam menyukai hobi satu ini. bahkan, dari berbagai kalangan juga dapat menyukai ikan hias ini. maka dari itulah, anda mendapatkan peluang besar dalam melancarkan usaha.

Hanya saja, anda harus mencoba mengerti tentang keinginan konsumen dan wawasan lebih mengenai ikan hias agar mendapatkan kriteria hingga langkah tepat untuk memulai usaha ikan hias ini.

Menarik untuk dibaca : Bisnis Ikan Lele

Cara Memulai Bisnis Ikan Hias

  1. Mempelajari Hal-hal Mengenai Ikan Hias

Banyak peralatan yang perlu anda ketahui bahkan miliki demi memperlancar usaha ikan hias ini. Yaitu seperti aquarium untuk tempat tinggal ikan, pompa air, filter, jaring, hingga assesoris untuk mempercantik aquarium. Dengan peralatan yang lengkap, maka anda akan semakin giat serta yakin dalam menjalankan usaha ikan hias, selain itu anda juga akan semakin mudah menjaring pelanggan.

  1. Pahami Macam Ikan Hias lalu Fokus

Ada kurang lebih 700 macam ikan hias di perairan Indonesia, namun memang ada yang harus dilindungi, dan ada pila yang boleh di kembang biakan. Sama dengan pangsa pasar yang beragam, pelanggan pun juga akan hadir dari berbagai kalangan.

Peluang usaha ikan hias

Untuk kelas menengah ke bawah misalnya, anda dapat menjual ikan hias jenis cupang, koki, hingga koi, atau berbagai macam ikan lainnya. Untuk kalangan menengah ke atas ada yang tertarik pada ikan louhan, arwana, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Dari hal itulah anda mampu mengenali pangsa pasar lebih luas untuk lebih mengetahui minat masing-masing pelanggan.

Setelah mengetahuinya, mari fokus ke jenis ikan hias yang akan anda jual. Di awal bisnis, sebaiknya anda fokus ke satu jenis ikan. Pilihlah satu jenis dulu, air tawar atau air laut.

  1. Ikan Hias Air Tawar

Ikan air tawar ini beragam. Mulai dari yang murah seperti ikan cupang dan koi (harga jualnya mulai Rp 3000), sampai ikan guppy dan arwana yang harganya jutaan rupiah.

Ads By Google

Harga yang relatif murah menjadikan jenis ikan ini banyak diminati. Murahnya harga ikan jenis ini disebabkan karena gampangnya pembudidayaan.

bisnis ikan hias air laut

  1. Ikan Hias Air Laut

Ikan hias air laut cukup sulit bagi pemula. Selain harga jualnya yang mahal, dan perawatannya agak sulit. Kita sebagai pemain pemula juga sulit menari konsumen untuk produk ini.

Beda lagi jika anda pemain besar. Pernahkah anda ke raja ampat? Yup di sana banyak sekali ikan bagus. Nah indonesia masuk ke dalam coral triangle, tepatnya di indonesia sebelah timur. Artinya negara kita yang timur adalah surganya ikan, tempat berkumpul mereka. Kalau anda bermodal besar, silahkan eksplorasi bagian ini yaa

  1. Teknik Perjodohan

Setelah menentukan jenis ikan apa yang kamu pilih. Waktunya mempelajari tentang ikan ini.

Bagian penting yang perlu dipelajari adalah bagaimana anda akan mengembangbiakkan ikan-ikan tersebut

Bisnis Ikan Hias Rumahan

Apakah anda ingin memulainya dari rumah? Tidak masalah itu malah lebih hemat. Lanjutkan membaca ya

  1. Mencari bibit

Bibit itu penting. Tanyalah ke berbagai tempat. Setelah berbagai pengalaman anda akan menemukan bibit yang pas.

Bibit yang pas akan menghasilkan anakan yang pas. Hasil anakan tadi bisa kita jual dengan hara tinggi

  1. Promosi Ikan Hias

Sebagai ajang promosi, maka anda perlu mempromosikan ikan hias sebagai usaha. Ada berbagai macam cara yang dapat anda jadikan contoh jitu dalam memperlancar usaha ikan hias tersebut. Dengan media sosial misalnya, anda juga bisa mengenalkan berbagai macam ikan hias dengan lengkap. Dari nama jenis ikan, foto, hingga harga yang anda cantumkan.

  1. Nilai Tambah

Bahkan, anda juga bisa memberikan layanan tambahan seperti pesan-antar untuk para pelanggan yang sangat berminat namun tidak memiliki banyak waktu dalam membeli secara langsung. Jadi anda mampu untuk ‘menjemput bola’, bukan hanya ‘menunggu bola’.

Ada juga cara lain seperti paket makanan hingga aksesoris ikan agar pelanggan lebih mudah dalam mengatur ketersediaan makanan ikan hiasnya. Jadi, dengan menggunakan jadwal makanan ikan yang sesuai dengan kebutuhan ikan.

Bisnis Menarik :

Bisnis Home Industri Peluang Bagus

Bisnis Hidroponik Cocok Untuk Pemula

Nah, begitulah beberapa kiat khusus untuk anda agar mampu merajai pangsa pasar ikan hias dengan langkah pasti. Memang tidak ada yang mudah, namun jika anda mau untuk bekerja keras, terus menambah wawasan, serta mau belajar dari pengalaman, maka semua hal akan mampu memberikan manfaat tersendiri bagi anda serta orang lain. Jadi, jangan takut mencoba, karena ketekunan dalam usaha akan membawa anda ke arah yang hebat.

Ads By Google
Oleh :

Bermanfaat kan? Yuk Share ke :
Facebook Tweet


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *