Bisnis Jahe Merah Omset Jutaan Modal Kecil

Bisnis Jahe Meah masih menjadi andalan tahun ini. prospek dan peluangnya makin bagus. Analisa lengkap 10 cara usaha jahe merah modal kecil untung besar.

jahe merah

Jahe merah adalah salah satu tanaman yang kaya manfaat. Maka dari itulah, banyak orang yang dapat menggunakan jahe merah sebagai ramuan, olahan, hingga campuran makanan. Hal inilah yang mampu membuat jahe merah kian dikenal masyarakat luas. Jadi, banyak cara yang dapat sobat lakukan berkenaan dengan jahe merah tersebut.

Untuk sobat yang sigap dalam mencari peluang usaha tepat, maka kiranya jahe merah dapat dijadikan peluang usaha yang memiliki banyak manfaat. Berikut beberapa tips cerdasnya:

  1. Peluang usaha jahe merah

Tanaman satu ini punya prospek bagus. Bibitnya saja banyak dicari, apalagi jahenya. Target utama pemasaran jahe merah adalah sebagai bahan baku industri obat-obatan baik dalam maupun luar negeri. Selain itu jahe merah juga digunakan sebagai minuman penghangat.

Budidaya Jahe Merah

  1. Budidaya yang gampang

Jika anda baru pertama kali membudidayakan tanaman ini lalu gagal. Itu wajar. Cara menanam jahe merah sebenarnya sederhana, hanya saja banyak yang tidak tahu.

Jika masih pemula, untuk menghindari kerugian, fokuslah membudidayakan tanaman jahe bukan membuat bibit. Resiko mati paling besar ada di bibit.

budidaya jahe merah

Kunci sukses penanaman jahe merah adalah bibit bagus, lahan oke, dan penyiangan yang teratur.

  1. Tanaman lintas musim

Jahe merah bisa hidup di musim hujan maupun kemarau. Cocok untuk anda yang ingin fokus bisnis, baik fokus sebagai bisnis utama atau sebagai bisnis sampingan.

  1. Olah Lahan Jahe Merah

Banyak sekali yang dapat sobat lakukan dengan jahe merah berpeluang menggiurkan ini. jadi, perlu pula sobat ketahui akan lahan yang tepat untuk mengembangkan usaha jahe merah.

Jangan khawatir bila sobat tidak memiliki banyak lahan maupun lading untuk ditanami, karena dengan bantuan polybag maupun karung bekas, jahe merah ini mampu di budidayakan secara merata dan berkembang.

Jahe merah bisa ditanam di teras, halaman, ladang, atau sawah. Syaratnya sederhana, bibit bagus dan sinar matahari cukup.

Ads By Google

Jika anda ingin menanam secara hidroponik silahkan baca: Bisnis Hidroponik Memang Asyik

 

  1. Menggunakan pupuk kandang

Selain itu, menanam tanaman jahe merah ini juga tidak terlalu muluk, karena pupuk yang dibutuhkan merupakan pupuk kandang biasa atau bahkan justru lebih baik jika karung yang digunakan untuk menanam jahe merah adalah karung bekas kotoran hewan.

Hal ini sangat membantu dalam pengembangan dan pertumbuhan dari tanaman jahe merah tersebut. Untuk perbandingan yang diperlukan dalam penanaman jahe merah adalah tanah-pupuk-pasir dengan menggunakan perbandingan 2:1:1 atau 3:2:1.

bisnis jahe merah

  1. Budidaya Jahe Merah

Setelah konsep awal untuk media serta lahan penanaman jahe merah, maka berlanjut pada budidayanya. Dengan rentang waktu yang diperlukan untuk memelihara pembudidayaan yang penuh akan kesabaran serta ketelatenan, maka saatnya sobat menuainya dalam rentang waktu kurang lebih 10 bulan.

  1. Panen Jahe merah

Hanya dengan peralatan sederhana seperti cetok, sobat sudah dapat melakukan panen pada jahe merah tersebut. Ada pula cara mudah jika sobat menggunakan karung bekas atau polybag sebagai media tanamnya, yaitu hanya dengan menyobeknya saja. Sedangkan rimpang jahe yang dapat sobat panen sekitar 2-5 kg. Mudah bukan?

Manfaat Jahe Merah

  1. Olahan Jahe Merah

Banyak hal yang dapat menggunakan pemanfaatan jahe merah. Misalnya saja dengan jahe kering yang sering digunakan sebagai olahan jamu, obat, maupun seduhan hangat. Kiranya sebagai bumbu penyedap tambahan, jahe merah juga dapat digunakan.

Salad sehat juga dapat dicampuri jahe merah untuk semakin memberikan kualitas rasa yang nikmat. Apabila natal dan tahun baru sudah dekat, kue kering jahe kiranya dapat menjadi jajanan nikmat penghilang penat. Jus jahe juga perlu dicicipi untuk memberikan inovasi tentang berbagai kekayaan manfaat jahe merah.

  1. Inovasi

Untuk lebih berinovasi lagi, sobat juga dapat menggunakan jahe merah untuk membuat manisan serta asinan jahe, karena jahe sudah mendalam di benak masyarakat luas, maka akan lebih mudah untuk digunakan sebagai macam-macam cara. Permen jahe buatan khas yang alami juga masih tetap diburu oleh masyarakat karena dirasa mampu meredakan batuk, flu, sakit perut, hingga masuk angin.

Bagi sobat yang rajin mencari wawasan luas, jahe merah juga dapat diolah menjadi jahe merah instan agar calon-calon konsumen dapat membeli tanpa harus dihabiskan sekaligus, tetapi disimpan untuk kebutuhan-kebutuhan lain suatu saat.

  1. Promosi Jahe Merah

Jangan dikira usaha jahe merah tidak memerlukan promosi. semua usaha berhak untuk sobat usahakan. Jadi, tidak ada salahnya jika sobat menggunakan berbagai cara maupun promosi tersendiri untuk lebih mengenalkan jenis usaha sobat pada masyarakat secara luas. Dengan pangsa pasar yang teramat luas, maka peluang usaha di bidang jahe merah ini sangat perlu sobat pertimbangkan, dan sangat diperlukan oleh masyarakat luas.

Nah, itulah tadi beberapa tips seru agar sobat lebih cerdas dalam mengenal peluang agar mampu bersaing di era global ini. pangsa pasar yang tepat akan sangat mempengaruhi perjalanan peluang usaha sobat. Terus berinovasi merupakan modal utama untuk lebih fasih dalam berupaya mengembangkan usaha serta mampu bersaing sehar di pangsa pasar. Bila perlu, sobat juga harus berkarya lebih untuk mengenalkan jahe merah ke kancah dunis. Agar semua mengetahui begitu banyak manfaat dari tanaman tradisional yang banyak ditemukan di Indonesia ini. Si jahe merah pun juga perlu dikenal oleh dunia. Selamat sukses.

 

Ads By Google
Oleh :

Bermanfaat kan? Yuk Share ke :
Facebook Tweet


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *