Bisnis Kopi Luwak : Peluang, Resiko, dan Solusi

Bisnis kopi luwak menjanjikan keuntungan yang besar. Namun, harga kopi luwak yang melejit menghadirkan masalah tersendiri untuk menjual produk ini.

kopi luwak di cafe

Kopi Luwak berhasil mengalahkan Starbucks di ajang pameran kopi internasional. Pameran tersebut adalah Specialty Coffee Association of America (SCAA) yang di adakan di kota Seattle, Amerika Serikat.

Setelah ada liputan tersebut, bisnis kopi luwak makin diminati. Harganya kian melejit dan pasar ekspor kian terang saja.  Masalah terbesar adalah semakin banyaknya pemain besar yang menggunakan teknik produksi massal (memelihara luwak dalam skala besar) sehingga pemain kecil kewalahan.

Di lampung, yang disebut sebut sebagai pusat kopi luwak pun mengalami masalah yang sama. Pelaku UMKM bisnis ini kesusahan menjual. Ya, marketing adalah masalah mendasar sebuah bisnis.

 Peluang usaha kopi Luwak

1. Pasar Lokal
Makin menjamurnya bisnis kopi baik cafe atau kedai adalah peluang utama bagi bisnis ini. Kita bisa menjadi supplier untuk mereka.

Jangan ragu menawarkan luwak anda ke 1000 toko. Jika anda yakin kopi anda bagus, maka akan ada yang menyukai kopi tersebut. Bisnis pun berjalan baik.

Saat kelelahan menawarkan, ingatlah pemilik KFC, Kolonel Sanders yang juga di tolak oleh 1009 toko saat menawarkan menunya. Sekarang kita bisa melihat KFC di setiap tempat strategis di kota besar manapun di seluruh dunia. KFC berpenghasilan 15 milyar dollar pertahun dan menggaji jutaan karyawan.

Bayangkan jika kopi anda menjadi seperti itu. Sekali lagi bayangkanlah.

2. Pasar ekspor

Makin melejitnya nama kopi luwak, makin banyak pula yang mencari kopi ini. Coba lihat data berikut ini. Kopi Luwak dan luwak coffee dicari puluhan ribu orang di google, bahkan menyamai starbucks coffee. Itu belum termasuk kata-kata turunannya seperti kopi luwak price, kopi lowak stores, dll.

Ads By Google

Gambar berikut mengenai jumlah pencarian perbulan di google untuk kata kunci tertenntu. data di ambil dari google adwords keyword planner.

data kopi luwak coffee online

Untuk mengenal pasar ekspor, cobalah dulu berjalan jalan ke pelabuhan terdekat. Lihatlah betapa banyak sumber uang di sana. Selanjutnya renungkanlah, siapkah anda berbisnis ekspor.

Jika tidak ingin keluar biaya, anda bisa searching di google mengenai bisnis ekspor.

Namun jika anda ingin menghemat waktu. Ikutlah seminar mengenai bisnis ekspor yang harganya mahal, anda akan bertemu banyak kenalan baru di sana

Ana juga bisa menjual produk ekspor secara online di Alibaba

3. Bisnis Kopi Luwak Online

Data pada gambar diatas masih menunjukkan bahwa prospek bisnis kopi luwak secara online sangatlah bagus. Ada banyak cara untuk menjual secara online, contohnya adalah:

a. Toko Online

Sumber pembeli : serch engine google, Facebook ads, dan Google Ads

b. Menjual di Merchant besar seperti lazada dan tokopedia

Sebagian besar sumber pembeli berasal dari usaha keras dan biaya besar merchant-merchant tersebut. Anda tinggal fokus berjualan

Ads By Google
Oleh :

Bermanfaat kan? Yuk Share ke :
Facebook Tweet


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *