17 Ide Bisnis Makanan Khas Dunia Modal Kecil

Dunia kuliner selalu menarik untuk dijelajahi. Masyarakat kita sudah mulai ingin mencoba makanan yang unik unik. Artikel ini akan mengajak Anda menemukan passion berbisnis makanan khas luar negeri.

makanan Khas Dunia

Untuk itu, saya telah membaginya menjadi 3 bagian.

Mengenal Makanan Khas Luar Negeri Yang Hits di Indonesia

Kalau Anda jalan-jalan di mal atau pusat perbelanjaan, pasti Anda bisa dengan mudah menemukan beragam kuliner unik yang belum pernah dilihat sebelumnya. Kuliner dari berbagai belahan dunia ini tidak hanya ramai dikerubungi para pembeli di dunia nyata. Para netizen juga berbondong-bondong memborongnya melalui dunia maya.

Baca Juga : 35 Ide Bisnis Makanan Ringan Khas Indonesia, Unik, dan Ala Cafe

Lalu, apa saja kuliner atau jajanan khas luar negeri yang hits di Indonesia akhir-akhir ini? Yuk ikuti list yang saya kumpulkan di bawah ini.

1. Churros

Donat ala Spanyol ini sama sekali berbeda dengan kebanyakan donat lainnya. Dari segi bentuk, rasa, dan saus pelengkap benar-benar bukan donat. Namun, adonannya memang mirip dengan donat.

Bentuk churros panjang dengan bagian pinggir bergerigi. Rasa churros yang gurih akan semakin nikmat jika dicampur dengan saus cokelat atau saus lainnya. Di negara asalnya, churros adalah camilan yang disantap saat senggang.

2. Samosa

Kembaran kue pastel ini adalah camilan padat yang sangat terkenal di India dan Pakistan. Semacam pastri goreng dengan isian kentang rebus yang dicampur dengan rempah-rempah. Kabarnya Samosa berasal dari Timur Tengah.

Cara membuat samosa cukup mudah. Anda tertarik membuatnya? Siapa tahu bisa jadi inspirasi bisnis makanan selanjutnya.

Simak yuk cara membuat samosa lezat.

 

3. Singkong Thailand

Makanan yang terbuat dari singkong memang akrab di lidah orang Indonesia. Direbus, digoreng, atau dibuat keripik camilan singkong selalu laku terjual. Camilan ala Thailand ini pasti juga bisa mencuri perhatian para penikmat kuliner di sini.

Singkong Thailand dibuat dengan cara direbus bersama garam dan potongan daun pandan. Setelah matang dan terasa empuk, singkong lalu ditaburi gula dan diaduk hingga mengental di atas api sedang. Singkong pun siap disajikan.

Singkong tidak dimakan begitu saja. Dalam penyajiannya, singkong Thailand dimakan bersama saus santan kental yang telah dimasak bersama larutan  tepung sagu, garam, dan daun pandan. Saus kental ini lalu dituangkan ke atas singkong dalam piring saji.

4. Roti Maryam

Roti ini dikenal pula dengan nama roti canai. Sangat terkenal di Malaysia dan Indonesia. Roti bulat lebar dan pipih ini biasa disantap bersama kuah kari kambing. Saat ini sudah banyak gerai yang menjual roti maryam dengan berbagai inovasinya.

Intip yuk cara pembuatan roti maryam di sini

 

5. Turkish Delight

Kenyal, warna-warni, dan berselimut putih. Dialah Turkish delight yang datang dari negeri kebab. Belum banyak gerai yang menjual camilan manis dan enak ini.

sumber: www.pinterest.com

6. Takoyaki

Camilan dari Negeri Sakura ini cukup terkenal di Indonesia. Bola-bola tepung bulat berisi potongan daging gurita ini telah menjadi inspirasi banyak pedagang makanan di sini. Mereka membuat takoyaki dengan isian ayam, bakso, telur, daging sapi giling, ataupun keju.

 

Di negara asalnya, Jepang, takoyaki berisi daging gurita. Karena memang daging ini mudah didapatkan dan harganya cukup murah. Dari gurita inilah muncul nama takoyaki, tako yang berarti gurita dan yaki yang berarti bakar atau panggang.

 

7. Es Krim Dondurma Turki

Ingin makan es krim sekaligus mendapat hiburan? Datang saja ke gerai-gerai es krim Turki di mal-mal atau even-even tertentu di dekat Anda. Es krim bernama dondurma ini beberapa tahun belakangan sedang tren di Indonesia.

Coba lihat aksi pedagang es krim Turki Dondurma berikut ini.

Dondurma terbuat dari susu, gula, getah mastic, dan salep. Salep di sini adalah tepung yang berasal dari buang anggrek di daerah pegunungan. Sedangkan getah mastic adalah getah yang berasal dari pohon mastic.

Ads By Google

Kedua bahan tadi, salep dan getah mastic adalah bahan yang membuat es krim Turki menjadi elastis, kenyal, sedikit lengket. Dalam penyajiannya, es krim Dondurma menggunakan cone atau cup yang dipermainkan oleh pedagangnya di depan pembeli.

 

8. Es krim Singapura

Es krim biasa disajikan di atas cone, cup, atau gelas tinggi. Lalu, bagaimana dengan es krim di atas selembar roti tawar? Pasti terasa berbeda sensasi makannya ya?

Es krim Singapura terkenal dengan es krim dengan penyajian di atas roti tawar. Membuatnya juga tergolong mudah dan murah. Bahkan hanya dengan modal dua ratus ribu rupiah saja, Anda sudah bisa memulai bisnis yang menggiurkan ini.

Salah satu keunikan es krim Singapura adalah es krimnya yang tidak mudah mencair. Hal ini bisa terjadi karena es krim menggunakan bahan tepung pengeras yang membuat es krim tetap padat hingga suapan terakhir. Bagaimana, Anda tertarik untuk berbisnis es krim unik ini?

9. Tteokbokki

Kalau sering nonton drama Korea, Anda pasti tahu makanan satu ini. Tteokbokki atau yang sering disebut kue beras akhir-akhir ini sedang hits di Indonesia. Makanan kenyal dengan siraman kuah pedas kental ini banyak dijajakan di kafe, restoran, dan bahkan pinggir jalan di sini. Membuatnya juga terbilang mudah.

Tteokbokki biasa disajikan bersama telur rebus dan kimchi.

 

10. Okonomiyaki

Martabak ala Jepang ini juga tak kalah hits dengan tteokbokki maupun kimchi Korea. Bahan utama dari okonomiyaki adalah tepung yang dicampur dengan air lalu ditambah telur, irisan kol, makanan laut atau daging. Proses pengolahannya sama dengan martabak yaitu digoreng di atas wajan datar bernama teppan.

Di Indonesia, para pedagang okonomiyaki menambahkan keju, sosis atau daging asap di atasnya. Lalu, disiramkan saus sebelum disajikan.

11. Kimbab

Kimbab atau gimbap mirip sekali dengan onigiri, nasi kepal ala Jepang. Di Indonesia, kepopuleran kimbab semakin meningkat seiring dengan masuknya budaya Korea (Korean wave) di sini. Masyarakat Korea biasa membawa kimbab saat piknik, sebagai bekal sekolah dan bekal ke kantor.

 

12. Tornado potato

Lagi-lagi kuliner Korea Selatan sangat menarik perhatian. Camilan pinggir jalan satu ini sangat unik. Bentuknya yang spiral dengan warna kuning keemasan sungguh menggoda.

Di Indonesia, tornado potato terkenal dengan kentang ulir, kentang spiral atau kentang putar. Dalam membuatnya dibutuhkan alat khusus untuk membuat cetakan spiral. Coba yuk kita intip videonya berikut ini.

13. Thom Yum Thailand

Makanan berkuah dengan rasa yang unik ini sudah banyak lho di restoran – restoran jogja. Yuk lihat cara membuatnya

14. Lasagna Italia

makanan khas ini ada yang bilang berasal dari Italia, ada juga yang dari perancis. Nah dari manapun yang penting enak. yuk kita buat

15. Ayam Goreng Katsu Jepang

Rasanya yang gurih dan nikmat membuat ayam goreng ini [patut dicoba. yuk lihat cara membuatnya

16. Nasi Goreng  Bola РBola

Indonesia termasuk dunia lho. Nah yang satu ini adalah makanan khas indonesia yang sudah terkenal seantero jagad itu

17. Pudding Zebra Pandan

Biasanya pudding itu 2 warna atas dan bawah. Bagaimana kalau dibentuk zebra, jadinya seperti di video ini

 

Cara Memulai Usaha

Cara memulai usaha makanan khas dari luar sebetulnya tidak terlalu sulit. Karena makanan-makanan tersebut unik, belum ada yang jual, dan bisa mendatangkan keuntungan yang cukup besar. Lalu, apa saja yang kita perlu lakukan dalam memulai usaha?

  1. Niat
  2. Pilih makanan yang membuat Anda tertarik. Kalau sudah tertarik pasti Anda lebih semangat mengusahakannya.
  3. Survei ke mal-mal atau even-even yang ramai dikunjungi orang. Catat dan perhatikan baik-baik cara menyajikannya.
  4. Siapkan budget Anda sesuai dengan usaha makanan yang akan dirintis.
  5. Cari peralatan khusus seperti cetakan kentang spiral atau tepung premiks untuk es krim Singapura secara online atau ke toko-toko offline yang memiliki reputasi baik.
  6. Pilih tempat yang cukup strategis. Bisa di rumah sendiri atau menyewa tempat tertentu.
  7. Promosi lewat social media dan lain-lain yang Anda bisa.

Tips Memasarkan Produk

Pada permulaan usaha biasanya agak sedikit menemui kesulitan. Apalagi jika makanan khas yang Anda jual ternyata belum banyak yang tahu. Jangan khawatir, akan selalu ada jalan keluar.

  1. Foto produk Anda lalu posting ke internet. Ya, sekali lagi saya tekankan internet adalah media pemasaran yang sangat baik saat ini. Anda bisa memanfaatkan akun-akun social media Anda seperti Instagram (paling banyak peminatnya), Facebook, atau Path.
  2. Buat caption atau cerita di tempat yang telah disediakan dalam update status Ceritakan produk apa yang Anda jual, berasal dari negara mana, bagaimana keunikannya, rasanya, dan berapa harganya.

Menyebutkan harga sangat mengandung resiko. Mengingat banyak pesaing di luar sana. namun, jangan khawatir. Jika produk Anda masih baru dan harga yang ditawarkan sesuai dengan kualitas (keunikan) produk pasti akan banyak menarik peminat.

  1. Buat pamflet atau selebaran yang bisa Anda bagikan di tengah keramaian. Buat yang sederhana saja dan saat memberikannya ke pengunjung tidak perlu memaksa. Lebih baik lagi jika orang yang membagikannya adalah orang yang mudah menarik minat orang lain baik dari pembawaan, tutur kata, dan keramahtamahannya.

Selamat mencoba dan sukses dengan usahanya!

Ads By Google
Oleh :

Bermanfaat kan? Yuk Share ke :
Facebook Tweet


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *