Budidaya Ikan Nila Omset Puluhan Juta

Bisnis budidaya ikan nila cocok untuk ditekuni. Peluang usahanya sangat berprospek bagus. Analisa dan cara usaha budidaya ikan nila di kolam terpal atau tanah. Jika anda mencari hal-hal tersebut, anda membaca artikel yang tepat.

Peluang Usaha Ikan Nila

Budidaya Ikan Nila
Budidaya ikan cocok untuk peluang usaha yang mampu memberikan investasi jangka panjang dengan memadukan antara ketekunan dan kreatifitas anda. Inilah beberapa cara untuk memulai usaha ikan nila:

  1. Potensi Ikan Nila

Ikan nila sangat mudah untuk di budidayakan, selain itu ikan nila juga lebih tahan dari penyakit yang sering menyerang ikan-ikan jenis lainnya. Selain itu, ikan nila juga sangat mudah meningkatkan daya tahan diri pada perubahan lingkungan yang ekstrim sekalipun. Dengan pertumbuhan yang cepat, maka langkah untuk memulai usaha berkaitan dengan ikan nila ini mampu menjadi potensi luar biasa.

Bisnis Terkait Ikan Nila :

Bisnis Ikan Lele Omset Jutaan
Bisnis Ikan Hias Target Lokal dan Import
10 Bisnis Ternak Paling Menguntungkan

  1. Budidaya Ikan Nila

Tahukah anda, kalau ikan nila dapat hidup di air tawar dan air laut, jadi ini dapat mempermudah pengusaha ikan nila untuk menentukan habitat bagi budidayanya. Sistem adaptasi ikan nila juga sangat mudah, jadi hal ini cukup membantu anda dalam memulai usaha ini.

Usaha Ikan Nila

  1. Penyebab kegagalan pebisnis nila

Kegagalan pebisnis ikan nila biasanya disebabkan karena kurangnya pengetahuan mengenai ikan ini. Pakan maupun kolamnya harus sesuai. Ada juga yang gagal karena ikannya dimakan burung.

Penyebab terbesar kegagalan pemula adalah ingin cepat untung besar. Pebisnis besar itu sabar dan mengambil resiko secara terukur.

Nah anda tenang saja, baca artikel ini dengan hati-hati. Kita akan membahas semua itu, satu persatu.

  1. Pakan Ikan Nila

Pakan untuk ikan nila sendiri juga tidak terlalu rumit, pada dasarnya ikan nila termasuk dalam jenis ikan omnivora atau pemakan segala, dari pakan dedak, ampas kelapa, pellet, bahkan sisa makanan di dapur, atau masih banyak lagi yang lainnya.

Bisnis Ikan Nila

Saran saya, gunakan saja pakan alami yang ada di kolam. Daun-daunan atau enceng gondok sudah bagus untuk nila. Jika tidak ada, silahkan ambil bibitnya di tambak atau tempat ikan orang lain. Mintalah dengan jujur. Kalau sekedar hijau-hijauannya, biasanya diberi secara gratis.

Lebih bagus lagi kalau dari awal anda sudah memancing pakan ikan nila tumbuh secara alami. Caranya adalah membuat kolam dari tanah dengan metode yang tepat. Kita akan membahas hal itu juga.

Ads By Google

Meski demikian, harus ditambah makanan pellet yang berprotein sekitar 28%. Pemberian pakan sebaiknya 3 kali sehari, pagi siang dan sore. Kira-kira 5% dari berat ikan.

  1. Kolam ikan nila

Ada pula hal-hal lain yang bisa menjadi tolak ukur anda, yaitu ikan nila mampu di budidayakan tanpa kolam, tetapi menggunakan terpal. Ini cukup membantu apabila anda tidak memiliki kolam sedangkan keinginan hati adalah memulai usaha dengan ikan nila.

Khusus untuk nila, hasil yang bagus bisa diperoleh bila kolamnya berasal dari tanah. Selain hemat, ikan nila pun mudah serta cepat berkembang biak.

  1. Mempersiapkan kolam untuk ikan nila

Ada 5 langkah wajib saat mempersiapkan kolam ikan nila. Persiapan harus hati-hati dan runtut, selengkapnya silahkan baca : Kolam budidaya ikan nila supaya cepat panen

Peluang usaha Ikan Nila

  1. Benih ikan nila

Setelah kolam siap dan diisi air setinggi 60-75 cm. Tebarkan benih. Sebaiknya memilih benih yang jantan semua, atau membuat sendiri kalau sudah bisa. Benih jantan cepat besar. Cocok untuk dibudidayakan dengan tujuan dijual.

  1. Lindungi ikan nila

Kolam ikan harus diberi pelindung agar ikan tidak dimakan kucing atau burung. Lindungi juga dari penyakit dan hama

  1. Pemanenan ikan nila

Diutuhkan waktu 4-5 bulan (ada juga yang 6 bulan) untuk merubah benih nila yang semula 10-20 gram per ekor menjadi sekitar 300 gram per ekor. Pilih ikan yang cocok untuk dijual, sisanya dibudidayakan lagi.

  1. Pangsa Pasar Ikan Nila

Ikan nila biasanya memang untuk dikonsumsi, hanya para pengusaha yang memilih untuk budidaya ikan nila ini untuk dikembangbiakan. Sebagai langkah lanjutan untuk anda, sebaiknya memilih pangsa pasar yang tepat. Bisa dengan menjual kiloan ikan nila, atau bahkan menciptakan peluang lain, seperti warung ikan nila bakar atau ikan nila pepes. Bahkan, olahan ikan nila juga ada banyak macamnya, selain bergizi untuk anak hingga dewasa, balita pun juga dapat mengonsumsi ikan nila ini. dengan M-PASI atau Makanan Pendamping ASI sebagai olahan makanan yang kaya gizi bagi balita.

  1. Promosi Ikan Nila

Sebagai pengusaha yang tidak mudah menyerah dan ingin terus berkembang, tentu anda ingin usaha ikan nila ini berjalan dengan baik. Jadi, perlu adanya promosi untuk membentu lebih dalam pengembangan dan perjalanan usaha ikan nila anda.

Promosi yang paling dekat terlebih dahulu dapat dipilih. Dari sanak keluarga, tetangga, saudara, teman, hingga sahabat adalah tempat paling dekat untuk mempromosikan usaha ikan nila anda. Bukan hanya itu, orang-orng juga bisa mengenali usaha anda ini dari brosur yang anda sebar maupun ‘plang’ sebagai bentuk nyata adanya usaha ikan hias yang sedang anda jalankan.

Bila perlu sosial media kiranya mampu membantu anda agar lebih meluaskan usaha. Dengan mudah dan murah, promosi ikan nila ini akan mudah diketahui, dikenali, serta diakses oleh para calon-calon konsumen anda. Dengan menggunakan website atau blog sendiri, maka anda akan lebih jeli terhadap peluang dengan memusatkan perhatian pada ketertarikan calon-calon konsumen anda.

Nah, itulah beberapa cara untuk memulai usaha ikan nila agar sukses dan mampu berkembang dengan baik. Karena dalam usaha diperlukan niat yang kuat, jadi itu akan sangat berpengaruh terhadap perkembangan usaha. Jadi, pusatkan penentuan yang tepat dalam memilih usaha yang akan anda jalankan. Karena pada dasarnya usaha akan berhasil karena niat, kerja keras, dan ketekunan yang nantinya akan dituai sendiri oleh pengusaha yang mampu melihat celah peluang usaha yang tepat bagi dirinya. Maka dari itulah, semangat untuk berkembang serta menjalankan usaha beriringan doa dan ketekunan. Selamat mencoba untuk sukses anda pengusaha hebat.

 

Ads By Google
Oleh :

Bermanfaat kan? Yuk Share ke :
Facebook Tweet


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *