9 Langkah Menanam Buah Naga Cepat Berbuah dan Panjang Umur

Teknik menanam buah naga sebernarnya sederhana. Baik untuk budidaya di kebun maupun dalam pot.

Hanya saja, sebagian orang melupakan bagian penting di awal sehinga setelah beberapa tahun pohon buah naganya tidak berbuah. Normalnya buah naga bisa berbuah setalah 7 -10 bulan. Jika beruntung 5 bulan sudah berbuah.

budidaya buah naga

Ada Juga yang memilih bibit sudah hati-hati, tapi gagal berbuah atau malah busuk batang karena serangan hama penyakit.

Tulisan cara budidaya buah naga sudah banyak di internet atau buku, hanya saja biasanya tidak lengkap atau sudah out of date.

Saya mengumpulkan berbagai literatur, buku, video, praktek langsung dari pelaku, dan penelitian tebaru tentang buah ini untuk menyajikan kepada anda mengenai cara budidaya buah naga yang cepat berbuah, berumur panjang, dan menguntungkan.

Yuk Kita Mulai.

1. Kenali Buah Naga yang Akan Anda Tanam

Di Indonesia jenis buah naga ada 6. Merah, putih, super merah, kuning, orang dan hitam. Apapun jenisnya tetap menguntungkan.

buah naga kuning dan putih merah

Jenis yang paling banyak ditanam adalah buah naga merah dan putih. Yang paling mahal di pasaran dan ukurannya kecil adalah buah naga kuning.

Buah yang paling mudah ditanam adalah buah naga putih. Sedangkan yang sedang hits di kalangan petani adalah buah naga super red.

Jika belum menentukan pilihan tentang buah naga jenis apa yang akan anda tanam,  Silahkan membaca : 6 Jenis Buah Naga , Anda juga bisa melihat kisah sukses petani buah naga dan perhatikan buah jenis apa yang mereka tanam.

2. Cara Membuat Bibit Buah Naga

Ada dua cara membuat bibit, yaitu dengan cara generatif (dari biji)  dan vegetatif (stek) .

Saya sangat menyarankan memilih cara vegetatif (stek) karena hasilnya sudah pasti sama dengan induknya dan berbuahnya cepat. Anda tinggal memilih induk yang bagus dan merawat bibit itu.

Kalau cara generatif, selain hasilnya bisa berbeda dengan induk, diperlukan tempat penangkaran khusus, ini jarang yang melakukan.

Untuk mendapatkan buah yang sempurna, anda harus memilih tanaman induk yang baik. Sifat induk nantinya akan menurun pada anakannya termasuk buahnya.

Membeli Bibit

Nah Jika anda baru pertama kali menanam buah naga dan tidak punya indukan pohon buah naga, Saya menyarankan Anda membeli bibit buah naga.
pilihlah bibit yang bagus dengan ciri -ciri :

  • Bertunas minimal empat
  • Umur bibit sudah 2 bulan atau lebih
  • Tinggi bibit (termasuk tunas baru) minimal 50cm, lebih bagus lagi kalau 80cm
  • batang hijau sehat, tidak ada tanda-tanda penyakit
  • Tanya penjualnya, induknya sudah berbuah berapa kali, induk yang baik sudah berbuah minimal 3 kali
  • Jika anda membeli via tokopedia, pastikan membaca review pembeli sebelumnya

Membuat Bibit Buah Naga Sendiri : Metode Stek

Berikut ini cara membuat bibit buah naga  sendiri dengan metode stek. Kami menyajikannya dalam bentuk video (Praktek ini dilakukan oleh petani Jogja dan diliput TVRI) maupun versi tulisan.

Yuk Lihat Videonya.

Atau anda bisa mengikuti tulisan saya, berikut ini cara membuat bibit buah naga metode stek:

  • Carilah Induk yang bagus, yaitu : pernah berbuah minimal 4 kali, diameternya besar (ada yang menyarankan 8cm), panjangnya minimal 80cm. Carilah batang yang berwarna hijau kelabu, nampak sehat, keras dan tua. Calon bibit tidak boleh busuk atau terkena penyakit
  • Potonglah batang yang panjangnya 80-120 cm, sisakan 20% bagian induknya agar tetap tumbuh, yang 80% ini untuk kita jadikan bibit. Setiap bibit usahakan mempunya minimla 4 calon tunas.
  • Kemudian, potonglah batang yang akan distek dengan panjang masing-masing 20-30 cm. Bagian atas batang dipotong rata dan pangkal bawahnya dipotong meruncing. Pangkal bawah ini nantinya yang akan ditancapkan ke tanah.
  • celupkan bagian bawah ke fungisida untuk menghindari penyakit, ada juga yang mengganti fungisida dengan bawang merah.
  • Oleskan perangsang akar di pangkal batang bagian bawah, lalu tancapkan ke bedengan atau polybag yang berisi media tanam dengan kedalaman 5 cm.
    Media tanam yang baik terbuaat dari kompos, tanah, dan sekam padi dengan perbandingan 2: 1 : 1/2
  • Buatlah pelindung atau naungan untuk menutupi stek batang buah naga tersebut dari panas matahari.
  • Stek disiram minimal 2 kali sehari, pagi dan sore.
  • Pada umur 3 minggu, kamu boleh membuka naungan karena tunas pertama telah tumbuh. Ini dimaksudkan agar cahaya matahari dapat sepenuhnya memberikan cahayanya.
  • Setelah umur tunas 2 bulan atau tingginya sekitar 50-80 cm, anda boleh memindahkan tunas ini ke tiang panjat. Jika bibit buah naga masih kecil, tunggu sampai umur 3 bulan, jika tuna stidak muncul anggap saja bibit yang itu tidak berhasil.

3/ Persiapan Menanam Buah Naga

Persiapan menanam itu penting.

Kerja Keras, energi, biaya, dan waktu yang anda investasikan di awal akan terbayar seumur hidup buah naga. Pohon ini biasanya berumur s.d. 20 tahun, dan di lokasi yang tepat serta perawatan yang pas, umur 10 bulan sudah berbuah.

Tanaman buah naga itu unik, dia sejenis kaktus yang butuh banyak sinar matahari tapi tidak kokoh. Agar cepat berbuah, banyak menghasilkan, dan panjang umur, ada beberapa kondisi yang harus kita perhatikan.

Memilih Lokasi Tanam

Buah Naga adalah jenis tumbuhan kaktus yang menyimpan air di pohonnya.  Jadi pilihlah lokasi yang cukup terbuka agar mendapat sinar matahari cukup, Bersih dari rerumputan dan bukan di sawah.

Bahasa ilmiahnya, ia bisa hidup bagus di daerah dengan ketinggian 0-350m di atas permukaan laut dan curah hujan 720mm per tahun.

Kondisi yang terlalu basah dan kurang sinar matahari akan membuat buah naga mengalami busuk batang.

Pohon naga cocok untuk daerah tegalan (ladang) yang bila hujan selesai, airnya tidak menggenang.

Di bagian akhir artikel ini saya akan menceritakan pengusaha yang out of the box.
Ia menanam buah naga di atas rukonya, ada yang 5 bulan sudah berbuah dan ada yang 1,5 tahun berbuah. Keren kan? di atas ruko jelas sinar matahari cukup.

Membuat Tiang Panjatan

Tanaman buah naga tumbuh tinggi, tapi batangnya tidak kokoh. Ini karena ia sejenis kaktus yang menyimpan air di batangnya.

Kondisi ini membuat petani buah naga harus membuat tiang panjat yang tingginya 1,5 Meter, dibagian atas berbentuk tanda tambah. Anda bisa melihat video atau gambar di bawah ini.

Anda bisa membuat tiang panjat dari beton atau kayu. Ingat ya, umur buah naga bisa sampai 20 tahun. Pemakaiaan kayu mewajibkan kita mengganti kayu bila sudah lapuk dan membersihkan dedaunan kayu jika kayunya hidup.tiang panjatan

  • Pertama, siapkan tiang panjat yang terbuat dari beton. Tiang ini berfungsi untuk menopang tanaman.
    Tiang panjat berbentuk bisap pilar segiempat atau silinder.
    Diameternya berkisar antara 20-35 cm. Tiang panjat memiliki ketinggian 1,5-2,5 meter. Biasanya ditanam pada kedalaman 50 cm. Tujuannya supaya lebih kuat berdiri.
  • Buatlah penopang pada bagian atas tiang panjat sehingga membentuk tanda plus (+). Lalu, tambahkan ban motor bekas sehingga membentuk seperti kemudi mobil.
  • Tiang panjat tersebut diatur berbaris. Jarak tanam buah naga umumnya 3 meter. Jarak tersebut untuk mengurangi keurangan sinar matahari. Jangan lupa, buatlah saluran air dengan kedalaman 25 cm di antara barisan tiang panjat.

Umumnya petani menggunakan tiang panjatan beton seperti gambar di atas, tapi ada juga yang menggunakan tiang panjat kayu dan bambu seperti di bawah ini.

Macam Tiang Panjat Buah Naga Kayu

 

Membuat Lubang tanam

Kalau tiang panjat sudah selesai, sekarang waktunya membuat lubang tanam.

  • Setiap tiang panjat dikelilingi 4 lubang tanam
  • Ukuran masing-masing lubang tanam yakni 60×60 cm. Kedalamannya sekitar 25 cm.
  • Lubang tanam yang sudah disiapkan lalu diisi media berupa campuran pupuk, tanah, dan pasir dan kapur pertanian jika ada .
    Masukkan campuran tadi ke lubang tanam,  siramlah dengan air.
    Siram sampai basah tapi tidak boleh tergenang. Diamkan lubang hingga beberapa hari sampai kering dan terkena cahaya matahari.
  • Berikan 25 gram pupuk TSP setelah 2-3 hari. Cara memberikannya dengan melingkari tiang panjat berjarak 10 cm dari tiang. Diamkan selama sehari.
    Anda boleh menanaminya setelah satu hari kemudian.
  • Anda Juga bisa memberikan pupuk dari kotoran ayam yang dicampur tets tebu dan cairan empa, fungsinya menguatkan batang pohon buah naga.

4. Cara Menanam Buah Naga

Berikut ini cara memindahkan bibit buah naga dari polybag ke kebun anda.

Budidaya Buah Naga

  • Empat bibit buah naga membutuhkan satu tiang panjat. Keempatnya ditanam mengelilingi tiang panjat. Jaraknya berkisar 10 cm.
  • Gali lubang tanam yang sudah kita buat dan kita campur dengan tanah, pasir, dan pupuk.  kedalamannya sekitar 10-15 cm
  • Pindahkan bibit buah naga anda dari polybag ke lubang tanam yang sudah digali. Polybagnya dibuang, tanahnya diikutkan tidak apa-apa.
  • Timbun bibit menggunakan tanah hingga padat.
  • Ikat batang keempat bibit tersebut sampai menyatu dengan tiang. Pengikatan terus dilakukan ketika tanaman buah naga memanjang 20-30 cm.
  • Potong tunas buah naga apabila ia akan bercabang sebelum mencapai puncak tiang panjatan, sisakan 1 saja. Apabila sudah sampai tiang panjatan, buah naga boleh bercabang banyak, umumnya 5 cabang.

5. Pemeliharaan Buah Naga

Pemeliharaan menjadi faktor yang paling penting dalam melakukan budidaya tanaman. Cara penanaman yang baik jika tidak didukung pemeliharaan, hasilnya tidak akan memuaskan.

Ads By Google

Berdasar berbagai pengalaman, termasuk pengalaman pak sukirno yang diliput dinas pertanian ada 5 hal yang harus anda lakukan dalam merawat buah naga.

a. Pengairan

Siramlah buah naga 2 hari sekali pagi dan sore saat tidak hujan, jangan sampai airnya menggenang.

b. Pemangkasan

untuk awal-awal pertumbuhan sampai pohonnya mencapai ujung tiang panjatan, pangkaslah tunas dan sisakan 1 saja. ini agar pohon cepat tumbuh ke atas.
Setelah dewasa, pangkaslah tunas yang kira-kira tidak diperlukan, yang busuk, atau yang terkena penyakit lalu timbun ke dalam tanah agar tidak menular.
Cabang buah naga yang telah berbuah 4 kali sebaiknya di potong dan dijadikan bibit. Tapi pastikan anda tidak memangkas semua cabang.

c. Pemupukan

Sebelum mencapai ujung tiang panjatan, gunakan pupuk kandang dari kotoran ayam. Pastikan sudah kering, lebih bagus lagi jika difermentasi.
Jika menggunakan pupuk buatan, beri pupuk dengan unsur N yang lebih banyak.
Setelah dewasa, beri pupuk dengan unsur P dan K yang banyak.
Tidak disarankan menggunakan pupuk urea karena kurang cocok untuk tanaman kaktus.

Tips tambahan dari Pak jarot di Malang adalah menggunakan pupuk kandang. Dosisnya 5 kg per tiang. Pupuk pertama setelah panen beliau campur dengan 200kg kapur pertanian pada pupuk.

d. Pembersihan rumput/gulma

Hal ini bertujuan untuk memaksimalkan penyerapan pupuk dan unsur hara pada buah naga. Jika ada rumput maka nutrisi pupuk akan dibagi oleh rumput dan buah naga kita.

e. Membasmi Hama

Hama berupa bekicot dan ulat dibersihkan secara manual. Hama berupa cendawan dan kutu putih bisa dibersihkan dengan biopestisida buatan sendiri.
Cara membuat bipoestisida adalah dengan mencampur daun pahitan, limbah tembakau, dan air dengan perbandingan 1:1:2.  campuran tadi dimasukkan ke wadah dan didiamkan 1 bulan

f. Memastikan Cahaya Cukup, Jika Ada Dana:  Buat Cahaya Buatan

Tanaman buah naga adalah sejenis kaktus, jangan sampai lokasi anda terlalu gelap.
Lokasi yang baik adalah tegal lapang yang sinar mataharinya cukup.

Faktanya, menurut penelitian di Filipina, menambah cahaya buatan yang sejenis cahaya matahari bisa mempercepat panen dan bisa berbuah di bukan musim panen.
Teknologi yang diteliti di Filipina itu sudah diterapkan di Banyuwangi, lihat video ini ya. Buah naga di banyuwangi bisa berbuah sepanjang tahun, tidak hanya di musim panen.

Kuncinya : Buah naga butuh cahaya yang banyak.

6. Memanen Buah Naga

Buah naga putih biasanya berbuah di bulan ke 10. buah naga merah banyak yang berbuah di bulan 8. Nah kalau beruntung, di bulan 5 juga ada yang berbuah.

pengusaha buah naga

Saatnya Panen
Ukuran buah naga umumnya 400-700 gram.
Jarak antara bunga dan buah   masak adalah 35 hari. Buah naga dianggap sudah masak jika warnanya sudah merah penuh pekat.
Jika ditaruh di udara terbuka, buah naga bisa tahan selama 10 hari. Lain lagi kalau di lemari pendingin, bisa sampai 1 bulan.

Setelah panen
2 bulan setelah panen, lakukan pemuuukan dan campur dengan kapur pertanian.
tetap semangat dan lakukan evaluasi, buah naga biasanya panen setiap 6 bulan sekali.

7. Kenapa tanaman Buah Naga Tidak Berbuah dan Solusinya

Iya, ada yang sudah menanam buah naga baik dalam pot maupun dipekarangan, sudah 2 tahun tapi tidak berbuah. Alasannya simpel: biasanya karena kurang cahaya matahari, salah pupuk, tidak dipangkas, kebanyakan air, serangan hama, dan penyerbukan yang gagal.  Ayo kita bahas satu persatu

a. Kurang cahaya matahari.

Tanaman buah naga adalah jenis kaktus yang mampu hidup di padang pasir, jadi tanamlah di lokasi yang lapang.
Jangan sampai kebun buah naga anda diapit (bahkan ditutupi) oleh gedung tinggi, kebun jati, kebun sengon, dan benda benda tinggi lainnya.

Lebih bagus lagi jika anda tambahkan cahaya buatan berupa lampu di malam hari, seperti yang dilakukan saudara saudara kita di kampung naga Banyuwangi.

b. Salah Pupuk

Di awal pertumbuhan, Anda harus memberi pupuk yang kandungan N nya banyak. di masa siap berbuah, kandungan P dan K bisa diperbanyak.
Jangan beri pupuk urea, bisa terjadi busuk batang.
Jangan beri pupuk kandang yang belum matang apalagi kotoran langsung.
Rajinlah membersihkan gulma dan rumput agar peresapan pupuk sempurna.

c. Tidak dipangkas

Buah naga yang tidak dipangkas akan membuang banyak energi untuk membuat daun bukan untuk berbuah.

d. Kebanyakan Air

Tanaman buah naga cocoknya di padang pasir dan di tanah tegalan, bukan seperti padi yang bisa tumbuh di sawah. air yang terlalu becek akan membusukkan batang, aturlah supaya kebun buah naga anda tidak menggenang saat hujan selesai

e.  Serangan Hama dan penyakit

Menurut penelitian dari IPB, setidaknya ada 18 hama buah naga, wow.
Jangan takut, anda bisa melakukan solusi sapu jagat. Artinya, 1 solusi untuk banyak permasalahan.
Bab ini saya bahas khusus, yuk baca : 18 Hama dan penyakit Buah Naga Menurut IPB

f. Penyerbukan yang Tidak Sempurna

Teman-teman coba lihat video kita yang pertama tadi. Atau ini saya tampilkan lagi di bawah.
Penyerbukan buah naga bagusnya terjadi malam hari, nah jika di daerah anda kurang ada kumbang atau lebah yang hidup malam hari, mau tidak mau anda harus melakukan penyerbukan sendiri di malam hari.
Tidak apa-apa, ini namanya kerja keras.

8. Pengusaha Buah Naga Sukses berbagi tips Untuk Anda

Saya tidak kaget dengan target kementerian pertanian yang menginginkan kita surplus buah naga.

Faktanya saya menemukan banyak petani buah naga sukses. ada yang omsetnya ratusan juta, ada yang sudah punya agrowisata buah naga. ada yang modalnya 300 ribu sekarang sudah punya 5000 pohon buah naga. Ada yang sudah menerapkan teknik cahaya buatan dari filipina, wow. Ada juga yang sangat out of the box, ada yang menanam di atas ruko dan 5 bulan berbuah.

Agar lebih dalam, saya menulisnya dalam artikel tersendiri. Silahkan baca : Para Pengusaha Buah Naga Yang sudah Sukses Berbagi Tips Untuk Pemula. 

 

9. Lipat Gandakan hasil Usaha dengan Agrowisata

Ternyata, banyak orang yang ingin berkunjung di kebun buah naga.

Mereka ingin memetik buah naga langsung, melihat praktek budidaya, dan tentu saja : berfoto

Di Jogja dan malang, sudah ada agrowisata buah naga.

Jadi kalau kebun anda sudah luas, silahkan buka kebun anda untuk menjadi lokasi agrowisata. Penjualan anda meningkat dan uang anda bertambah karena pengunjung bayar tiket masuk.

Anda juga makin terkenal karena diulas oleh media dan foto kebun anda dishare ke media sosial oleh para pengunjung.

Yuk lihat video ini untuk inspirasi

Nah itu tadi teknik budidaya buah naga.

Sekarang saatnya anda untuk praktek, apa yang akan anda lakukan setelah ini? yuk share di komentar biar yang lain makin semangat.
Selanjutnya silahkan membaca :

Lengkap dan urut: Menanam Buah Naga Dalam Pot  18 Hama Penyakit Buah Naga Menurut IPB

6 Jenis Buah Naga Indonesia  8 Pengusaha Buah Naga Sukses

Cara Cepat Budidaya Buah Naga di Kebun  50 Manfaat Buah Naga Merah

Apakah menurut anda artikel ini bagus? Jika iya,

Saya perlu waktu 1 bulan untuk menyusun dan mengumpulkan artikel berseri ini, anda hanya perlu 10 detik untuk menshare ke teman anda.

Jika menurut anda artikel ini bermanfaat, yuk bagikan ke teman-teman melalui facebook, whatsapp, atau twitter. Salam Kaya.

Ads By Google
Oleh :

Bermanfaat kan? Yuk Share ke :
Facebook Tweet


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *