Cara Main Snapchat Untuk Pemula Sampai Expert

Cara Main Snapchat terbaru bagi pemula ternyata butuh perhatian khusus. Snapchat fiturnya memang tidak banyak tapi bisa dieksplor sangat jauh.  Berikut adalah cara menggunakannya.

Menggunakan Snapchat

Snapchat memang cukup simpel dan sederhana untuk dimainkan, sehingga menarik minat anak – anak muda.  Tidak banyak menu atau pilihan yang disajikan aplikasi snapchat ini. Meski demikian 6 Fitur snapchat Ternyata Mengalahkan Instagram (klik di sini untuk membacanya)

Snapchat juga kadang digunakan sebagai ajang promosi secara realtime. Dengan snapchat, iklan promosi lebih efektif karena ditayangkan dan dilihat oleh pengguna yang aktif di snapchat.

Cara Main Snapchat

Cara main Snapchat cukup sederhana, kita hanya post foto/video lalu dilihat teman. Teman kita juga bisa membalas foto atau video yang kita bagikan dengan cara chatting.

Buat sobat yang belum punya snapchat silahkan mengikuti Cara Mendaftar Snapchat di Android dan Iphone

Ads By Google

Untuk mengirimkan foto atau video kita membutuhkan kamera smartphone secara langsung. Jadi semaki bagus kamera smartphone kita, semakin bagus pula foto ata video yang kita hasilkan. Aplikasi snapchat ini mirip dengan aplikasi Instagram yang lebih dulu populer. Berikut ini cara main snapchat.

Cara Main Snapchat : Memposting Cerita Foto atau Video

  1. Untuk mengambil snap, tekan dan tahan lingkaran tengah pada bagian bawah mode kamera atau yang sering disebut shutter.
    Cara main snapchat
  2. Jika sudah selesai, lepaskan icon shutter tersebut. Durasi maksimal dari tayangan foto atau video adalah 10 detik. Kita dapat mengatur durasi tayang foto atau video dengan memilih opsi angka pada kiri bawah. Atur selama yang kita inginkan.
    Jika sudah yakin, tekan tombol kotak yang ada di tegah bawah
    Cara menggunakan Snapchat
  3. Kita tidak bisa menyimpan Snap yang kita buat jika sudah dikirim ke story. Jadi, jika kita ingin menyimpannya, tap icon download atau yang berbentuk ( V  ) di sebelah icon durasi.Sebenarnya 3 langkah di atas sudah cukup. Namun jika ingin mengkustomisasi cerita (stories) sobat, bisa menggunakan cara berikut. Untuk gambar masih menggunakan ilustrasi di atas.
  4. Berilah keterangan atau caption foto dengan tap icon ( T ), lalu area tengah akan menjadi hitam dan kita dapat menulis caption atau keterangan foto langsung melalui opsi ini. pastikan caption foto tidak terlali panjang, karena dapat menutupi foto. Jika ingin menggunakan simbol, kita bisa menggunakan emoji di android.
  5. Tak hanya tulisan, kita juga bisa menggambar pada foto yang akan kita bagikan. Biasanya pengguna snapchat menggunakan berupa tanda atau simbol untuk mempercantik foto. Untuk bisa menggunakan fitur ini, tap icon pensil yang ada di kanan atas. Setelah itu coret coret foto sesuka hati.
  6. Walau tak selengkap Instagram, Snapchat juga mempunyai filter. Diantaranya sephia, Black white, dan lainnya. Filter snapchat ini bisa kita aktifkan dengan membuka pengaturan, lalu aktifkan filter. Dengan adanya filter ini, Snapchat akan membuat foto yang kita bagikan terlihat lebih menarik.
  7. Jika sudah selesai, klik icon panah pada kanan bawah. Setelah itu, foto atau video yang kita ambil akan tersebar diantara teman – teman kita. Kita dapat melihat foto atau video yang kita ambil di bagian My story, caranya pada halaman awal geser layar ke kiri lalu di bagian atas My story ada kumpulan foto dan video yang kita buat.

Cara Main Snapchat : Menambah teman

Kita bisa menambahkan teman melalui add friend, cara nya klik icon hantu di atas, atau usap layar ke bawah, maka kita akan masuk profile. Pilih add friend untuk menambah teman. Kita bisa menambah teman berdasarkan ID, add nearby,  maupun sesuai kontak ponsel.
Tambah Teman Snapchat

Melihat Cerita (Stories)

  1. Untuk cara main snapchat dengan melihat stories dari teman kita, dari halaman awal (Mode Kamera) usap layar ke kiri lalu ada opsi Stories.Melihat Cerita Stories Snapchat
    Tap salah satu story yang kita inginkan, dan dobel tap pada foto profilnya jika kita ingin mengirimkan balasan.
  2. Selain dari teman, kita juga dapat melihat informasi dan berita dari chanel internasional seperti CNN, National Geographic, dan lainnya. Dari layar awal usap layar ke kiri lalu masuk menu discover, atau tap icon titik ungu di kanan atas. Tap salah satu chanel yang diinginkan lalu selamat menikmati.
  3. Kita bisa melihat foto atau video kiriman teman di Live chat. Caranya usap layar awal ke kanan, lalu pilih kiriman mana yang akan di tonton. Angka pada bagian kiri bawah di layar awal merupakan notifikasi jumlah konten yang dikirimkan kepada kita. Sama seperti di bagian story, foto atau video dapat ditayangka dengan durasi maksimal 10 detik.
    Durasi 10 detik snapchat
  4. Pada bagian live chat kita juga bisa chatting dengan teman sambil bertukar video. Uniknya saat kita mengambil screenshoot maka chat akan langsung memberi notifikasi screenshoot.

Cara Menjawab Cerita (Reply Story) di Snapchat

Menjawab (Reply) Cerita

Caranya Gampang banget. Cukup usap ke atas pada cerita yang ingin kita jadikan chat. Lalu tulis chat kita.

Apakah sobat mengetahui fitur lainnya di snapchat? Silahkan tulis komentar

 

Ads By Google
Oleh :

Bermanfaat kan? Yuk Share ke :
Facebook Tweet


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *