11 Contoh Bisnis Makanan Ringan Unik Yang Sudah Di Jalankan

Sesuatu yang unik pasti bikin penasaran. Kalau sudah penasaran pasti ingin memiliki. Seperti halnya konsep unik dalam bisnis makanan ringan.

Oh ya di sini kita membahas yang unik saja. Jika anda ingin ide bisnis, yuk baca :

35 Ide Bisnis Makanan Ringan Modal Kecil Omset Jutaan

Tidak dipungkiri, persaingan dalam bisnis makanan sangatlah ketat. Pengusaha yang ingin berhasil dalam usahanya dan survive harus menerapkan strategi jitu. Salah satu caranya dengan menerapkan konsep unik dalam usahanya.

Makanan ringan unik sudah jalan

Artikel ini akan memberikan gambaran bagaimana konsep unik itu. Saya menuliskan dalam 3 bagian. Yuk Kita mulai

 

Konsep Bisnis Unik di Sekitar Anda

Apakah Anda sering memperhatikan kuliner yang dijual dengan cara unik di sekitar Anda? Konsep unik seperti apa yang pernah Anda lihat? Adakah yang sama dengan konsep-konsep unik seperti usaha di bawah ini?

1. Charcoal burger

Burger identik dengan roti berwarna kuning kecokelatan. Apa jadinya jika burger berwarna hitam? Anda pasti heran sekaligus penasaran ya.

burger hitam yang rasanya tak seseram warnanya

Setahun belakangan makanan warna hitam cukup baik diterima masyarakat. Ada mi hitam berbahan dasar tinta cumi, es krim hitam, black crackers, dan burger hitam yang dikenal orang dengan black burger atau charcoal burger. Burger satu ini mulai dikenal masyarakat dunia sejak kemunculannya pertama kali di Burger King Jepang untuk edisi khusus.

Disebut charcoal burger karena memang bahan pewarnanya terbuat dari activated charcoal atau arang. Selain mengikuti tren, makan charcoal burger juga baik untuk pencernaan. Dan rasanya juga enak.

2. Leker

Panganan mirip crepes ini belakangan sedang hits di Tanah Air. Rasa dan bentuknya sangat mirip. Bedanya hanya leker lebih tipis dari crepes.

Cara membuat leker pun sama dengan crepes. Coba intip video berikut.

Nama ‘leker’ berasal dari Bahasa Belanda yang berarti ‘lezat’. Kue berbentuk sederhana ini ternyata mampu menarik minat banyak pembeli. Baik di mal-mal maupun yang dijajakan oleh para pedagang keliling.

3. Brotagor

Makanan berbahan dasar tahu, telur, dan aci (tepung) ini sangat terkenal di Bandung. Dan seantero Pulau Jawa. Berbagai inovasi dilakukan oleh para penggemar berat makanan berbumbu kacang ini.

Usaha Brotagor Konsep unik batagor diusung oleh Brotagor. Berjualan dengan menggunakan gerobak yang dibuat khusus, usaha ini menawarkan batagor dengan banyak varian rasa. Ada batagor original, batagor isi beef, batagor isi ayam suir, batagor isi keju yang semuanya dikemas dengan keren.

Dan yang paling penting, harganya itu sesuai dengan kantong para penikmat kuliner.

4. Cotton drops

Camilan dibeli karena bentuknya yang fantastis. Apa Anda termasuk pembeli yang seperti ini? Kalau iya, pasti Anda juga tertarik membeli cotton drops.

Makanan Unik Cotton Drops

Rasanya enak dan tampilannya eye-catching sekali. Menurut hemat saya, cotton drops bisa memanjakan mata sekaligus lidah. Bagaimana, Anda tertarik membuat usaha cotton drops versi Anda sendiri?

5. Mimicucu

Konsep minum susu menggunakan botol susu lengkap dengan dotnya ini telah lama mencuri perhatian para penikmat susu. Dot yang disediakan memiliki lubang berukuran besar. Karena memang target pasar produk unik ini adalah anak-anak remaja dan orang dewasa.mimicucu unik

Datang ke kedai Mimicucu lalu memesan, berswafoto, dan memposting foto ke Instagram sepertinya jadi aktivitas seru yang bisa dilakukan para pelanggan. Untuk itu, bila Anda punya niat membuat konsep yang sama, saya sarankan Anda menyediakan tempat yang nyaman dan Instagrammable.

6. Kipsmail Fenyetan Chicken (KiFC)

Masih ingat dengan si pemilik goyang YKS? Dialah Caesar yang menikah dengan Indadari Mindrayanti. Setelah menikah dan hijrah, Caesar kemudian membuka sejumlah usaha.

Kifc Caesar Fenyetan

Salah satu usaha milik Caesar adalah KiFC atau Kipsmail Fenyetan Chicken. Ia mengambil nama kedai yang sepintas terdengar seperti nama gerai ayam terkenal milik Amerika. Pemilihan nama menjadi salah satu daya tarik usaha pria yang kini terlihat lebih relijius ini.

Tidak hanya menjual ayam penyet, tempe penyet, dan makanan khas warung penyet lainnya, Caesar dan istri, sebagai pengelola juga memberikan bonus kepada para pelanggannya. Bonus ini mendatangkan keuntungan bagi dua belah pihak. Pelanggan bisa makan gratis sambil menguji hafalan Surat Al-Mulk-nya dan KiFC juga mendapat berkah dari sedekah serta pembacaan ayat-ayat Al-Quran di dalam kedainya.

Konsep yang sangat unik dan bisa dicontoh, bukan?

7. Konsep warung kopi dengan foodtruck atau gerobak

Punya modal kecil tapi ingin buka kedai atau kafe yang menjual kopi. Mungkinkah? Bisa saja Anda mewujudkannya sekarang. Karena yang namanya kedai kopi saat ini sudah keluar dari konsep bangunan menetap alias kafe.Cafe Kopi di foodtruck

Penggunaan gerobak maupun foodtruck yang didesain sedemikian rupa mejadi sarana promosi yang ampuh dalam menarik pelanggan. Coba deh Anda intip di sini inspirasinya …

8. Taro

Makanan sehat selalu mendatangkan inovasi terbaru. Dibuat jadi enak dan menarik. Salah satu makanan sehat yang bisa dibuat jadi enak adalah ubi alias taro.

Ads By Google

Taro makanan unik

Taro bisa dijadikan makanan seperti keripik, burger, es krim, martabak, dan aneka dessert lainnya. Juga minuman asyik seperti latte, jus, teh, dan lain-lain.

Anda bisa mencari inovasi lain dari taro ini. contohnya seperti 7 makanan unik taro yang dibahas Qraved.

9. Ketan Susu Mbok’ne An Cuk

Tidak memiliki latar belakang pengusaha/kuliner bukan berarti tak bisa membangun usaha kuliner. Hal ini dibuktikan sendiri oleh dokter gigi bernama Resti Purwita Putri. Dari kedai kecilnya yang menjual ketan susu, ibu dua anak ini lambat laun memiliki omset 300 juta per bulan.

Lihat penampakan tokonya yuk di video ini

 

Wita, begitu ia akrab disapa, langsung banting setir jadi pengusaha makanan ringan tradisional namun bergaya modern saat mengetahui prospek bisnis ini.

Nama Mbok’ne An Cuk sendiri terdengar nyeleneh di kalangan orang Surabaya. Namun, bagi ibu Wita, nama ini punya arti mendalam yaitu usaha modal kecil ini bisa dilakukan bersama-sama dengan sumber inspirasi dari nenek, anak-anak hingga para cucu.

10. Makaroni Ngehe

Nama makanan ini terdengar nyeleneh bukan di telinga Anda? Meski nyeleneh, omset usaha ini mencapai 40 juta per hari. Pemilik ide pembuatan usaha makaroni ini adalah seorang mahasiswa dari Tasikmalaya bernama Ali Muharam.

Pengalaman hidup suram Ali di masa lalu membuatnya mengingat sebuah kata ‘ngehe’. Dari sini ia memberi nama usahanya seperti itu. Kata ini juga memotivasi Ali supaya bisa terus semangat menjalani usaha agar ia tidak kembali ke fase kehidupannya yang suram dulu.

Dan apa yang Ali jual hingga mendapat omset harian begitu besar? Hanya makaroni goreng pedas sepedas lecutan jalan hidupnya dulu.

Yuk perhatikan betapa sederhanya makaroni ini

11. @warteggourmet

Pernahkah Anda ‘kepo’ dengan salah satu akun makanan di Instagram ini? Dari namanya saja kita sudah tahu makanan apa yang dijual melalui akun ini. Dade Akbar yang hobi makan dan suka desain ini adalah pemilik akun tersebut.

Sebelum lanjut, yuk lihat dulu penampakan cara membuatnya

Konsep warteg yang sangat tradisional berhasil ia ubah menjadi konsep modern dan berkelas. Semua foto yang Dade posting adalah hasil karyanya sendiri bersama tim dalam membuat makanan, mengatur, dan membidik objek yang tersusun cantik di atas piring.

Tidak hanya itu, timnya juga menjual makanan ala warteg ini dengan reservasi layaknya pemesanan di restoran mahal.

Ia hanya melayani memasak makanan hanya untuk 10 sampai 30 orang untuk sekali order. Untuk berbagai macam acara seperti arisan dan perayaan kecil-kecilan. Menu yang ditawarkan seperti orek tempe, ayam pop, gado-gado, kerupuk, kue jajanan pasar, dan masih banyak makanan tradisional lainnya.

Mempelajari Konsep Bisnis Orang Lain

Dari konsep bisnis unik seperti di atas, Anda bisa memperoleh pengetahuan seperti bagaimana mendapatkan ide usaha, nama yang cocok, cara promosi, dan cara berjualan yang menarik.

  1. Ide usaha

Ide bisa didapatkan dari mana saja. Dari artikel ini dengan sedikit inovasi, internet, mengobrol dengan orang lain, atau dari dapur sendiri.

  1. Nama

Kuatkan dulu konsep bisnisnya baru cari namanya. Nama tidak perlu yang susah atau ribet, meskipun harus punya makna. Supaya mudah diingat orang dan dapat memotivasi usaha Anda. Dan pastikan nama yang dipilih sesuai dengan produk Anda.

  1. Cara berjualan

Apakah dengan gerobak yang didesain lucu dan menarik, dengan foodtruck, atau bangunan. Sesuaikan dengan budget dan konsep yang Anda miliki.

  1. Promosi

Ini penting sekali. Mengingat promosi jadi senjata pendongkrak omset usaha Anda. Gunakan yang paling Anda bisa terlebih dahulu.

Via media sosial, mulut ke mulut atau pamflet yang Anda cetak.

Menerapkan Konsep Ke Bisnis Sendiri

Menerapkan konsep unik ke usaha sendiri dirasa cukuo sulit oleh kebanyakan pengusaha pemula. Namun, kesulitan itu lambat laun juga akan menjelma jadi kebiasaan hingga akhirnya mudah dilakukan.

  1. Sering berdoa biar dimudahkan
  2. Rajin memperhatikan setiap detil usaha yang sedang Anda rintis
  3. Jangan terlalu banyak mikir, jalani saja
  4. Minta restu orang tua dan keluarga

Yuk baca juga :

7 Pengusaha Makanan Ringan Ini Sukses Omset Jutaan dari Nol

10 Tips Bisnis Makanan Ringan Ini Siap Anda Praktekkan

Jika menurut anda artikel ini bermanfaat, anda hanya butuh waktu 1 menit untuk membagikannya ke facebook, whatsapp, dsb. Berbagilah dan semoga Allah melancarkan bisnis kita.

Semoga Anda sukses dengan konsep bisnis yang sedang Anda rintis.

Ads By Google
Oleh :

Bermanfaat kan? Yuk Share ke :
Facebook Tweet


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *