Cara Efiling Pajak SPT 1770 S 2017 Lengkap dengan Gambar

Efiling pajak SPT 1770 S ini sangat mudah. Punya banyak kelebihan dan kemudahan dalam melaporkan pajak. Jika tahun sebelumnya Anda sudah melaporkan SPT 1770 S efiling, pelaporan pajak ini hanya memerlukan waktu 4-10 menit. Meski demikian, bagi yang baru pertama kali menggunakan efiling 1770 S, ada beberapa data yang harus anda siapkan.

Efiling PajakUntuk anda yang penghasilannya belum mencapai 60 juta setahun dan bekerja pada satu pemberi kerja, saya sarankan menggunakan formulir 1770 SS (sangat sederhana). Silahkan membaca : Tutorial SPT 1770 SS – Efiling

Tutorial ini dibuat sesederhana mungkin dan disertai gambar. Bila anda menemukan kalimat  yang tidak sesuai dengan aturan saat ini, silahkan hubungi kami melalui kontak atau tulis di komentar.

Data yang harus Anda siapkan :

  • Bukti potong A1/A2
  • Bukti potong pajak selain A1/A2 (final maupun tidak final)
  • Kartu keluarga
  • Daftar harta dan hutang/kewajiban yang anda miliki (bisa diingat-ingat saja atau ditulis)

Mendaftar efiling DJP online.

Sama seperti facebook,  twitter, gmail, dan website lainnya. Sebelum menggunakan Efiling, anda harus mendaftar dulu.

Sudahkan anda mendaftar di DJP online? silahkan mendaftar di djponline.pajak.go.id/registrasi. Nah untuk panduannya bisa membaca tulisan saya yang satunya : Cara Daftar atau Registrasi DJP Online – Efiling Pajak.

Setelah sukses mendaftar. Silahkan lakukan langkah berikut

Mengisi SPT 1770 S Efiling Pajak DJP Online

Buka website DJP online : djponline.pajak.go.id lalu login. Masukkan NPWP dan password anda untuk login. NPWP ditulis tanpa titik dan tanpa strip, semuanya angka. Password harus sesuai dengan password anda, termasuk huruf besar dan kecil.

Login-DJP-Online-2016

Setelah sukses login, klik tulisan efiling. Ada dua tulisan efiling yang bisa anda pilih, klik salah satu saja. Tulisan efiling hijau besar biasanya terletak di kanan atau di kiri, tergantung jenis pekerjaan anda.

Efiling Pajak Online

Klik tulisan buat SPT, ada dua tulisan buat SPT, pilih salah satu saja.

buat SPT efiling Pajak

Jawab pertanyaan yang ada. Misalnya seperti ini : (1) tidak usahawan atau pekerjaan bebas (2) tidak pisah harta (3) tidak kurang dari 60 juta rupiah setahun (4) 1770 S Formulir.
Saya menyarakan untuk nomor 4 pilihlah formulir, Lalu klik SPT 1770 S dengan formulir

efiling spt 1770 s

Jika pada pilihan 4 Anda  tetap ingin mengisi dengan panduan (bukan formulir), silahkan simak video berikut ini. Mengisi dengan panduan biasanya lebih lama, bisa 4 kali lebih lama. Jika ingin lebih cepat, pilih formulir, lewati video ini dan ikuti gambar tutorial yang ada di bawah video.

 

Langkah 1 : Mengisi data formulir

Isi data formulir anda. Misalnya anda ingin melaporkan pajak tahun 2015, pilihlah tahun pajak 2015. Bila baru pertama kali melapor SPT untuk tahun pajak tersebut, pilihlah status SPT normal lalu klik langkah berikutnya.

pilih status spt

SPT pembetulan dipilih hanya jika anda pernah melaporkan SPT untuk tahun pajak  tersebut dan bermaksud membetulkannya kembali.

Langkah 2 :  Mengisi Lampiran II

Pertama silahkan isi bagian A jika anda memiliki penghasilan yang dikenakan PPh Final atau berdifat final, klik tulisan tambah+ untuk menambah. Jika sudah selesai atau tidak ada penghasilan seperti itu, klik Lanjut Ke Daftar Harta.

PPh Final 1770 S Efiling

Kadang-kadang gambar di atas tidak muncul. silahkan klik tulisan Bagian A. Penghasilan

Nah disini kerennya efiling. Jika tahun lalu anda sudah mengisi daftar harta di SPT 1770 S melalui efiling, silahkan klik harta pada SPT tahun lalu. Taraaa, daftar harta tahun lalu akan muncul kembali. Tidak perlu menulis ulang. Anda bisa klik ubah untuk mengedit/mengubah rincian harta tersebut.

Harta Tahun Lalu Efiling

Nah bagi anda yang belum mengisi daftar harta pada SPT tahun lalu atau ingin menambahkan daftar harta baru, silahkan klik tambah.

Tambah Harta Efiling

Muncul kotak dialog harta, isi sesuai dengan harta anda. Klik tambah+ lagi untuk mengisi harta yang lain. Isikan semua harta yang anda miliki, satu persatu.

Isi Harta Efiling

Ads By Google

Setelah selesai klik lanjut ke daftar utang.

Lakukan hal yang sama pada daftar utang dan daftar keluarga. Jika tahun sebelumnya anda sudah mengisi SPT 1770 S dan memasukkan semua daftar tadi, tahun ini anda tingal klik daftar harta/utang/keluarga tahun lalu. Menurut pengalaman saya, ini bisa menghemat waktu sekitar 30 menit. Jika belum pernah mengisi atau ingin menambah baru, silahkan klik tambah.

Setelah semuanya terisi. Klik langkah berikutnya, posisinya ada di bagian bawah.

Kik berikutnya

Langkah 3 :  Mengisi Lampiran I

Isi bagian A jika ada penghasilan dalam negeri lainnya dan bagian B jika ada penghasilan yang bukan objek pajak. Apabila tidak ada, lewati bagian tersebut dan langsung klik bagian C: Daftar Pemotongan dan Pemungutan PPh

Daftar pemotonganPemugutan PPh di Efiling

Bagian C akan otomatis terisi jika pemberi kerja anda menggunakan ESPT 21 versi 2.3 ke atas. Nah jika kosong atau belum ada, anda harus mengisi sendiri secara manual.

Tambah Pemotongan atau pemungutan

Klik Tambah untuk mengisi, lalu isi sesuai bukti potong yang anda miliki. Setelah itu klik simpan. Jika anda memiliki lebih dari satu, klik tambah lagi, isi, lalu simpan. Begitu seterusnya

Setelah selesai, klik langkah berikutnya (ada di bagian bawah).

Langkah 4 :  Mengisi Induk

Selanjutnya anda akan mengisi induk SPT. mulai dari identitas, jika kolom isian tidak muncul, silahkan klik Identitas, Lanjutkan ke Bagian A, B, C, D, E, dan F.

SPT Induk 1770 S

 

SPT Induk bagian penghasilan

Periksa kembali isian pajak anda. Apakah nihil, kurang bayar, atau lebih bayar. Jangan sampai keliru.

Jika benar-benar kurang bayar, silahkan buat id biling dan bayarlah dulu pajak anda. Jika lebih bayar, anda bisa menyampaikan laporan pajak secara manual ke kantor pajak terdekat.

Pernyataan SPT 1770 S Efiling

Sekali lagi, periksalah SPT anda. Jika sudah selesai, silahkan baca pernyataan. Baca dengan teliti lalu klik centang pada kata setuju/agree. Kemudian klik langkah berikutnya.

Langkah 5 :  Mengirim SPT

Ini adalah bagian terakhir, yaitu mengirim SPT 1770 S. Cermati spt anda. Klik tulisan di sini lalu pilih email, kemudian klik OK (tahun ini DJP belum bisa mengirim kode verifikasi dengan nomor HP)

kode verifikasi Efiling 1770 s

Buka email anda di tab baru, copy/salin atau catat baik-baik kode verifikasi anda kemudian tempelkan/masukkan ke halaman kirim SPT tadi. Terakhir, silahkan klik kirim SPT.

email kode verifikasi E filing 1770 S

Jika berhasil Anda akan kembali ke daftar SPT. Anda juga bisa membuka email untuk melihat tanda terima elektronik anda.

Daftar SPT

 

email tanda terima dan cetak

Terima kasih telah melaporkan SPT 1770 S anda menggunakan efiling djp online. Jika ada pertanyaan atau saran silahkan sampaikan di komentar.

Selanjutnya anda bisa melakukan hal berikut :

Cara Efiling Pajak SPT 1770 SS Efiling Pajak 1770 S (60 juta atau Lebih)

Efiling Pajak 1770 OP Usahawan dan Pekerjaan Bebas Cara Mendaftar DJP Online

Saya butuh waktu 8 jam untuk membuat tutorial ini. Anda hanya perlu waktu 8 detik untuk membagikannya ke facebook, twitter, atau whatsapp. Yuk share artikel ini agar yang lain juga tahu, mari berbagi.

Ads By Google
Oleh :

Bermanfaat kan? Yuk Share ke :
Facebook Tweet


58 Komentar Pada “Cara Efiling Pajak SPT 1770 S 2017 Lengkap dengan Gambar

  1. Iis Juansih

    Maaf !
    Anda tidak memiliki otoritas untuk akses layanan ini
    Kembali ke DJP ONLINE
    403

    apa maksud dari halaman yang di tampilkan ini? apakah ini masalah dari data yang belum lengkap (kesalahan data) atau dari jaringan yang sedang digunakan? sudah beberapa kali saya coba selalu menampilkan halaman seperti ini, mohonn di bantu

    Reply
    1. Caca Sugiarto Post author

      itu status npwp anda ada masalah, silahkan datang ke kantor pajak terdaftar

      Reply
  2. tarman

    Bgmn solusi jk setelah agree muncul disimpan sbg draft, kmdian listrik padam. Cara mengambil draft bgmn?

    Reply
  3. Imar

    Sy sudah mendapatkan kode verifikasi via email setelah selesai mengisi spt, tapi ko blom mendapatkan bukti penerimaan elektronik ya, gmn caranya untuk mendapatkan bukti penerimaan elektronik tsb? Terima kasih

    Reply
  4. nola

    terima kasih.. sangat membantu sekali tutorialnya.
    semoga menjadi ladang amal yaa mbaa

    Reply
  5. Irawan Sumardi

    Pada saat kita sedang mengisi data spt melalui e filling, kemudian sebelum selesai diisi, kita harus pergi dahulu dari depann komputer. Misalnya saat mengisi daftar harta yg jumlahnya ada 12, tetapi saat selesai mengisi harta ke 5, kita harus pergi dan log out dahulu. Apakah nantinya kita bisa lanjutkan mengisi efilling dan start di no 6? Ataukah data kita hilang semua dan harua mengisibulang.

    Reply
    1. Caca Sugiarto Post author

      harus sampai langkah simpan SPT bru bisa tersimpan

      Reply
  6. Ridef Sanjaya

    Maaf mau tanya, sy sdh sampai langkah 4.
    Pertanyaan :
    1. mengapa jln Pph yg terhutang (9+10) TIDAK SAMA dgn PPh pasal 21 terutang (seperti yg tercantum pd formulir 1721-A2) dgn selisihnya : 100
    2. PPh yang harus dibayar sendiri 100 (tdk 0 /nol, seperti yg ditampilkan pd video tutorial)

    Reply
  7. Budi P

    Saya karyawan swasta dengan penghasilan > Rp 60 jt. Saya sudah melaporkan SPT tahun 2015 melalui e-filling dan sudah mencetak BPE. Saya ingin membetulkan SPT tahun 2015 melalui e-filling, karena ada data yang belum saya masukkan yaitu data asuransi. Bagaimana caranya? Asuransi masuk ke kategori apa? Apakah asuransi masuk kategori tax amnesty? Apabila ada harta yang belum dilaporkan juga termasuk kategori tax amnesty? Contohnya mobil, tiap tahun sudah bayar pajak, jadi hanya melaporkan. Mohon penjelasannya. Terima kasih

    Reply
  8. Dedy

    Thanks Pak Caca. Sangat membantu. Btw saya ada beberapa aset yang masih berhutang dan tidak saya masukkan di daftar aset. Ternyata setelah konsultasi diminta dilakukan pembetulan spt. Mohon infonya bagaimana cara melakukan pembetulan spt ke-1 untuk SPT 2015 ini secara online. Terima kasih sebelumnya.

    Reply
  9. DEWI SETIAWATI

    bagaimana caranya saya ingin buka file arsip spt 2015 dan ingin print. juga ingin print tanda terima spt 2015

    Reply
  10. DEWI SETIAWATI

    SAYA MAU BUKA DAN PRINT ULANG TANDA TERIMA SPT 2015 DAN INGIN PRINT SPT 2015 KARENA FILE HILANG. CARANYA BAGAIMANA? KRN SUDAH COBA PRINT VIA DJPONLINE TAPI BELUM BISA.
    THANKS,
    DEWI

    Reply
  11. Agus Sudarsana

    Pa Caca,

    Mohon penjelasan bagaimana cara Perbaikan pada SPT 1770S.

    Terimakasih
    Agus Sudarsana

    Reply
  12. Yusuf

    Kalau saya mau lihat spt 2015 yg saya setor lewat efisien bgm caranya? Tks

    Reply
  13. Aldi

    Mohon tanya pak. Pada bagian mana salah isi sehingga tertulis kurang bayar

    Reply
  14. mey linda

    pak, hasil SPT saya tidak tertera, ternyata saya sudah isi semuanya, gimana toh pak?

    Reply
  15. susy

    Pak, saya sudah mencoba efilling sejak awal april tapi hingga saat ini belum berhasil terkirim. Curcor selalu “processing” setelah tahapan 4. Pernah saya tunggu 24 jam lebih tetap tidak berhasil. Internet connection di rumah sangat stabil. Agak frustasi ternyata melakukan pengisian model ini. Ada saran?

    Salam,

    Reply
  16. musrawati

    salam pak…saya mau tanya pak ..saya pns gaji penghasilan >60… pada form terdapat bukti potong, dan tanggal pemotong.. yg jadi masalah pns telah dipotong pph 21 tiap bulan..apa yang harus diisi pak..

    Reply
  17. Sukardi

    Sudah beberapa kali mengirim data pajak melalui online, selalu muncul tampilan : Request Token Tidak Berhasil, silahkan ulangi kembali.
    Mohon bantuannya serta solusinya pak harus bagaiman?..

    Reply
  18. Fahrudin

    Mau tanya pa.
    Klo masukin data SPT formulir 1721 A1 gimna sedangkan pas mau masukin data yg ada formulir 1770 s? Apakah itu sama aja?
    Sama mau tanya lgi. Apakah bisa data yg di npwp bisa di edi5e9d6z4at lagi atau ada pergantian pekerjaannya? Gmna yah? Mohon bantuannya.

    Reply
  19. Fahrudin

    Mau tanya pa.
    Klo masukin data SPT formulir 1721 A1 gimna sedangkan pas mau masukin data yg ada formulir 1770 s? Apakah itu sama aja?
    Sama mau tanya lgi. Apakah bisa data yg di npwp bisa di edit lagi atau ada pergantian pekerjaannya? Gmna yah? Mohon bantuannya.

    Reply
  20. Endah

    Mau tanya, untuk tanggal sekarang ini apakah masih bisa melakukan pelaporan secara e-filling? Hari saya coba klik efilling (pada 2 tempat yang sudah ditunjukkan) tidak mau pindah ke page selanjutnya.
    Apakah memang sudah tidak bisa pakai efilling dan harus lapor manual?

    Terimakasih.

    Reply
  21. Tri

    Tks atas ilmunya.
    Maaf mau tanya Pak. Saya sudah sampai langkah mau isi formulir (baru langkah 1).
    Waktu saya sampai di sini :
    Anda Dapat Mengunakan formulir 1770 S, pilihlah form yang akan digunakan

    Dengan bentuk formulir
    Dengan panduan
    Dengan upload SPT

    nah, saya klik “Dengan bentuk formulir”
    Kog formulirnya nggak ada ya ? di situ malah tampil “maaf laman yang Anda cari tidak tersedia”

    Bagaimana mengatasinya ? Tks sebelumnya

    Reply
  22. Teddy Kusmayadi

    ketika mengisi spt 1770 ss ko yang muncul perintah mengirim file …csv, bagaimana caranya pa?

    Reply
  23. syamsudin

    saya klik setuju/agree kemudian muncul eror sudah dicoba bekali-kali mohon solusinya.

    Reply
  24. Sulistyo

    Pa Caca, mau tanya, saya sudah melakukan pengisian dengan lengkap sampai tahap 4, namun sampai di bagian D ternyata saya dinyatakan Lebih Bayar dan tidak bisa ke proses selanjutnya. Saya pegawai swasta bekerja dengan penghasilan >60 jt dan istri saya jg bekerja di BUMN dg penghasilan >60 jt dan SPTnya di masukkan ke SPT saya. Saya juga ada penghasilan royalty dg bukti pemotongan dari penerbit saya. Saya semua data sudah saya masukkan kedalam form yg tersedia, termasuk dg pemasukan bukti pemotongannya. Namun masih spt itu dan ini sudah berkali-kali, apalagi yg sdh diisi tdk bisa disimpan utk diedit kemudian.
    Sebenarnya dimana letak kesalahan pengisiannya?
    Terimakasih pak.

    Reply
    1. Caca Sugiarto Post author

      halo pak sulistyo. SPT Lebih bayar harus disampaikan ke KPP terdaftar pak untuk diproses pengembaliannya.

      Bapak bisa menyampaikan SPT dengan menggunakan CSV ESPT atau manual (isi form kertas).

      efiling formulir dan panduan yang ada di artikel ini hanya bisa memproses SPT Kurang bayar dan nihil. terima kasih

      Reply
  25. imam

    maaf bagaimana kalo terjadi kealahan dalam pengisian tapi udah di kirim, apakah bisa di perbaiki lagi?

    Reply
  26. suriono p

    Saya mau tanya pak saya udah mengisi sampai form 4 tiba tiba eror nunggu 1 jam kembali normal waktu saya buka data yang saya isi kosong jadi ulang lagi baru sampai form eror lagi nunggu 1 jam normal lagi buka kembali data kosong padahal udah klik simpan macam mana ya pak supaya tidak ulang ngisi data lagi caranya maohon penjelasan terima kasih

    Reply
  27. Edison

    Bagaimana cara menukar email yang sudah terdaftar di efilling 2014 karens saya sudah tidak bekerja lagi di perusahaan tersebut semenjak pertengahan 2015

    Reply
  28. jorry

    tanya pak, kalau isi spt 2015 ada kekurangan bayar, maka bayar dulu pake eBilling baru bisa kirim SPT tahun 2015 1770 s, atau isi SPT dulu baru kekurangan nya di bayar pake eBilling ?

    Reply
  29. dalizame zebua

    Saya mau tanya pak,
    Jumlah penghasilan bruto saya itu Rp. 58.092.462. Formulir yg saya isi adalah 1770 SS,
    Ketika saya mengisi bagian B. Tentang penghasilah yang dikenakan PPh final. Saya mengisi kolom dasar pengenaan pajak Rp.42.444.400, selanjutnya ketika saya ingin mengisi kolom berikutnya, saya di peringati untuk mengisi formulir spt 1770 S. Saya bingung, padahal pendapatan saya kurang dari Rp.60 jt ? Mohon solusinya.

    Reply
  30. syahrul

    Terima kasih tutorialnya mas Caca, malam ini saya tuntas mengisi SPT sebagai PNS. Sebelumnya saya bingung dan salah dalam mengisinya.

    Reply
  31. Bryan

    kalau tahun sebelumnya laporan pajaknya manual apa datanya masuk di daftar SPT yang di e-filling ?

    Reply
  32. Ava Soraya

    Maaf mau tanya, apakah membuat laporan harus sekali jalan sampai selesai? Apakah ada opsi utk nge-save dulu dan dilanjutkan lain kali? Saya tadi tidak sengaja menutup window dan ketika log in lagi semua data yang sudah dienter jadi hilang dan harus ulang dari awal 🙁

    Reply
  33. yunia

    maw tanya, saat pengisian spt e filling penghasilan kurang dr 60 jt yg sehrusnya mnggunakan 1770 ss tp yang digunakan spt 1770 s untuk yg lbh dr 60 jt dan hmpir dikirim, setelah itu proses diulangi kmbali mengisi efilling 1770ss dg login kmbali tp stlh login kmbali tdk bisa buat spt lg,,,mohon solusinya

    Reply
  34. aldino

    slmt sore
    mohon maaf pak admin, saya mau menanyakan masalah edit data yg ada kesalahan di e-filling bgmn caranya??pdhl saya sudah mengirim SPT nya…
    trmksh

    Reply
  35. Satrio

    Pak, kenapa kode keamanan saat login tidak muncul gambarnya? terima kasih

    Reply
  36. ambar

    mohon bantuannya pada saat submit data mengisi bukti potong dari kantor
    hasilnya kenapa tidak bias nol / nihil ya,,,,,,,,,,

    Reply
  37. Kurniawan

    mohon bimbingannya pak,

    Tuan Sigit merupakan WP baru, status K/0, mempunyai penghasilan 1 tahun 37.500.000 yang masuk kategori penghasilan lain. harta akhir thn 2015 :
    uang tunai : 2.000.000
    modal pada cv “x” 15.000.000.
    kemarin dicoba untuk melaporkan SPT OP nya dengan efiling. Pilihan yang dilakukan dengan SPT 1770 S, ternyata saat pilihan AGREE/SETUJU dinyatakan tidak lengkap yang dikatakan kemungkinan dalam infonya :
    SPT Tahunan Anda Tidak Lengkap, hal tersebut dapat disebabkan jika:
    Status SPT Anda adalah Kurang Bayar sementara NTPN yang Anda isikan tidak lengkap/tidak benar, dan/atau
    Anda tidak mengisi data bukti pemotongan dari pemberi kerja, dan/atau
    Kolom Kode Harta pada tabel Daftar Harta tidak sesuai, dan/atau
    Kolom Kode Utang pada tabel Daftar Utang tidak sesuai.
    SPT ini akan disimpan sebagai DRAFT. Untuk dapat mengirim SPT, Anda harus melengkapi terlebih dahulu.
    padahal faktanya :
    1. kolom kode harta dan hutang sudah sesuai
    2. data bukti pemotongan tidak diisi karena memang tidak bukti potong
    3. status SPT Nihil ,
    kemudian saat dicoba diulang dengan memilih form 1770 ss tidak bisa dengan peringatan ” kode pembetulan sudah digunakan untu jenis formulir spt yang lain.

    gimana ini pak solusinya.

    salam

    Reply
  38. Hendry

    pada saat tahap terakhir setelah mengisi kode verifikasi yang dikirimkan lewat email, pada saat akan mengklik mengirimkan spt keluar pesan ” spt tahun lalu belum ada” kira2 apa yang harus dilakukan untuk mengatasi ini? terima kasih

    Reply
  39. sinta

    bendahara kami salah menaruh besaran ptkp karena tahun 2015 masih pakai ptkp 2014 sehingga semua karyawan terjadi lebih bayar…bagaimana solusinya apakah akan di hitungkan pph 21 di 2016?

    Reply
  40. Alma Yulianti

    Mba Caca,trims sebelumnya…sangat membantu
    Ada yg mau saya tanyakan. Klau di formulir pajak(manual) selain lampiran 1 dan 2, jika kita PH atau MT ada lampiran lain.
    Dan biasanya orang Pajak ga mau trima klo ga diisi. Utk DJP online ini, ga perlu input yaa? Soalnya udah klik2 langkah selanjutnya, tiba2 udah proses kirim dan…selesaiiii
    Dan ketika dilihat, bagian lampiran lain kosong. Gpp ya mba ya?

    Reply
  41. Deden

    1. Mau tanya, saya PNS sudah isi formulir (berpenghasilan lebih dari 60 jt) dan sudah selesai sampai langkah ke-4 FORM INDUK dan sudah nihil, begitu saat di “Pernyataan” dan klik setuju utk menuju langkah ke-5. terjadi error dan ringkasannya kosong. Mohon penjelasannya, terima kasih
    2. Mohon penjelasan pada langkah ke-4 (Form Induk) pada rincian F.18, apa yang harus dipilih dan diisi? trims

    Reply
  42. Mira

    mohon maaf ada yang mau saya tanyakan, saya berpenghasilan dibawah 60 Jt dlm setahun. yang mau saya tanyakan saat pengisian SPT 1770SS di E-Fin, dalam kolom pengurangan di petunjuk e-Fin diisi dari bukti pemotongan PPh 1721-A1 angka 22, 1721-A2 angka 19. dalam formulir SPT 1721-A2 untuk angka 19 itu PPh pasal 21 yang telah dipotong. yang saya ketahui bukannya pengurang itu total jumlah biaya2 (Jumlah pengurangan) yang ada di angka 13? mohon petunjuknya pak.

    terimakasih

    Reply
    1. Caca Sugiarto Post author

      iya mbak Mira. Pengurangan adalah yang nomor 13, baik di A1 maupun A2

      ada juga yang nomor 14 tergantung bentuk A1/a2nya

      Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *