Efiling SPT 1770 OP Usahawan atau Pekerjaan Bebas di DJP Online 2017

Jika anda adalah seorang usahwan atau melakukan pekerjaan bebas seperti notaris, dokter, dan akuntan, atau pekerjaan lain yang mengharuskan anda mengirim SPT 1770 maka anda berada di tempat yang tepat.

SPT Usahawan dan Pekerjaan Bebas

Ijinkan saya bercerita sebentar. Jujur, Efiling memang keren. Anda tidak perlu antri di KPP untuk melporkan pajak. Baik SPT masa maupun tahunan.

Tutorial ini saya update di tahun 2017. Tahun ini, sebelum mengirim SPT 1770 secara online, Anda harus menginstal ESPT 1770 OP terlebih dahulu. Sayangnya, saya cukup kesulitan menemukan E SPT 1770 OP, ada websitenya di alamat berikut : http://www.pajak.go.id/content/aplikasi/16426/e-spt-tahunan-pph-1770-dan-1770s-sesuai-19pj2014

Silahkan download di situ. Jujur, jika anda agak gaptek seperti saya, sebaiknya datang ke kantor pelayanan pajak. Minta file ESPT 1770 Op terbaru. Kalau perlu bawa laptop dan instal di situ dengan meminta bantuan petugas pajak. Menurut pengalaman saya, mereka sangat ramah dan baik hati.

Pastikan anda sudah menginstal ESPT 1770, mengisinya dengan benar dan membuat CSV. CSV adalah file yang akan kita upload ke DJP online menggunakan fasilitas efiling. File CSV tidak boleh dibuka dan direname, sekali dibuka file ini akan rusak. Apabila direname file ini akan gagal upload. Itu semua terjadi karena ada fitur encrypt di dalam file csv tadi.

ESPT 1770 Tidak bisa membuat CSV lebih dari 1 kali

Sampai artikel ini dibuat (3 Januari 2017) E SPT 1770 hanya bisa membuat CSV satu kali. Setelah itu anda tidak bisa membuat CSV lagi, kecuali minta bantuan petugas pajak, itupun cukup rumit karena harus edit flag di databasenya. Cukup rumit.

Alternatifnya, jika anda salah mengisi SPT dan terlanjur membuat CSV atau CSV anda rusak, silahkan hapus SPT Anda dan isi kembali. Jadi pastikan SPT anda terisi dengan benar.

Efiling Pajak SPT 1770 OP

Hal yang harus anda siapkan sebelum efiling adalah :

  • csv laporan anda
  • Jika ada, siapkan file PDF yang diperlukan, seperti : Surat Setoran Pajak atau Surat Setoran Elektronik untuk SPT kurang Bayar. Maksimal 1 pdf, nama file harus sama dengan nama csv, disarankan berukuran kecil

Jika semuanya sudah siap silahkan lakukan langkah berikut.

Buka browser anda dan buka djponline.pajak.go.id Masukkan NPWP dan Password. NPWP ditulis hanya angka saja, tanpa tanda baca.

Login-DJP-Online-2016

Jika belum memiliki akun dan password DJP online, silahkan mendaftar terlebih dulu. Bisa langsung ke djponline.pajak.go.id/registrasi atau baca tutorial dulu di Cara Registrasi DJP Online untuk Efiling dan Ebiling

Klik salah satu tulisan efiling. Kadang tulisan efiling yang hijau ada di sebelah kanan, kadang juga ada di sebelah kiri

Efiling Pajak Online

Klik tulisan buat SPT. Klik salah satu saja.

buat SPT efiling Pajak

Ads By Google

Jawab Pertanyaan yang ada, misalnya : Apakah menjalankan usaha atau pekerjaan bebas, pilih ya. Lalu klik Upload SPT

Upload SPT 1770 Efiling

Klik Browse file CSV, lalu pilih file CSV yang anda siapkan tadi. Jika ada file pdf, klik browse file pdf lalu arahkan (pilih) file pdf yang anda siapkan. Baca baik-baik petunjuk yang ada di kotak orange. Selanjutnya klik start upload.

Upload SPT 1770 pilih file

Silahkan klik tulisan di sini lalu pilih email. Tahun ini DJPonline belum support mengirim kode verifikasi melalui nomor HP.

Kirim SPT 1770 OP

Buka email anda di tab atau window baru, catat atau copy/salin  kode verifikasi yang anda terima

email kode verifikasi E filing 1770 S

Kembali ke DJP onine tadi, masukkan kode verifikasi

Masukkan kode verifikasi

Jika berhasil, anda akan otomatis dibawa ke daftar SPT

Daftar SPT 1770

Anda juga bisa mencetak tanda terima yang kirimkan ke email

BPE tanda terima cetak spt 1770 op

Terima kasih telah melaporkan SPT 1770 anda melalui efiling pajak DJP Online.

Selanjutnya anda bisa melakukan hal berikut :

Cara Efiling Pajak SPT 1770 SS Efiling Pajak 1770 S (60 juta atau Lebih)

Efiling Pajak 1770 OP Usahawan dan Pekerjaan Bebas Cara Mendaftar DJP Online

Saya butuh waktu 8 jam untuk membuat tutorial ini. Anda hanya perlu waktu 8 detik untuk membagikannya ke facebook, twitter, atau whatsapp. Yuk share artikel ini agar yang lain juga tahu, mari berbagi.

Ads By Google
Oleh :

Bermanfaat kan? Yuk Share ke :
Facebook Tweet


36 Komentar Pada “Efiling SPT 1770 OP Usahawan atau Pekerjaan Bebas di DJP Online 2017

  1. sari

    Saya bingung kenapa file csv espt 1770 tahun 2014 saya tidak bisa diupload ke djponline?
    Ketika dibuka dengan excel bentuknya
    ‹`Ÿú:@ÐÒôûÚlíúœ©÷sdLW\ ìZâæ<ØyÂŽ.)P)û#ml\7iÜÂ$ÄD^Yº9ÔËNkB‰ø—j6n#Ò8o³jA/mŒó9ü¡6eJÎ¶è ž±&Éx”S”Kæ¸CuÕžÇ~ú0«.¦/.
    Apa yang salah ya?

    Reply
    1. Caca Sugiarto Post author

      Halo mbak Sari. CSV E SPT tidak boleh dibuka mbak. Sekali dibuka dia langsung rusak, csv hanya untuk di upload atau dilaporkan ke KPP. Silahkan membuat csv lagi

      silahkan buat lagi CSV, jangan dibuka dan jangan direname. Langsung uplod saja ya, thank you

      Reply
  2. anis

    Selain datang ke kantor pajak, dimana bisa mendapatkan file SPT 1770 format .csv untuk diisi. Link yang terlampir tidak dapat dibuka.

    Reply
      1. Corina

        Selamat sore, saya mau tanya apa semua yg ada di link itu harus di download? koq banyak sekali?

        Reply
        1. Caca Sugiarto Post author

          iya di download dan digabungin pakai hj split mbak

          Reply
      2. Dessy Indah Nathalia

        Saya sudah instal, sudah path, tapi username administrator password kosong.

        Bingung karena ga bisa diubah username-nya.

        Terima kasih

        Reply
  3. Septria Khikmah

    Saya mau nanya pak,
    Saat saya hendak klik start upload, ada pesan error “SPT jenis ini belum dapat dilayani untuk Wajib Pajak Orang Pribadi”.
    fyi Saya sudah menggunakan patch terbaru versi 1.3.
    mohon bantuannya

    Terima Kasih

    Reply
    1. Caca Sugiarto Post author

      Itu jenis SPT apa ya mbak Septria

      1. pastikan csv tidak dibuka atau direname
      2. Yang bisa hanya SPT 1770 usahawan atau pekerjaan bebas, 4(2), dan 21 . Pastikan jenis SPT itu
      3. Mungkin efiling sedang lelah, Silahkan dicoba lagiya mbak, semoga membantu

      Reply
  4. Anto

    Selamat siang,
    Mohon bantuannya mba Caca, saya sudah mengikuti cara pelaporan seperti yang ada diatas, namun pada saat proses input kode verifikasi muncul pesan ” INFO proses update SPT dan token gagal “, tapi setelah saya cek di email ternyata ada Bukti Penerimaan Elaktronik (BPE), sampai saat ini saya belum menanyakan ke AR tentang hal itu, untuk itu apakah saya sudah bisa dikategorikan “sudah” melaporkan apa “belum” ? oh ya untuk laporan SPT Tahunan badan 1771 di bidang Jasa Konstruksi dan Pengadaan Barang dan SPTTahunan OP 1770 (direktur), perusahaan kami berbentuk CV,
    Terima kasih atas perhatiannya

    Reply
    1. Caca Sugiarto Post author

      1. cek dulu BPEnya mas. apakah benar tahun pajak 2015 dan tahun lapornya 2016
      2. sangat kami sarankan bertanya ke KPP mas Anto. tidak harus ke AR (di bulan maret biasanya sibuk menjadi peneliti SPT tahunan), bisa ke Helpdesk atau TPT (pelayanan) untuk di cek apakah sudah masuk atau belum laporannya

      terima kasih

      Reply
  5. Rusdi

    Selamat pagi saudara/i caca sugiarto,

    Saya mau tanyakan soal WP OP yg SPT tahunannya menggunakan pembukuan , yg diatas kan saudara/i caca tuliskan “Jika ada, siapkan file PDF yang diperlukan, seperti : Surat Setoran Pajak atau Surat Setoran Elektronik untuk SPT kurang Bayar. Maksimal 1 pdf, nama file harus sama dengan nama csv, disarankan berukuran kecil” nah kalau WP OP nya memakai neraca dan L/R nya dilampirkan nya seperti apa ya ??? soalnya saya masih bingung

    Mohon pencerahan nya , terima kasih 🙂

    Reply
  6. Dicky

    Ketika masuk program e-spt Ada passwordnya Dan username .

    Disini username punya sudah tertera administrator Dan passwordnya apa?

    Reply
  7. Yapdi Ron

    Selamat siang bu,
    Saya bekerja pada usaha orang tua saya. Apakah bisa saya memakai SPT 1770S saja? Tetapi saya tidak mempunyai slip gaji, karena usaha nya kecil2an. Jika saya datang ke kantor Pajak, selalu di haruskan memakai 1770 saja karena tidak ada slip gaji, karena dianggap pekerjaan bebas.
    Lalu untuk lampiran berupa file PDF, apakah harus memasukan gambar dokumen bukti kepemilikan tanah/bangunan, kendaran bermotor, deposito, dan lain sebagainya? Bukankah sulit menggabungkan semua menjadi hanya 1 file PDF?
    Terima kasih sebelumnya, Bu…

    Reply
  8. ade koestomo

    Apakah aplikasinya hanya bisa utk komputer windows atau bisa utk sistem iOS Apple? thanks

    Reply
  9. Yustri

    Hi Mb Caca, saya bingung harus pilih SPT yang mana. karna posisi saya sekarang sudah tidak bekerja dan tidak tinggal di Indonesia lagi sejak tahun 2013. apa saya masih harus lapor pajak? Jika Iya, Pakai SPT no berapa ya? Petugas pajak menyarankan saya untuk mengisi form SPT 1770 SS sedangkan utk saat ini saya sudah tidak berpenghasilan lagi di Indonesia. Mohon bantuannya

    Terimakasih

    Reply
  10. Dean Raffi

    selamat siang mas..

    mohon dibantu saya sudah tiga kali bolak-balik ke KPP untuk lapor SPT 1771 Badan, tetapi permasalahnnya tetap : CSV di flasdisk tidak bisa dibaca..padahal saya sudah ganti flashdisk dan buat baru CSV.
    kira2 apanya ya..

    Reply
  11. Ganif Wijayana

    Mohon penjelasan tentang lampiran .pdf apakah beberapa file lampiran seperti surat pemberitahuan penggunaan norma, Daftar penghasilan bruto dalam satu file pdf yang direname sama dengan file csv baru bisa diupload? Terima kasih

    Reply
  12. Roy matius

    Selamat Sore,
    saya ingin menanyakan tentang upload eSPT
    setelah saya mengisi kode verifikasi di kolom kode verifikasi lalu click ‘kirim spt’ keterangan yang keluar “NOTA : Lengkap”
    tapi saya tidak menerima BPE di email saya, masalahnya di mana ya? saya bingung

    Terima Kasih Responnya 🙂

    Reply
  13. MIKAEL

    Mas terima kasih sekali ini artikel yg sangat membantu.
    Krn banyak orang mengira utk e-filing cuma bisa untuk 1770S dan 1770SS.
    Ternyata 1770 bisa jg.
    By the way saya sudah install program nya dan patch satu per satu dari 1.1, 1.2, 1.3 .
    Semuanya berhasil, namun ketika dijalankan tidak ada pilihan utk membuat CSV.
    Ketika saya pilih Menu->Koneksi database, kita bisa memilih file database mana yg harus dipilih (extension nya *.accdb).
    Tapi sesudah saya pilih satu file dgn extension tersebut dari folder “Database”, yg terjadi adalah muncul error bahwa ” The ‘Microsoft.ACE.OLEDB.12.0’ provider is not registered on the local machine” .

    Kira2 bagaimana ya?
    trims

    Reply
  14. Etna

    Terima kasih infonya sangat berharga, saya harus mengisi Formulir 1770 status Kurang bayar, ada beberapa pertanyaan:
    1. Yang dibuat file PDF apa saja: SSP kurang bayar yang dibuat sendiri atau Bukti Penerimaan Negara SSP (dari bank)
    2. Apakah lampiran Bukti pemotongan pajak oleh pemberi kerja pph Ps 21, dan penghasilan lain juga harus di PDF kan
    3. Apakah Daftar penghasilan dan pembayaran PPH ps 25, dan Pernyataan penggunaan Norma penghitungan juga harus di PDF
    4. Status kewajiban pajak suami istri MT, suami wiraswasta sudah mengisi status nihil. Apakah pada perhitungan PTKP 36 juta atau 72 juta?

    Terima kasih.
    Mohon maaf banyak pertanyaan

    Reply
  15. Nita

    Maaf sebelumnya saya mau nanya saat saya upload file csv kenapa ada catatan “Maaf anda belum boleh submit, tanggal spt di csv harus diisi” itu maksudnya gimana ya? Padahal saya sudah mengisi semua yg ada di spt, terimakasih

    Reply
  16. Herman

    Selamat Siang, tolong tanya, kalau usaha pribadi yang memakai PPH Final 1% untuk laporan SPT Tahunannya harus download aplikasi yang mana ya? Terima kasih Pencerahannya

    Reply
  17. Shidiq

    Sore mbak Caca.
    Artikelnya sangat menarik.
    Tp saya masih bingung ni ttg pengisian kolom2 di e-spt yang berkaitan dengan nilai2 rupiah yg harus dicantumkan. Misalnya kolom Penghasilan Usaha di lampiran I bagian B, apakah harus dihitung terlebih dahulu nilai dasar pengenaan pajaknya? atau lgsg isi dg nilai yg belum dihitung persenan pajaknya? Apakah aplikasi akan menghitungnya secara otomatis? Mohon diberi petunjuk saya ya mb. Terima kasih

    Reply
  18. lina

    mbak saya mau file csv nya. sama mau download formulirnya yg mana yah?

    Reply
  19. Hanif

    Maaf mau tanya saya baru pertama kali mengisi Pajak Online Efilling 2016, waktu kita mau buat SPT kok disuruh mengupload File csv, saya tidak faham apa yg dimaksud dan bagaimana cara membuat file csv tersebut, mohon bantuannya terima kasih

    Reply
  20. hendor

    setelah diinstall, cuma ada menu connect to database. dicoba konek ke database yang ada di folder instalasi, eh malah nanya password administrator. gimana nih

    Reply
  21. lina

    Mbak kode verifikasinya bisa exp yach kl exp jafi mesti ulang lagi yach buat dapatin kodenya lagi

    Reply
  22. Triyuono

    Tidak apa2, file CSV yg telah dibuka. system hanya membaca = nama file yg telah dibuat csv (tdk perlu rename)

    Reply
  23. Sobrina

    Salam,
    lampiran e-spt 1770 bisa di print out nggak? gimana caranya?
    terimakasih..

    Reply
  24. doni imanuel

    kalau untuk pedagang toko listrik isiannya di formulir yg mana pak???

    Reply
  25. sunarto

    mau nanya bu saya awam tentang pajek ini mau isi efilling spt 1770 yg polos susah banget gmana caranya ya bu

    Reply
  26. terban

    bagaimana cara mencetak kembali rincian bukti pembayaran / e billing yang sudah di bayarkan. karena bukti kwitansi dari kantor pos hilang terbakar. jadi tidak punya arsip. bagaimana solusinya? apa bisa dicetak kembali

    Reply
  27. andi

    mohon pencerahan mas/mba.. ketika upload file pdf muncul pesan nama tidak sama dengan csv. padahal baru buat dan tidak dibuka atau diganti nama

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *