6 Jenis Buah Naga dan 50 Manfaat + Faktanya

Ternyata ada 6 jenis buah naga di Indonesia, Manfaatnya juga banyak sekali. Membaca artikel ini sampai selesai akan membuat anda makin menyukai buah dari pohon kaktus ini.

Tiap warna buah punya manfaat khusus. Padahal yang ada di penjual jus biasanya cuma jenis yang merah dan putih. Di sini saya akan mengajak anda mengenal semua jenis buah naga. Anda juga bisa belajar cara membudidayakan dan mengenal manfaatnya.

manfaat-buah-naga-merah-untuk-kesuburan 567890

Umumnya, orang mengklasifikasikan buah naga menjadi empat. Bahkan saya menemukan tesis dari UIN, juga mengkalsifikasikannya menjadi empat. Nah yang kelima itu hasil saya searching di google, yuk kita cek satu persatu
Berikut ini ada lima jenis buah naga yang dapat Anda nikmati kelezatannya. Check it!

1. Buah Naga Putih

Buah naga putih atau Hylocereus undatus sudah lazim lagi di masyarakat. Ini karena buah naga jenis ini mudah dibudidayakan baik dalam pot maupun kebun.

Buah Naga Putih

Sayangnya, berat buah masak berkisar antara 450-600 gam. Lebih kecil dibanding buah naga merah.

Rasanya juga tidak terlalu manis jika dibandingkan dengan buah naga lain, kandungan gulanya hanya 10-13% biks. Briks adalah satuan untuk mengukur gula dalam larutan.

2.Buah Naga Merah

Secara fisik hampir mirip dengan buah naga putih. Tapi,warna kulit buah naga jauh lebih merah pekat. Dagingnya berwarna merah marun. Tekstur daging buahnya lebih berair daripada buah naga putih. Buah jenis ini mempunyai nama ilmiah Hylocereus polyrhizus

Gambar dibawah ini membedakan antara buah naga merah dan putih

perbedaan buah naga merah dan putih

Kadar gulanya 13-15% briks sehingga rasanya lebih manis daripada buah naga putih. Harganya bisa sampai dua kali lipat. Saking manisnya, buah naga merah dijadikan olahan jus buah atau smoothie.

3. Buah Naga Super Merah

Nama ilmiahnya Hylocereus costaricensis. Mirip dengan buah naga merah, namun nama ilmiahnya berbeda, karena warnanya jauh lebih merah.

Buah naga Super Merah

Batangnya berwarna loreng saat tua, tingkat kemanisan 12-18 briks. Buah naga ini sedang banyak digemari petani karena dianggap paling laku. Rasanya manis dan tidak langu.

4. Buah Naga Kuning

Perbedaan pada buah naga yang satu ini sangat mencolok. Mulai dari warna kulitnya yang memang kuning cerah dan dagingnya yang berwarna putih. Kalau orang tak melihat bagian kulitnya, pasti menyangka ini buah naga putih.

buah naga kuning dan putih merah

Buah naga kuning atau dikenal sebagai Selenicereus megalanthus berukuran lebih kecil dibandingkan buah naga lainnya. Buah ini masih belum banyak yang membudidayakan sehingga tergolong buah langka. Kalau pun ada, di swalayan, harganya cukup mahal.

Rasanya lebih manis dibandingkan buah naga yang lain. Kandungan gulanya 15-18% briks.
Buah yang dijuluki yellow pittaya ini  mempunyai kandungan sakrosa dan fruktosa yang sangat tinggi. Saat Anda mengonsumsi buah ini, maka sensasi segar akan Anda rasakan

Ukuran buah naga kuning bisa dibilang lebih kecil dibandingkan dengan buah naga jenis lain, hanya segenggaman tangan, sekitar 80-100 gram.

Harga yang mahal dan ukuran yang kecil membuat buah ini kurang populer di indonesia.  Bibitnya juga agak susah di Indonesia.

5. Buah Naga Hitam

Buah naga hitam tergolong pendatang baru di dunia pertanian Indonesia.

buah naga hitam

Pertama kali dikembangkan di Indonesia yang dirintis oleh tokoh bernama Prof. Dr. Ir. AP Kusumaningrat. Kediri merupakan kota yang menjadi tempat budidaya buah naga hitam saat pertama kali masuk ke Indonesia.

Ads By Google

Sebenarnya, buah naga hitam merupakan hasil persilangan dari buah naga super red yang dipelihara dengan pemberian pupuk Black Natural atau pupuk hitam.
Pupuk tersebut terdiri dari komposisi, kotoran sapi, cengkeh limbah pabrik rokok, ampas jamu dan abu sekam. Adanya campuran tersebut membuat buah naga hitam mengandung banyak betakaroten sehingga warna daging buah nampak lebih pekat.

Secara fisik, bentuknya sama dengan buah naga pada umumnya. Kulit buah naga hitam tetap berwarna merah. Ciri khusus terletak pada sisiknya yang besar. Pohon buah naga hitam juga sama dengan pohon buah naga lainnya.

Bedanya ya hanya pada daging buahnya. Sebenarnya tidak berwarna hitam legam, tapi lebih ke warna merah sangat pekat sekali sehingga nampak mendekati hitam. Cara membudidayakannya pun sama dengan cara membudidayakan buah naga pada umumnya. Poin utamanya, terletak pada pupuk hitam yang digunakan. Pupuk inilah yang membuat buah naga hitam tercipta.

Buah Naga Orange

Buah ini masih satu keluarga dengan buah naga kuning.
Bedanya warna daging buahnya. Lihat gambar dibawah ini, warna daging buah naga orange adalah merah bukan putih seperti buah naga kuning.

Sayangnya buah naga orange masih langka baik di dalam negeri maupun luar negeri. Kebanyakan bibit yang dijual masih berupa biji bijian, bukan stek. Anda harus ekstra keras untuk mendapat bibit buah naga ini

50 ManfaatBuah Naga yang Mengagetkan Saya

Buah naga ini populer baik di dalam negeri dan luar negeri, Rasanya yang manis namun mengandung 3 kali lipat vitamin C daripada wortel, serta mengandung betakaroten yang baik untuk kesehatan mata seperti wortel, membuat buah ini makin digandrungi.

Oleh karena Jumlahnya banyak sekali, saya menulis khusus satu artikel untuk anda, silahkan baca ya: 50 Manfaat Buah Naga yang Mengagetkan Saya.

Manfaat Buah naga Hitam

1. Kaya Betakaroten untuk melawan kanker

Seperti yang telah Anda ketahui, bahwa warna pekat pada buah naga membuat kandungan betakarotennya tinggi. Betakaroten adalah senyawa organik yang termasuk dalam golongan terpenoid. Fungsinya, untuk menangkal bahaya radikal bebas. Buah naga hitam terkenal dengan kemampuannya melindungi sel dari mutan, seperti sel kanker dan tumor.

2. Kaya vitamin c

Orang yang memiliki penyakit jantung juga bisa diatasi dengan mengonsumsi buah naga hitam. Memang warnanya tidak seindah buah naga lainnya. Tapi, manfaatnya sama-sama kerennya. vitamin c buah ini cukup banyak, cocok untuk mengurangi resiko jantung koroner

 

Teknik Cara Menanam Buah Naga Cepat Berbuah

Menanam buah naga ternyata gampang gampang susah. Saya merangkum dari berbagai literatur, seperti melihat praktik petani buah naga, membaca jurnal penelitian, skripsi dan lain sebagainya. Nah karena bahasan ini sangat detail, saya membuat artikel khusus untuk anda yang ingin menanam buah naga sendiri. Yuk Baca : Cara Menanam Buah naga Cepat Berbuah dan Panjang Umur

8 Pengusaha Buah Naga Sukses Berbagi Pengalaman Untuk Anda

Tahukah anda, ada petani buah naga yang dulunya PNS sekarang sudah resign. Omsetnya sekarang sudah ratusan juta. Ia punya kebun buah naga yang sangat terintegrasi. Ada kebunnya, agrowisata, market, seminar dan training, bahkan online shop buah naga.

Lebih keren lagi, ada teman kita di Sumatera yang sukses mempunyai 5000 buah naga, padahal awalnya iseng menanam 3 buah naga saj.

Ada yang unik juga.  Ada Pak Haji yang punya kebun naga di atas rukonya. Wow, di atas ruko bukan tanah lho.

Ada yang membuat saya kagum. Berkat Internet, di Banyuwangi para petani sudah menggunakan cahaya buatan. Terobosan ini adalah hasil penelitian di Filipina yang dipublish di internet.

Nah yuk dengarkan cerita mereka satu per satu. Langsung saja ke TKP : 8 Pengusaha Buah Naga Bercerita kisah Sukses Mereka

Nah bagaimana menurutmu tentang buah naga,  Anda suka yang warna apa. Yuk sampaikan di komentar.
Selanjutnya silahkan membaca :

Lengkap dan urut: Menanam Buah Naga Dalam Pot  18 Hama Penyakit Buah Naga Menurut IPB

6 Jenis Buah Naga Indonesia  8 Pengusaha Buah Naga Sukses

Cara Cepat Budidaya Buah Naga di Kebun  50 Manfaat Buah Naga Merah

Apakah menurut anda artikel ini bagus? Jika iya, Anda hanya butuh waktu 1 menit untuk menshare ke facebook atau whatsapp dan teman anda akan tahu hal menarik ini

Ads By Google
Oleh :

Bermanfaat kan? Yuk Share ke :
Facebook Tweet


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *