35 Ide Bisnis Makanan Ringan Khas Indonesia Unik dan Ala Cafe

Bisnis makanan ringan tak ada matinya. Banyak yang dulunya berawal dari bisnis rumahan kini sudah sukses jadi pebisnis kaya. Buka saja tokopedia atau sophee, pilih kategori makanan. Anda akan menemukan fakta Wow seperti di bawah ini

makanan ringan tokopedia 201

Gambar ini saya ambil dari tokopedia, toko tersebut berhasil meraup omset 222 juta hanya dari jualan 1 produk makanan : Cireng. Belum produk lain.

Kenapa Berbisnis Makanan Ringan?

Itu baru yang online lho, bayangin yang offline dan dijual lewat alfamart, indomaret, swalayan, toko oleh – oleh dan mall.

Saya percaya, Bisnis makanan ringan bisa mengubah hidup banyak orang.

Ide Bisnis Makanan ringan

Oleh karena itu, saya menulis artikel lengkap dan mendalam ini. Di sini anda akan menemukan : Makanan ringan yang terbukti sukses dibisniskan dan beberapa profil pengusaha camilan, saya harap anda akan terinspirasi dan langsung mulai berbisnis, hari ini juga.

Saya juga akan bercerita tentang inovasi dan tips yang bisa anda praktekkan. Bersiaplah menjadi kaya.

Makanan ini tak bisa berhenti Anda makan kalau belum habis semua. Itulah makanan ringan. Teman nonton televisi, nonton di bioskop, atau menghabiskan waktu bersama keluarga dan sahabat.

Banyak orang membeli makanan ringan untuk berbagai kesempatan. Bagi yang jeli melihat fenomena ini, tentu akan mulai mempersiapkan diri untuk terjun ke bisnis makanan ringan. Karena ternyata semua makanan bisa dibisniskan.

Makanan Ringan Khas Indonesia

Ternyata makanan ringan khas indonesia sangat laris di pasaran lho. Ayo kita mulai dari cireng yang sudah terjual senilai 220 juta di tokopedia tadi.

1. Cireng Jawa Barat  yang sudah Terkenal Ke Mancanegara

Siapa yang tak kenal ketiga jajanan ini?  cireng yang dibentuk bulat melebar lalu digoreng adalah jajanan pinggir jalan yang enak sekaligus mengenyangkan. Sekarang sudah banyak  inovasi dari makanan ringan ini, baik produk maupun cara menjualnya.

cireng-makanan-ringan-murah-enak-rt56

Inovasi produk, misalnya: cireng pun ikut diberi isi seperti sosis, telur, beef, bakso, dan lain-lain.

Inovasi jualan, misalnya: seperti cerita saya di awal, menjual cireng senilai 200 juta rupiah dari tokopedia.

Tertarik bisnis makanan khas jawa barat ini, yuk kita dengarkan langsung nasehat dari owner cireng ateu yang terkenal di bandung.

2. Bakso Goreng Khas Malang

Basreng sekarang sudah diproduksi di mana-mana, baik yang pedas maupun tidak.

Makanan yang punya tekstur halus dan lunak di dalam namun renyah di luar ini  bisa disantap sebagai camilan atau dijadikan campuran mie ayam.

Oleh karena digoreng, cara pembuatan baksonya pun berbeda. Yuk lihat cara membuat bakso goreng di video ini.

 

3. Keripik Pisang Coklat Lampung

Makanan manis khas lampung yang dibalut coklat ini ternyata banyak peminatnya lho

shopee makanan ringan

Gambar ini saya ambil dari sophee, toko ini berhasil menjual 2.705 keripik pisang dalam sebulan, atau dengan kata lain ia beromset 35 juta sebulan hanya dengan jualan keripik pisang.
Bukankah ini peluang usaha yang wow?

Khusus keripik pisang lampung, yuk lihat liputan Net TV, ada cara masaknya lho.

4. Siomai Kering

Siomai sekarang ada yang kering lho, sama seperti bakso goreng. Hanya saja biasanya rasanya gurih, bukan pedas. Harga perbungkusnya sekitar Rp2000,-Siomay_Kering_bgfhjf

 

Makanan ini cocok untuk dijual di toko makanan ringan, angkringan, atau dikemas sebagus mungkin lalu dijual ke toko oleh-oleh. Siomai kering masih mempunyai peluang usaha yang sangat bagus karena belum banyak yang menjual.

5. Gurilem Asli Bandung

Kerupuk pedas panjang khas celilin cihampelas bandung ini namanya memang cukup aneh bagi kita wisatawan. Kata gurilem dikabarkan berasal dari gurih dan pelem.

Gurilem Pedas gr567

Jumlahnya masih terbatas namun rasanya sudah terkenal, bahkan pengusaha seperti maicih pun sudah membuatnya. Dulu untuk mendapatkan Gurilem anda harus ke kabutan bandung bagian barat, sekarang anda bisa menemukannya di berbagai tempat.

6. Kembang Goyang

kue kering manis berbentuk bunga ini adalah makanan khs betawi. Mengingat pamornya yang sudah lumayan dikenal, anda bisa menemukan kembang goyang di toko makanan ringan.

Cara membuatnya adalah digoreng di dalam cetakan lalu di goyang-goyang, seperti video ini :

7. Stick talas Pontianak

Makanan ringan khas pontianak ini adalah cemilan gurih yang berbentuk stik  panjang kecil dan tipis, seperti mie tapi sedikit lebih besar.

Stik Talas PonStik Talas Pontianak Tokopedia 45

Cara membuatnya adalah dengan mengambil talas pilihan asli pontianak, menggorengnya dan memberi bumbu.

Pembeda stick talas satu dan lainnya adalah kualitas talas dan bumbu. stik talas yang baik biasanya warnanya bening polos, tanpa noda hitam.

8. Tahu Bakso

Camilan satu ini harganya cukup lumayan.
Di kota aslinya, Semarang, harga per biji tahu bakso adalah Rp4.000,- s.d. Rp10.000.

tahu bakso tokopedia 2020

Meski cukup merogoh kocek, tahu bakso di sana sangat ramai dan menggiurkan pelaku bisnis di kota lain.
Harga seperti itu dan rasa yang enak membuat camilan lezat ini cocoknya untuk oleh-oleh dan makanan camilan saat berkumpul keluarga.

9. Kerupuk Seblak Khas Bandung, asli pedas dan segar

Siapa orang bandung yang tidak kenal seblak. Makanan pedas berkuah dan beraroma kencur ini membuat bandung makin hits dengan masakan uniknya.

seblak enak yuiu

Jika di kota lain kerupuk itu di goreng, di Bandung kerupuk itu direbus. Aneh ya? iya aneh,
aneh dan menguntungkan.

Saat saya ke mall di jogja, semisal di Lippo atau hartono mall, di foodcourtnya pasti kita menemukan penjual seblak yang punya satu ciri khas : Ramai dan antri.

Nah anda tertarik menjual seblak? jangan lewatkan peluang usaha yang sedang trending ini.

Bisnis Makanan Ringan Murah Meriah, Kenapa Tidak?

Tidak harus makanan khas, makanan yang biasa anda temui di tempat keramaian juga bisa menjadikan anda pengusaha sukses. Gorengan dan mi lidi misalnya, ada yang beromset ratusan juta dari 2 bisnis murah ini. Yuk kita bahas.

10. Gorengan : Bisa di Mall, Bisa omset ratusan juta

Siapa yang tak kenal dengan gorengan? Camilan sejuta umat ini selalu mudah di berbagai sudut kota. Baik kota besar maupun kota kecil.

Sandwich Gorengan unik dan enak

Seperti yang sering kita lihat, gerobak abang-abang gorengan selalu berisi deretan nampan plastik warna-warni. Dalam nampan-nampan itu tersedia tempe balut tepung, bakwan, tahu, ubi balut tepung, pisang molen, cireng, risol, comro, dan oncom balut tepung. Tidak lupa di sudut gerobak selalu tersimpan puluhan bahkan ratusan cabai rawit hijau sebagai teman makan gorengan.

Contoh sukses yang patut anda tiru adalah Riyadh Ramadhan, pebisnis muda yang memperoleh penghargaan entepreneur muda dari Kementerian Koperasi dan UMKM ini mengaku, kunci suksesnya dalah tepung rahasia.

usaha gorengan sukses

Saat diliput media, ia mengaku omsetnya lebih dari 100 juta perbulan.

Riyadh menawarkan usahanya dalam bentuk waralaba, ia mewajibkan gorengannya dijual di tempat yang bagus seperti mall atau lokasi strategis dengan bentuk mini kafe.

Biar tambah ngiler buat bisnis gorengannya, liputan Kontan mengenai riyadh bisa anda baca di link ini

Ingin tahu lebih lanjut tentang bisnis gorengan? Yuk baca :

Bisnis Gorengan Itu Asyik dan Beromset Jutaan

11. Keripik Pisang  Gurih: Ada yang beromset ratusan juta

Keripik pisang bisa dikatakan sebagai camilan yang selalu ada di setiap musim.

Keripik-Pisang-murah-enak-rt56

Keripik saat ini sudah banyak variasinya. Tidak hanya jadi makanan saat lebaran, di bandung dan malang keripik mini sudah menjadi oleh-oleh khas.  Bahkan ownernya sudah beromset ratusan juta rupiah.

Salah satu pemuda sukses di bidang jualan keripik adalah Gazan Azka Ghafara. Seperti dikutip republika, pemuda ini mengawali bisnisnya dengan modal 1 juta rupiah dan sekarang beromset ratusan juta : Hanya dari jualana keripik pisang.

Untuk tipsnya, yuk kita dengarkan langsung dari gazan :

12. Aneka tahu

Sumber makanan yang kaya akan protein ini sangat terkenal di Jawa Barat. Ia bisa disajikan dalam lauk pauk saat makan berat, maupun camilan saat santai. Umumnya, makanan ringan berupa tahu disajikan dengan cara digoreng.

Camilan berupa tahu yang sudah sangat dikenal masyarakat luas diantaranya gehu (tauge tahu), hot jeletot (merk usaha yang merupakan kependekan dari Haunted Of the Taste jeletot/pedas sehingga membuat mata melotot), tahu pong, tahu bulat, tahu gejrot, tahu Sumedang, tahu tek, kupat tahu, tahu sutra/tahu susu Lembang (olahan lain dari kedelai), dan keripik tahu.

Tahu sangat digemari masyarakat karena enak, gurih, murah, sehat, dan mudah didapat. Dan yang paling penting buat para pengusaha itu kenyataan kalau tahu sangat mudah diolah menjadi makanan apa saja.

 

13. Mie Lidi Pedas Khas Anak SD 90an

Makanan ekstra pedas yang merupakan cemilan kghas anak SD tahun 90an sampai awal 2000an ini kembali populer. Apalagi di era digital seperti sekarang, seorang penjual mie lidi dari jawa barat bisa menembus pasar nasional.

Makanan pedas yang berasal dari tepung terigu ini, selain gampang membuatnya juga gampang menjualnya. Saya menemukan jajanan ini di banyak tempat, mulai dari pusat makanan Rp2500, di kawasan perkantoran, sampai di mall, bahkan di tokopedia.

14. Keripik Singkong

Setelah hadirnya snack kripik singkong di supermarket, seperti Qtella, Caassava, dan Piatos yang jenis singkong, makanan keripik singkong mulai banyak dicari.

Ini adalah peluang usaha, kesempatan bagi anda yang ingin membuat usaha homemade murah meriah. Meskipun perusahaan seperti Qtella telah memproduksi secara masal, harga keripik singkong pengusaha kecil biasanya lebih murah dan lebih banyak. Rasanya juga tak jauh beda, yang beda hanya bungkusnya.

15. Kuaci

Ads By Google

Cemilan satu ini adalah teman setia para penonton TV, Penonton youtube, peminat drama korea, dan aktivitas lain yang tidak butuh banyak bergerak. Cocok juga untuk acara kumpul keluarga. Sudah siap anda menjual kuaci?

16. Makaroni Gurih

Dulu makaroni hanya digoreng dan dibungkus plastik polos. Sekarang, saking bertambahnya minat masyatrakat terhadap makanan gurih ini, sudah ada makarani bihun, makaroni basah, makarani kuah dan berbagai makaroi lainnya.

Makaroni Gurih 1730Di Bogor, ada toko makaroni seperti ini yang terkenal dengan citarasa pedasnya.

 

17. Kacang polong

Makanan hijau ini dulu hanya kita temukan saat lebaran, sekarang sudah banyak ditemukan di toko camilan.

rasanya yang gurih dan nikmat serta asin, membuat kacang ini menjadi saingan berat kuaci.

18. Tahu Kremes

Tahu gorengan memang banyak dijual, tapi tahu krispi ini beda. ia kremes kremes dan gurih. Bentuknya biasanya kecil dan tipis. Ia tidak terlalu mengandung minyak sehingga lebih disukai daripada gorengan

Tahu Kremes

19. Singkong Keju

Rasanya yang manis dan mengenyangkan membuat singkong keju terasa enak untuk dimakan bersama teman-teman. Warnanya yang fresh dan dilaburi keju membuat singkong ini naik kelas dan cocok untuk acara berkumpul anak muda serta orang kantoran.

Perhatikan detail pembuatannya biar laris ya.

20. Batagor

Mau kuah atau kering, batagor selalu nikmat disantap. Makanan khas Bandung yang diadaptasi dari masakan ala Tionghoa ini memang sudah lama menjadi jajanan yang akrab di lidah masyarakat kita. Dan dari bahan-bahan yang digunakan, seperti tahu dan ikan tenggiri atau telur, batagor masuk dalam kategori makanan cukup sehat.

Coba saja Anda menjual batagor, pasti langsung laku. Saking begitu akrabnya kita dengan batagor dan sambal kacangnya itu.

Aneka Makanan Ringan Unik Untuk bisnis

Disebut unik karena baru, Ada nilai tambah atau inovasi yang anda berikan. Contohnya jual oreo, jika biasanya anda menjual oreo dengan bungkus oreo, ada lho yang membuat oreo menjadi gorengan.

Siap terjun ke bisnis ini artinya anda siap terjun ke bisnis inovasi. Mana yang lebih cepat dan susah disaingi, dialah yang akan meraup untung paling banyak.

Jika tidak mampu berinovasi, dalam jangka pendek anda bisa mengakalinya dengan pindah lokasi atau strategi harga.

Dalam jangka panjang anda harus siap berinovasi, lagi dan lagi.

21. Gorengan Unik, Contohnya : Oreo Goreng

Iya masyarakat kita sudah bosan dengan gorengan yang itu – itu saja. Ini adalah peluang usaha.

Makanan enak di restoran aja bisa bosan lho apalagi gorengan yang itu itu.

Bisnis Gorengan Unik

contoh yang ada di masyaraat adalah: oreo goreng, nanas goreng, es krim ghoreng, dan pisang coklat goreng. Mau tahu lebih lengkap? yuk baca :
14 Gorengan Unik Siap dibisniskan

22. Makanan dengan Ukuran Mini

Martabak mini, pizza mini, onde-onde mini, molen mini, donat mini dan roti unyil adalah sederet makanan ringan yang dijual dalam ukuran kecil bin mini. Meski kecil, rasanya tak kalah enak dengan ukuran biasa. Dan harganya pun bisa jadi setara atau lebih mahal.

Pizza Mini MaPizza Mini Makanankanan

Keunikan dari makanan-makanan bentuk mini ini adalah hiasan atas/topping, bentuk kecil menggemaskan yang menyerupai ukuran normal, dan rasa yang enak.

Jika Anda tertarik untuk terjun ke bisnis makanan mini ini, pastikan Anda menemukan cita rasa yang pas dan bentuk yang menarik minat pembeli. Terkadang penjualnya juga memberikan nama tokonya dengan hal-hal yang terdengar unik.

23. Makanan dengan Sematan Nama Warna

Makanan yang mengusung nama-nama warna seperti red velvet, mi hitam, kue cubit green tea, green tea milk shake, black burger, rainbow cake, akhir-akhir ini menjadi tren. Dan terus berlanjut hingga tahun-tahun setelahnya. Hingga tahun ini.

Makanan warna rainbow cake

Terbilang masih cukup asyik mengusung tren ini di bisnis makanan ringan yang akan Anda rintis. Saran saya, mungkin Anda bisa mencoba berinovasi dengan warna-warna baru seperti yellow banana pepper pizza? Itu lho cabai kuning super pedas yang Anda mix ke dalam adonan pizza.

24. Camilan dengan isian atau pun topping keju mozarella

Fasilitas live video yang diberikan sejumlah media sosial seperti Facebook mendatangkan kreativitas tersendiri. Dari dunia masak, misalnya, para recipe creator sedang gencar menggunakan keju mozarella yang meleleh saat terkena panas ini. para netizen pun tak mau kalah mempraktekkan resep-resep yang terbilang cukup praktis nan mudah itu.

Camilan Mozzarela

Sementara, makanan dengan keju mozarella sudah lama akrab di tengah masyarakat kita. Saya rasa sejak kehadiran pizza di Tanah Air. Dan para pengusaha makanan juga berlomba-lomba membuat kreasi lain dari bahan keju ini.

Diantara makanan ringan berbahan mozarella itu adalah kebab goreng isi mozarella, mozarella sticks, cheese ball mozarella, risoles isi mozarella, sosis gulung mozarella, fussili udang mozarella, singkong keju mozarella, dan pizza keju sederhana.

25. Keripik Cakalang Asap Khas Jepang

Makanan khas jepang satu ini adalah ikan cakalang yang di panggang. Meski identik dengan jepang, ikan cakalang sudah banyak ditemui di minahasa.

Cakalang Asap

Di minahasa makanan ini disebut cakalang fufu. Masakan ini dibuat untuk lauk pauk seperti ikan lainnya.

Sekarang, di indonesia sudah ada lho yang membuat ikan cakalang ini menjadi keripik.  Anda Kapan?

26. Makanan dengan banyak rasa/varian dalam satu sajian

Contohnya martabak dengan 8 rasa berbeda dalam satu loyang. Anda bisa mulai berkreasi sendiri dengan membuat martabak juga atau mencari alternatif makanan lain dengan konsep ‘ramean’ ini.

Makanan ringan biasa disantap di luar jam makan utama. Dan seperti namanya, makanan ini bukan makanan berat sekelas nasi, mie, lontong dengan sayurnya dan segala rupa lauk pauk. Meski begitu, bagi masyarakat Indonesia, makanan ringan bisa berupa nasi goreng, mi goreng, atau bakso yang berbahan dasar daging.

Makanan Ringan Ala Cafe :  Modal sedikit, harga selangit.

27. Donat Stik

Satu tangkai tusuk sate diisi dengan jejeran donat berukuran sedang atau besar dan dihiasi dengan berbagai topping. Apakah Anda pernah melihatnya? Menarik, bukan? Bagaimana kalau ini jadi ide bisnis makanan ringan Anda yang terbaru. bukankah ini sebuah peluang usaha yang baru?

Kabar baiknya jenis makanan ini belum banyak di indonesia, yuk lihat cara bikinnya di luar negeri

28. Banana Chocolate Stick

Banana Chocolate Stick

Sama seperti donat stik, bedanya stiknya berisi potongan pisang ambon yang telah dilumuri cokelat. Jadi dari satu buah pisang Ambon bisa dibagi jadi dua atau tiga potong. Lalu, potongan itu digulingkan ke cokelat cair atau coklat meses

29. Smoothies

Makanan satu ini sudah pasti akan disukai semua kalangan lho. Selain segar dan unik, badan juga terasa lebih sehat jika mengkonsumsinya secara teratur. Anda bisa langsung cari resep smoothies enak di internet, seperti di bahas di wikipedia

30. Popsicle

Kalau di Indonesia ini sejenis es lilin, es loli pop beku atau es dengan tangkai es krim. Sebetulnya ini nama merk ice pop terkenal di Amerika. Namun, lama-kelamaan es ini sudah seperti nama jenis es pada umumnya.

Esnya bisa terbuat dari cokelat, buah-buahan asli, sirup, susu, bahkan biskuit. Coba intip cara membuatnya di sini yaa…

31. Es mentimun

Es hijau segar ini selain bisa membuat perut adem dan badan singset, ternyata bisa juga menurunkan tekanan darah. Cocok nih untuk Anda yang ingin menyasar pembeli dengan keluhan tekanan darah tinggi. Coba cek cara buatnya di sini

32. fish and chips

Fish and chips

Makanan ini sebenarnya hanya kentang goreng dan ikan. Hanya saja, krena bukan asli indonesia dan menggunakan bahasa inggris serta kita sering menemukannya di restoran, harga fish and chips lumayan merogoh kocek.

33. Onion Ring

Bawang bombay diberi tepung kemudia di goreng. jangan lupa bawang bombaynya diiris tipis-tipis. Nah dengan cara seperti ini jadilah bawang bombai anda menjadi onion ring yang cukup manis.

Onion Ring murah

Sajikan dengan wadah yang bagus disertai sambal saus yang nyam nyam. Anda sudah membuat makanan ala cafe dengan cukup murah.

34.  Roti Bakar Ala Cafe

Apa sih bedanya roti bakar di pinggir jalan dan di cafe?
Saya rasa bedanya adalah di tampilan. ROti bakar di cafe biasanya menggunakan warna jreng, toping yang manis, dan kemasan yang bagus, plus kursi, meja, dan dinding yang eyecatching untuk foto.

35. Singkong Thailand

Di Inonesia, agar harganya selangit singkong diberi keju. Keju terkesan mewah karena janrang ditemui di kampung – kampung.

Beda lagi di thailand, di sana singkong di rebus manis lalu di atasanya diberi santan yang agak mengental.

Lihat video cara membuat singkong thailand di atas.
Iya jangan kaget, topingnya memang santan.
Sajikan dengan wadah yang bagus dan anda akan menimati manis singkong + gurih santan dalam satu porsi singkong thailand.

7 Pebisnis Makanan Ringan Sukses Omset Jutaan

Di Bandung ada Nurul Famela, yang beromset 55 juta dari mie lidi geli. Inovasi dan kecerdasannya sungguh luar biasa.

Di Sidoarjo ada Ida Widyastuti, mantan pekerja pabrik di batam yang sukses membuka toko oleh – oleh di sidoarjo. Kecuali omset besar, beliau juga membawahi 50 UKM.

di Thailand ada pemuda yang berjualan keripik dan sudah di ekspor ke indonesia.

Nah Saya ingin berbagi kisah mereka, jatuh bangun, inovasi dan nilai sukses mereka. Yuk baca di : 7 Pengusaha Makanan Ringan Ini Sukses Omset Jutaan dari Nol

Tips Berbisnis Makanan Ringan

Terjun ke bisnis makanan ringan berarti anda siap bekerja keras, bekerja cepat, dan penuh inovasi.

Bisnis makanan ringan itu butuh modal sedikit, 10 juta bia, 1 juta bisa. Jadi sangat gampang untuk kompetitor baru masuk ke bisnis anda.

Hari ini mungkin omset anda 100 ribu, besok 500 ribu, besoknya lagi 2 juta. sebulan bisa 20 juta.

Tapi, 2 bulan lagi? Siapa yang bisa menjamin anda tetap beromset seperti sekaarang.

Oleh karena itu saya sudah merangkum 10 tips bisnis makanan ringan untuk anda yang siap bertahan di bisnis ini. Agar tulisan ini tidak kepanjangan, saya menaruhnya di artikel tersendiri, silahkan membaca : 10 Tips Berbisnis Makanan Ringan, Update Tahun ini

Yuk baca juga :

11 Contoh Bisnis Makanan Ringan Unik Yang Sudah Di Jalankan

Jika Artikel ini bermanfaat, Anda hanya butuh waktu 1 menit untuk membagikannya ke facebook, whatsapp, dsb. Berbagilah dan semoga Allah melancarkan bisnis Anda.

Ads By Google
Oleh :

Bermanfaat kan? Yuk Share ke :
Facebook Tweet


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *