50 Manfaat Buah Naga Merah Putih Kuning Untuk Kesehatan Anda

Anda ingin tahu manfaat buah naga bagi kesehatan dan kecantikan? Mau tahu kenapa buah naga sangat disarankan untuk ibu hamil? Saya akan jabarkan lengkap.

Iya buah kaktus yang diperkirakan asli meksiko ini mulai hits di indonesia setelah rasa manis dan manfaatnya mulai diketahui banyak orang.

Meski harga jus buah naga lebih mahal dari harga jus jeruk, buah ini makin hari makin jadi primadona.  Saya yakin, membaca artikel ini akan membuat selera buah anda berbeda.

Ternyata ada lho makanan manis, enak, dan bergizi tinggi. Yuk kita bahas

50 Manfaat Buah Naga

Meskipun kulitnya tebal dan berlapis dua, tapi daging buah naga sangat empuk dan kenyal. Tampilan buah naga ini sangat segar karena kadar airnya yang tinggi.

Di antara enam jenis buah naga, buah naga kuning dikenal memiliki rasa paling manis dan khasiat paling banyak tetapi harganya juga paling mahal. Buah yang paling sering kita temui di pasaran adalah buah naga merah dan putih, sedangkan buah yang sedang hits di kalangan pengusaha adalah buah naga super red dan buah naga hitam.

Infografis Khasiat Buah Naga

Infografis Ini mengandung kandungan utama dan manfaat utama buah naga. Melihatnya dengan seksama akan menghemat waktu anda dalam mengingat puluhan manfaat buah naga.

infografis manfaat buah naga

Kandungan Gizi Buah Naga

Ternyata, Buah Naga sangat kaya akan gizi. Pantas saja berbagai website di luar negeri sana sangat menganjurkan buah naga untuk dikonsumsi, terutama yang sedang diet.

Ternyata lagi, meskipun rasanya manis dan tidak asam, buah naga ini mempunyai kadar vitamin C tiga kali lipat dari wortel atau hampir setengah dari vitamin C jeruk plus mengandung zat besi,kalsium, dan fosfor yang sangat bagus untuk tulang.

Menurut Health With Food berikut ini adalah kandungan gizi setiap 100 gram buah naga yang akan kita bahas :

Kandungan Gizi Jumlah per 100 g % AKG Harian Komentar
air 87 g NA Kandungan airnya sangat tinggi
Protein 1.1 g 2,1%
Lemak 0,4 g NA Tidak mengandung lemak
Karbohidrat 11,0 g 3,4%
Serat 3 g 12% Kaya serat
Vitamin B1 (Tiamin) 0,04 mg 2,7%
Vitamin B2 (Riboflavin) 0,05 mg 2,9%
Vitamin B3 (Niacin) 0,16 mg 0,8%
Vitamin C (Ascorbic Acid) 20,5 mg NA setengah dari vitamin C jeruk
Kalsium (Ca) 8,5 mg 0,9% Bagus untuk tulang
Besi (Fe) 1,9 mg 10,6% Sumber Zat besi yang bagus
Fosfor (P) 22,5 mg 2,3% Bagus untuk tulang

Manfaat Buah Naga Untuk Kesehatan dan Kecantikan

Secara umum, buah naga mempunyai beberapa khasiat yang dapat menunjang kesehatan tubuh. Tidak memandang itu buah naga merah, putih atau kuning. Tidak sedikit orang yang membuktikan buah naga memang manjur untuk mengatasi masalah kesehatan.

Berikut ini beberapa manfaat dan khasiat buah naga yang akan kamu dapatkan bila rutin mengonsumsinya.

manfaat-buah-naga-merah5454321

1. Menyembuhkan Kanker

Penelitian ini dibuktikan oleh pasien penderita kanker yang ada di Tiongkok. Saat itu, sang dokter meminta pasien kankernya dengan berbagai stadium kanker untuk mengonsumsi buah naga dengan rutin. Sebanyak 200 orang pasien terlibat dalam penelitian tersebut.

Hasilnya, sangat menakjubkan. Lebih dari 35% pasien kanker dinyatakan lebih baik. Jumlah sel kanker yang ada dalam tubuh mereka berkurang.

Penelitian tersebut melibatkan kurang lebih 200 pasien penderita kanker dari berbagai stadium dan hasil yang diperoleh sangat mengembirakan, tak kurang dari 35% penderita kanker yang mengikuti penelitian tersebut mengalami penurunan jumlah sel-sel kanker di dalam tubuhnya.

2. Membuat Kulit Sehat

Vitamin C dan E yang terkandung dalam buah naga membuat kulit kamu menjadi lebih sehat dan segar. Jika kamu rutin mengonsumsi buah naga, kamu akan nampak awet muda. Selain itu, kulit wajah kamu lebih terlihat lembut dan segar.

manfaat-buah-naga-800x251

3. Menurunkan Kadar Kolesterol Berlebih

Kolesterol tinggi sering diderita mereka yang suka makan makanan berlemak dan berminyak. Tanpa disadari, kolesterol itu lambat laun menumpuk dan makin banyak. Dengan mengonsumsi buah naga, kadar kolesterol berlebih dalam tubuh dapat kamu atasi. Buah naga dipercaya mampu menurunkan kadar kolesterol.

4. Mencegah Penyakit Diabetes

Buah naga baik untuk dikonsumsi pasien penderita diabetes. Pasalnya, buah naga tidak mengandung glukosa meskipun rasanya sangat manis. Dengan mengonsumsi buah naga secara rutin, kadar gula dalam darah penderita diabetes akan menurun secara signifikan.

5. Penyakit Darah Tinggi Dapat Dicegah

Vitamin kompleks yang ada di dalam buah naga mampu mencegah penyakit darah tinggi. Syaratnya, penderitanya harus mengonsumsi secara rutin. Secara perlahan,buah naga akan menstabilkan tekanan darah penderita hipertensi ini.

6. Kesehatan Tubuh Lebih Terjaga

Antioksidan yang terkandung dalam buah naga dapat menangkal radikal bebas dan serangan berbagai macam penyakit. Jadi, meskipun kamu dalam kondisi sehat, tidak ada salahnya mengonsumsi buah naga agar terhindar dari penyakit.

7. Menjadikan Mata Lebih Sehat

Buah naga mengandung betakarotin. Betakarotin merupakan zat nutrisi yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan mata. Konsumsilah buah naga secara rutin, aga mata tetap jernih dan segar.

Manfaat-buah-naga dipotong 4r3

8. Jantung Menjadi Tetap Sehat

Jantung adalah nadi kehidupan yang paling vital. Jika jantung rusak, maka rusaklah seluruh organ tubuh kita. Oleh karena itu, sebaiknya konsumsi buah naga secara rutin. Buah naga ini mengandung vitamin C, B1, B2 dan B3 yang baik untuk jantung.

9. Mengurangi Berat Badan Berlebih

Ads By Google

Kamu sedang diet dan ingin mendapatkan berat badan ideal? Konsumsilah buah naga sebanyak mungkin. Kandungan nutrisi dalam buah naga sangat baik untuk mendukung program diet yang kamu jalankan.

10. Menjaga Kesehatan Tulang

Kalsium merupakan zat nutrisi yang sangat dibutuhkan oleh tulang. Kekurangan kalsium mengakibatkan tulang mudah rapuh dan patah. Namun, dengan mengonsumsi buah naga, segala masalah tulang dapat teratasi. Itulah sebabnya, buah naga sangat baik jika dikonsumsi orang lanjut usia dan anak-anak dalam masa pertumbuhan.

11. Mengatasi Gangguan Pernapasan

Asma, flu dan gangguan pernapasan lainnya tentu sangat mengganggu aktivitas sehari-hari. Buah naga memang bukan obat yang setara dengan obat untuk mengatasi gangguan pernapasan, namun mampu meringankan efeknya.

Dengan mengonsumsi buah naga, penyakit batuk, flu dan sebagainya dapat dikurangi  dampaknya. Vitamin C dalam buah naga dapat mencegah segala jenis penyakit sehingga kamu akan lebih tahan terhadap serangan penyakit gangguan pernapasan.

12. Menjadikan Awet Muda

Udara yang terkena polusi dan paparan sinar matahari langsung berpotensi mempercepat penuaan dini. Nah, buah naga mengandung antioksidan yang dapat menangkal semua itu sehingga kamu akan nampak awet muda.

13. Memperlancar Pencernaan

Buah naga banyak mengandung serat. Serat merupakan zat nutrisi yang dapat melancarkan pencernaan. Selain itu, serat juga dapat memperpanjang usia seseorang.

Hasil riset membuktikan bahwa jika seseorang mampu memenuhi kebutuhan serat dalam tubuh, ia memiliki perpanjangan usia 9 tahun lebih lama. Di samping itu, kesehatan usus dalam pencernaan juga akan lebih terjaga. Bagian penting proses pencernaan ini dapat terhindar dair berbagai penyakit berbahaya.

14. Mengandung Protein Tinggi

Tahukah kamu, protein memiliki manfaat yang tidak sedikit bagi kesehatan tubuh. Protein tinggi bisa kamu dapatkan dari buah naga meskipun secara alami, tubuh juga membentuk protein. Tapi, itu saja tidak cukup. Tubuh perlu asupan protein dari makanan atau buah seperti buah naga.

Protein memiliki banyak manfaat, diantaranya sebagai sumber energi, membentuk otot, energi bagi orang yang sedang diet, membantu proses tumbuh kembang anak-anak, dapat mendetokfikasi zat berbahaya yang masuk ke dalam tubuh dan masih banyak lagi manfaatnya.

15. Mengandung Vitamin B1 dan Thiamin

Kandungan vitamin B1 dan thiamin dalam buah naga terbilang melimpah. Saat sarapan pagi, setelah kamu mengonsumsi karbohidrat, ada baiknya menutup dengan buah naga atau jus buah naga. Vitamin B1 dan thiamin dalam buah naga akan mengubah karbohidrat menjadi energi yang mendukung kamu ketika bekerja.

Khasiat Buah naga Lainnya

16. Meningkatkan kekebalan Tubuh
17. Menyembuhkan Batuk dan Asma
18. Bagus untuk pembentukan otot
19. Menjaga Kesehatan gigi
20. Mengurangi Jerawat
21. Mencegah peradangan dengan Flavonoid
22. sumber Antioksidan yang bagus
23. Mmbantu pembentukan sel darah merah
24. mengurangsi rasa kram di kaki dan tangan
25. Bagus untuk kshatan usus
26. Meningkatkan nafsu makan
27. Mempercantik tampilan fisik
28. Menjaga stamina dan kshatan
29. Mengobati Sariawan
30. Membantu mengontrol kadar gula darah
31. Membantu Pembentukan Trombin dan Protrombin
32. Manfaat untuk wanita hamil
33. Mengatasi sembelit karena banyak serat
34. Membantu Pencernaan Bayi
35. Menjadi Penambah Tenaga
36. Memberikan energi tubuh
37. Menjadi Pewarna Makanan Alami
38. Menetralkan Tubuh dari Racun yang Masuk
39. Bermanfaat untuk Ibu Menyusui
40. Merawat rambut yang diwarnai
41. Mencegah anemia terutama pada ibu hamil
42. Menekan radang sendi
43. Menjaga Kesehatan dan Membantu Kerja Syaraf
44. Mencegah Osteoporosis
45. Lebih baik dari pada camilan manis
46. Bermanfaat untuk Memperpanjang Usia
47. Mengurangi tanda penuaan
48. Mempercepat proses penyembuhan luka
49. Menjadi agen detoksifikasi bagi tubuh
50. Menciptakan Jutawan baru
51. Lapangan kerja baru

Khasiat Buah Naga untuk Bayi

Manfaat Buah naga Untuk Ibu Hamil

Apakah buah naga boleh dikonsumsi ibu hamil?  tentu saja iya. Kurang lebih hampir sama dengan manfaat umum buah naga, namun ada beberapa manfaat khusus.

Berikut penjelasannya.

1. Mencegah bayi cacat

Buah naga mengandung Folat yang sangat bagus dalam mencegah cacat pada bayi. selain itu, buah merah ini juga mengandung vitamin B1, vitamin B2, vitamin B3, vitamin C, dan vitamin lainnya yang bagus untuk tumbuh kembang janin

2. Membantu pembentukan tulang

Fosfor dan kalsium yang terkandung dalam buah naga sangat cocok untuk membantu pembentukan tulang janin anda.

3. Meningkatkan Hemoglobin:

Zat besi dan vitamin C yang terdapat pada buah naga sangat bagus untuk membuat hemoglobin baru. Peningkatan hemoglobin ini sangat bagus untuk mencegah anemia dan efeknya pada bayi

4. Mengobati sembelit:

Buah naga sangat kaya akan serat. Ini sangat bagus untuk pencernaan anda, apalagi sedang hamil. Konsumsilah buah yang kaya akan serat agar nutrisi janin anda terjaga.

Khasiat Buah Naga Untuk Bayi.

Ada yang memberi buah naga kepada bayi saat usia 6 bulan, 10 bulan, 1 tahun, bahkan 2 tahun. Saran saya sebaiknya tanya dokter dulu karena kondisi anak berbeda.

Manfaat buah naga untuk bayi kurang lebih sama dengan orang dewasa yang kita bahas di awal.

Misalnya :

  1. Bagus untuk gigi dan tulang
  2. Meningkatkan kekebalan tubuh
  3. Baik untuk kulit
  4. Menguatkan rambut
  5. Kaya Vitamin A yang bagus untuk mata

Meskipun sangat bagus saran saya untuk bayi tetap konsultasikan dengan dokter anda.

Selanjutnya silahkan membaca :

Lengkap dan urut: Menanam Buah Naga Dalam Pot  18 Hama Penyakit Buah Naga Menurut IPB

6 Jenis Buah Naga Indonesia  8 Pengusaha Buah Naga Sukses

Cara Cepat Budidaya Buah Naga di Kebun  50 Manfaat Buah Naga Merah

Apakah menurut anda artikel ini bagus? Jika iya, Anda hanya butuh waktu 1 menit untuk menshare ke facebook atau whatsapp dan teman anda akan tahu hal menarik ini

Ads By Google
Oleh :

Bermanfaat kan? Yuk Share ke :
Facebook Tweet


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *