15 Manfaat Utama Buah Naga dan Jenisnya

Ingin tubuh sehat dan bebas penyakit? Manfaatkan Konsumsi buah naga. Buah ini menjadi primadona beberapa tahun terakhir. Kemunculan buah naga menggemparkan pasar nasional. Pasalnya, buah naga ini mampu memiliki segudang manfaat dengan rupa bentuknya yang tidak biasa.

manfaat-buah-naga-merah-untuk-kesuburan 567890

Daftar Isi :
Manfaat Buah Naga Bagi Kesehatan
1. Menyembuhkan Kanker
2. Membuat Kulit Sehat
3. Menurunkan Kadar Kolesterol Berlebih
4. Mencegah Penyakit Diabetes
5. Penyakit Darah Tinggi Dapat Dicegah
6. Kesehatan Tubuh Lebih Terjaga
7. Menjadikan Mata Lebih Sehat
8. Jantung Menjadi Tetap Sehat
9. Mengurangi Berat Badan Berlebih
10. Menjaga Kesehatan Tulang
11. Mengatasi Gangguan Pernapasan
12. Menjadikan Awet Muda
13. Memperlancar Pencernaan
14. Mengandung Protein Tinggi
15. Mengandung Vitamin B1 dan Thiamin
Jenis Buah Naga
Apa Itu Buah naga

Meskipun kulitnya tebal dan berlapis dua, tapi daging buah naga sangat empuk dan kenyal. Tampilan buah naga ini sangat segar karena kadar airnya yang tinggi. Di antara keempat jenis buah naga tersebut, buah naga kuning dikenal memiliki rasa paling manis dan khasiat paling banyak. Namun, harganya juga paling mahal.

Manfaat Buah Naga Bagi Kesehatan

Secara umum, buah naga mempunyai beberapa khasiat yang dapat menunjang kesehatan tubuh. Tidak memandang itu buah naga merah, putih atau kuning. Tidak sedikit orang yang membuktikan buah naga memang manjur untuk mengatasi masalah kesehatan.

Berikut ini beberapa manfaat dan khasiat buah naga yang akan kamu dapatkan bila rutin mengonsumsinya.

manfaat-buah-naga-merah5454321

1. Menyembuhkan Kanker

Penelitian ini dibuktikan oleh pasien penderita kanker yang ada di Tiongkok. Saat itu, sang dokter meminta pasien kankernya dengan berbagai stadium kanker untuk mengonsumsi buah naga dengan rutin. Sebanyak 200 orang pasien terlibat dalam penelitian tersebut.

Hasilnya, sangat menakjubkan. Lebih dari 35% pasien kanker dinyatakan lebih baik. Jumlah sel kanker yang ada dalam tubuh mereka berkurang.

Penelitian tersebut melibatkan kurang lebih 200 pasien penderita kanker dari berbagai stadium dan hasil yang diperoleh sangat mengembirakan, tak kurang dari 35% penderita kanker yang mengikuti penelitian tersebut mengalami penurunan jumlah sel-sel kanker di dalam tubuhnya.

2. Membuat Kulit Sehat

Vitamin C dan E yang terkandung dalam buah naga membuat kulit kamu menjadi lebih sehat dan segar. Jika kamu rutin mengonsumsi buah naga, kamu akan nampak awet muda. Selain itu, kulit wajah kamu lebih terlihat lembut dan segar.

manfaat-buah-naga-800x251

3. Menurunkan Kadar Kolesterol Berlebih

Kolesterol tinggi sering diderita mereka yang suka makan makanan berlemak dan berminyak. Tanpa disadari, kolesterol itu lambat laun menumpuk dan makin banyak. Dengan mengonsumsi buah naga, kadar kolesterol berlebih dalam tubuh dapat kamu atasi. Buah naga dipercaya mampu menurunkan kadar kolesterol.

4. Mencegah Penyakit Diabetes

Buah naga baik untuk dikonsumsi pasien penderita diabetes. Pasalnya, buah naga tidak mengandung glukosa meskipun rasanya sangat manis. Dengan mengonsumsi buah naga secara rutin, kadar gula dalam darah penderita diabetes akan menurun secara signifikan.

5. Penyakit Darah Tinggi Dapat Dicegah

Vitamin kompleks yang ada di dalam buah naga mampu mencegah penyakit darah tinggi. Syaratnya, penderitanya harus mengonsumsi secara rutin. Secara perlahan,buah naga akan menstabilkan tekanan darah penderita hipertensi ini.

6. Kesehatan Tubuh Lebih Terjaga

Antioksidan yang terkandung dalam buah naga dapat menangkal radikal bebas dan serangan berbagai macam penyakit. Jadi, meskipun kamu dalam kondisi sehat, tidak ada salahnya mengonsumsi buah naga agar terhindar dari penyakit.

7. Menjadikan Mata Lebih Sehat

Buah naga mengandung betakarotin. Betakarotin merupakan zat nutrisi yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan mata. Konsumsilah buah naga secara rutin, aga mata tetap jernih dan segar.

Ads By Google

Manfaat-buah-naga dipotong 4r3

8. Jantung Menjadi Tetap Sehat

Jantung adalah nadi kehidupan yang paling vital. Jika jantung rusak, maka rusaklah seluruh organ tubuh kita. Oleh karena itu, sebaiknya konsumsi buah naga secara rutin. Buah naga ini mengandung vitamin C, B1, B2 dan B3 yang baik untuk jantung.

9. Mengurangi Berat Badan Berlebih

Kamu sedang diet dan ingin mendapatkan berat badan ideal? Konsumsilah buah naga sebanyak mungkin. Kandungan nutrisi dalam buah naga sangat baik untuk mendukung program diet yang kamu jalankan.

10. Menjaga Kesehatan Tulang

Kalsium merupakan zat nutrisi yang sangat dibutuhkan oleh tulang. Kekurangan kalsium mengakibatkan tulang mudah rapuh dan patah. Namun, dengan mengonsumsi buah naga, segala masalah tulang dapat teratasi. Itulah sebabnya, buah naga sangat baik jika dikonsumsi orang lanjut usia dan anak-anak dalam masa pertumbuhan.

11. Mengatasi Gangguan Pernapasan

Asma, flu dan gangguan pernapasan lainnya tentu sangat mengganggu aktivitas sehari-hari. Buah naga memang bukan obat yang setara dengan obat untuk mengatasi gangguan pernapasan, namun mampu meringankan efeknya.

Dengan mengonsumsi buah naga, penyakit batuk, flu dan sebagainya dapat dikurangi  dampaknya. Vitamin C dalam buah naga dapat mencegah segala jenis penyakit sehingga kamu akan lebih tahan terhadap serangan penyakit gangguan pernapasan.

12. Menjadikan Awet Muda

Udara yang terkena polusi dan paparan sinar matahari langsung berpotensi mempercepat penuaan dini. Nah, buah naga mengandung antioksidan yang dapat menangkal semua itu sehingga kamu akan nampak awet muda.

13. Memperlancar Pencernaan

Buah naga banyak mengandung serat. Serat merupakan zat nutrisi yang dapat melancarkan pencernaan. Selain itu, serat juga dapat memperpanjang usia seseorang.

Hasil riset membuktikan bahwa jika seseorang mampu memenuhi kebutuhan serat dalam tubuh, ia memiliki perpanjangan usia 9 tahun lebih lama. Di samping itu, kesehatan usus dalam pencernaan juga akan lebih terjaga. Bagian penting proses pencernaan ini dapat terhindar dair berbagai penyakit berbahaya.

14. Mengandung Protein Tinggi

Tahukah kamu, protein memiliki manfaat yang tidak sedikit bagi kesehatan tubuh. Protein tinggi bisa kamu dapatkan dari buah naga meskipun secara alami, tubuh juga membentuk protein. Tapi, itu saja tidak cukup. Tubuh perlu asupan protein dari makanan atau buah seperti buah naga.

Protein memiliki banyak manfaat, diantaranya sebagai sumber energi, membentuk otot, energi bagi orang yang sedang diet, membantu proses tumbuh kembang anak-anak, dapat mendetokfikasi zat berbahaya yang masuk ke dalam tubuh dan masih banyak lagi manfaatnya.

15. Mengandung Vitamin B1 dan Thiamin

Kandungan vitamin B1 dan thiamin dalam buah naga terbilang melimpah. Saat sarapan pagi, setelah kamu mengonsumsi karbohidrat, ada baiknya menutup dengan buah naga atau jus buah naga. Vitamin B1 dan thiamin dalam buah naga akan mengubah karbohidrat menjadi energi yang mendukung kamu ketika bekerja.

Jenis Buah Naga

Buah naga ada 5 jenis, semuanya memiliki ciri-ciri yang nyaris sama. Mulai dari bentuknya, kulitnya bersisik besar-besar mirip naga, kulit luar tebal, ukuran sekepalan tangan orang dewasa, rasanya manis dan asam, berair dan lain sebagainya.

buah naga berbunga 5678

Buah naga ini punya banyak biji jika sudah dibuka bagian daging buahnya. Uniknya, kamu harus mengupas dua bagian kulit ketika ingin mengonsumsi buah naga. Baru kemudian akan menemukan daging buah.

Apa Itu Buah naga

Buah naga merupakan buah asli dari Meksiko, Amerika Tengah dan Amerika Selatan. Awalnya hanya ketiga negara ini yang mengembangkan buah naga. Namun, pada perkembangan selanjutnya, negara-negara di kawasan Asia mulai membudidayakan juga. Misalnya, Indonesia, Malaysia, Vietnam dan masih banyak lagi.

Buah Naga dalam Pot

Buah Naga dalam Pot

Nama latin buah naga ada  Hylocereus. Ada empat macam varietas buah naga yang layak dikonsumsi manusia, yaitu Hylocereus undatus (buah naga putih), Hylocereus polyrhizhus (buah naga merah), Selenecereus megalanthus (buah naga kuning) dan Hylocereus costaricensis (buah naga hitam).

Ads By Google
Oleh :

Bermanfaat kan? Yuk Share ke :
Facebook Tweet


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *