11 Jenis Pakan Belut Untuk Pembesaran dan Budidaya

Pakan belut sangat menentukan keberhasilan budidaya hewan licin ini. Jika Anda hitung, hampir 50% (bahkan ada yang lebih) biaya usaha belut adalah biaya pakan.

Kadang, sebagai pemula, peternak ingin menghemat biaya, tetapi hasil belut malah tidak optimal karena banyak belut mati dimakan temannya sendiri.

cara budidaya belut

Oleh karena itu manajemen pakan harus benar-benar dioptimalkan agar bisa mendapatkan keuntungan sesuai dengan harapan. Pemilihan pakan, pengadaan dan pemberian pakan, memerlukan menejemen yang baik.

Di sini saya akan mengajak anda mengenali 10 jenis pakan belut, anda bisa memilih beberapa yang cocok dengan daerah. Anda juga bisa menambahkan jenis pakan yang belum ada di sini untuk membantu peternak lain, yuk sukses bersama. Amiiin.

11 Jenis Pakan Belut

Anda bisa memilih salah satu atau membacanya satu persatu secara utuh.

 

1. Cacing tanah 7. Jasad Renik
2. Keong mas 8. Ikan Kecil
3. Bekicot 9. Belatung
4. Cacing Sutera 10. Temulawak
5.  Kepiting Air Tawar 11. Limbah Organik
6. Pasta

Belut termasuk hewan karnivora yang lebih suka pakan alami dan segar, namun demikian belut juga bisa diberikan pakan buatan. Cara makan belut di media lumpur adalah dengan menunggu mangsa di dalam lubang dan akan aktif keluar luar lubang untuk mencari makan ketika malam hari, ini sebabnya anda sebaiknya memberi makan di atas jam 17.00.

Pakan belut Budidaya

Dalam masa budidaya, Belut memerlukan pakan sekitar 2 – 5 % perhari dari bobot tubuhnya. Berikut beberapa pakan belut serta cara pemberianya.

  1. Cacing Lumbricus rubellus (cacing tanah)

cacing tanah pakan belut Cacing tanah merupakan salah satu pakan alami terbaik, yang memiliki nilai protein yang sangat tinggi. Cacing tanah jenis lumbricus rubellus adalah cacing tanah yang dapat dibudidayakan dengan mudah.

Kandungan nutrisi cacing lumbricus menurut laverach (1963), dalam bentuk segar atau basah: Protein 16,3%, karbohidrat 17%, lemak 4,5%. Sedangkan dalam keadaan kadar kering 15%-20%, kandungan protein 53,5 – 71,5 %.

Cara pemberian pakan belut dengan cacing tanah adalah sebagai berikut:

  • Timbang cacing sesuai bobot kebutuhan pakan perhari.
  • Bersihkan cacing dari sisa-sisa media dengan cara disiram air sebaiknya cacing dipotong– potong atau digunting agar tidak terlalu besar dan disesuaikan dengan ukuran mulut belut.

Taburkan potongan cacing tersebut tepat disaluran air (kamalir) pada kolam belut. Tidak boleh menabur pakan pada sembarang tempat. Karena belut hanya akan mencari makan disaluran air (kamalir) saja.

  1. Pakan Belut Sawah : Keong mas atau keong sawah

Keong mas

Keong mas atau keong sawah (pila ampullacea)adalah jenis siput air tawar yang mudah ditemukan diperairan air tawar Asia tropis, seperti disawah, danau, kali, dll. Keong sawah memiliki kandungan gizi yang tinggi, menurut Positive Deviance Resource Centre : kondisi segar/basah memiliki protein 12 %, kalsium 217 mg, rendah kolesterol, 81 garam air dalam 100 gram keong dan sisanya mengandung energi, karbohidrat dan posfor.

Sementara kondisi kering kandungan protein 57,76%. Selain mudah didapat dan ketersediaanya melimpah dialam, keong mas meupakan salah satu pakan yang baik untuk perkembangan belut. Cara pemberian pakan belut dengan keong yaitu :

  • Pisahkan daging keong dengan cangkanya, dengan cara masukan keong kedalam air mendidih sekitar 5 menit, kemudian angkat dan dinginkan. Kemudian daging keong akan dengan mudah dicongkel/dikorek dari cangkangnya.
  • Timbang daging keong sesuai kebutuhan bobot pakan belut perhari.
  • Cincang keong kecil – kecil atau sesuaikan dengan mulut belut.
  • Taburkan cincangan keong tersebut tepat disaluran air (kamalir) pada kolam belut. Tidak boleh menabur pakan pada sembarang tempat. Karena belut hanya akan mencari makan disaluran air (kamalir) saja.

  1. Bekicot (Achatinafulica. sp)

bekicot

Bekicot merupakan jenis siput darat yang dapat diperoleh dengan mudah dan ketersediaanya sangat berlimpah. Bekicot merupakan salah satu jenis pakan belut yang baik dengan kandungan gizi yang sangat tinggi.

Kondisi kering protein 54,29 % – 64,5%, lemak 4,18%, karbohidrat 30,45%, fosfor dan kalsium. Cara memberikan bekicot untuk pakan belut sebagai berikut:

  • Pisahkan daging bekicot dengan cangkanya, dengan cara masukan bekicot kedalam air mendidih sekitar 5 menit, kemudian angkat dan dinginkan. Kemudian daging bekicot akan dengan mudah dicongkel/dikorek dari cangkangnya.
  • Timbang daging bekicot sesuai kebutuhan bobot pakan belut perhari.
  • Cincang bekicot kecil – kecil atau sesuaikan dengan mulut belut.
  • Taburkan cincangan bekicot tersebut tepat disaluran air (kamalir) pada kolam belut. Tidak boleh menabur pakan pada sembarang tempat. Karena belut hanya akan mencari makan disaluran air (kamalir) saja.

  1. Cacing Sutera (tubifex)

cacing sutera

Cacing sutera biasa digunakan sebagai pakan benih belut. Cacing sutera memiliki warna tubuh merah darah dengan panjang 1–3 cm, bentuk seperti rambut dan biasa hidup berkelompok/berkoloni.

Cacing sutera merupakan pakan alami terbaik seperti cacing tanah (lumbricus rubellus). Cacing sutera memiliki kandungan nutrisi yang sangat tinggi, yaitu : kondisi kering protein 51,9%, karbohidrat 20,3%, dan lemak 22,3%.

Cara pemberian cacing sutera untuk pakan belut, yaitu cukup dengan menakar berat cacing sutera sesuai kebutuhan, kemudian langsung dimasukan kedalam kolam.

Ads By Google

  1. Kepiting Air Tawar

Kepiting air tawar biasa dikenal denga nama yuyu, merupakan jenis kepiting air tawar yang hidup di air tawar. Kepiting air tawar merupakan salah satu pakan alami yang baik untuk belut dan sebagai perangsang nafsu makan belut.

Cara pemberian kepiting sebagai pakan belut, yaitu dengan mencincang kepiting kemudian tabur cincangan kepiting tepat disaluran air / kamalir kolam belut.

  1. Pasta

Pasta merupakan pakan belut buatan yang diolah dari campuran berbagai macam bahan. Pasta merupakan pakan buatan yang sangat baik untuk mendongkrak pertumbuhan belut dengan cepat.

Kandungan nutrisi bisa kita sesuaikan, dengan meracik komposisi bahan – bahan pasta. Berikut cara pembuatan pasta dan cara pemberian pasta untuk pakan belut:

a. Bahan – bahan untuk membuat 1 kg pasta

  • Daging (ikan rucah atau keong atau bekicot) 750 gram.
  • Pelet ikan 200 gram.
  • Tepung tapioka 1 sendok makan untuk setiap 1 kg pasta yang akan dibuat.
  • Air secukupnya.

b. Cara pembuatan.

Cara pembuatan Pasta bisa anda lihat di video ini atau ikuti tulisan saya dibawahnya.

  • Giling Daging (ikan rucah atau keong atau bekicot) sampai halus.
  • Basahi pelet ikan dengan air secukupnya agar pelet lunak.
  • Campurkan gilang daging dengan pelet yang sudah lunak dan tambahkan tepung tapioka sendok makan. Kemudian aduk sampai rata.
  • Giling campuran daging dan pelet tadi agar lebih halus dan tercampur merata.

c. Cara pemberian pasta untuk pakan belut

  • Bentuk pasta seperti adonan cireng.
  • Taruh pada tempat seperti para-para atau wadah pakan yang terbuat dari jaring atau tali rapia.
  • Taruh wadah pakan pada aliran/ kamalir kolam belut.
  • Pasta tidak bisa digunakan sebagai stock pakan dan hanya bisa digunakan dalam waktu maksimal 12 jam penyimpanan didalam lemari es.

  1. Jasad Renik

Jasad renik atau yang lebih sering kita kenal adalah plankton. Pada budidaya belut media lumpur, jasad renik yang dihasilkan dari proses fermentasi dan pengolahan media belut yang subur sangat berlimpah.

Hal ini yang menyebabkan budidaya belut media lumpur lebih efisien dari segi pakan, karena cadangan pakan alami sangat berlimpah. Plankton memiliki nilai protein yang tinggi sehingga dapat memicu pertumbuhan belut menjadi lebih cepat.

  1. Ikan Kecil untuk pakan Awal

ikan kecil

Pakan Jenis ini cocok untuk belut saat masih bibit. Jadi sebelum anda memasukkan belut ke tempatnya (media hidu[ belut bisa berupa drum atau kolam), anda bisa memasukkan ikan-ikan kecil terlebih dulu untuk makan mereka.

Pakan Belut Murah

Ada lho pakan belut murah, mau tahu kan.

  1. Pakan Belut Murah : Belatung.

Belatung juga murah dibuat. Bagi sebagian orang, membuat belatung jauh lebih efektif untuk pakan ikan, termasuk belut. Selain karena biaya murah, proteinnya juga tinggi.
Namun, untuk pemula harus ekstra hati-hati karena jika tidak professional, budidaya belatung bisa mempengaruhi kesehatan Anda.

  1. Penambah nafsu makan : Temulawak

TemulawakMenurut Badan Pemberdayaaan Masyarakat Provinsi jawa Timur, Temulawak (Curcuma xanthorrhiza) mampu menambah nafsu makan hewan licin ini. Caranya 200 gram temulawak kita tumbuk halus lalu kita rebus, setelah dingin tuang di tempat belut kita biasa bersembunyi.

11. Limbah Organik

Tahukah anda, ada lho teman kita yang memberikan limbah organik seperti jambu merah yang terbuang, nasi hampir basi, dll sebagai pakan belut. Tapi, bahan-bahan ini harus dicampur dengan pelet, protein, suplemen, dan tetes tebu atau gula. Lihat foto ini untuk tutorialnya ya.

 

Faktor Penting Dalam Pakan Ikan

Kembali kami tekankan, bahwasannya dalam budidaya belut atau ikan lainnya, faktor penting untuk meningkatkan dan mempercepat pertumbuhan belut, sehingga hasil panen sesuai dengan harapan adalah dengan menjaga kualitas dan kuantitas pakan yang baik.

Biasanya pakan alami seperti plankton dan ikan-ikan kecil didalam kolam, hanya digunakan sebagai pakan cadangan ketika terjadi kekurangan pakan dan bukan merupakan pakan utama belut, hal ini karena jumlah pakan alami dikolam budidaya yang terbatas.

Sekian tentang pembahasan belut. Selanjutnya silahkan membaca :

Jenis Belut Budidaya dan Manfaatnya  25 Manfaat Belut Bagi Manusia

6 Langkah Budidaya Belut  11 Jenis Pakan Belut Untuk Budidaya

Bagaimana pengalaman Anda dengan pakan belut. Yuk share di komentar, semoga kita sukses bersama, amiin.

Ads By Google
Oleh :

Bermanfaat kan? Yuk Share ke :
Facebook Tweet


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *