Pakan Sapi Limosin Untuk Penggemukan dan Tips Hemat Biaya

Pakan sapi limosin adalah faktor penting bagi keberhasilan usaha ternak sapi. Peternak pasti menginginkan hewan ternak gemuk, berkualitas, dan sehat dengan bahan serta modal seminimal mungkin, sehingga keuntungan yang didapat lebih besar.

Akan tetapi beberapa peternak justru mengalami kesulitan dalam menentukan jenis pakan yang lebih sesuai standar serta lengkap dengan nutrisi. Sering terjadi kasus dimana adanya ketidakcocokan antara pakan yang diberikan kepada sapi limosin.

Pakan Sapi Limosin

Tips Pakan Sapi Limosin Dari Peternak Sukses

Bapak Yunizur, peternak yang dibimbing oleh balai ternak padang, dan telah diliput secara nasional karena sapi-sapinya yang bisa laku 20 juta per ekor serta omset kelompok taninya bisa sampai 600 juta, memberikan saran seperti berikut (redaksi penulis):

Pakan sapi limosin bisa dibuat sendiri dengan menanam berbagai jenis rumput di sekitar kandang. Mulai dari rumput legum(sejenis kacang-kacangan), rumput gajah, bahkan sampai rumput gembala yang biasanya dicari-cari petani. Rumput itu tinginya bisa sampai satu meter.

Pakan tersebut lalu diolah menggunakan mesin pencacah rumput. Selain pakan, faktor kebersihan kandang juga berpengaruh pada keberhasilan penggemukan sapi.

Ads By Google

Adapaun pupuk untuk memelihara rumput adalah pupuk kandang yang berasal dari kotoran sapi limosin.

Nasihat Papak Yunizur harus kita cermati ya, mari kita lanjutkan lagi. Pakan untuk sapi limosin dapat diaplikasikan sebagai proses penggemukan sapi agar daging yang dihasilkan berkualitas. Untuk mendapatkan berat yang seimbang dan yang diinginkan maka perlunya pemberian konsentrat pada hormone pertumbuhan. Namun pemberian konsentrat pada hormone pertumbuhan masih belum distandarisasi oleh Dinas Peternakan secara resmi.

Dan kendala ini sering dihadapi oleh masalah keterbatasan pakan sehingga pembuatan pakan fermentasi sangat dibutuhkan sebagai alternative yang dapat dilakukan. Media pakan yang dapat dikatakan wajib dalam peternakan semua jenis sapi yang membutuhkan proses penggemukan, terutama sapi limosin atau yang sering disebut konsentrat.

Sering juga konsentrat dikenal sebagai bahan pakan ternak yang memiliki kadar karbohidrat, nutrisi protein, maupun kadar serat kasar yang cukup rendah di bawah 18%. Agar dapat membuat konsentrat berkualitas baik dengan beberapa kombinasi bahan organic atau alami yang dapat digunakan sebagai komposisi pembuatan konsentrat baik.

Dan bahan pangan sering digunakan seperti bekatul atau dedak atau juga dapat dengan menggatinya dengan batang rumbia yang mengandung sagu rumbia.

Demikian informasi tentang bibit sapi limosin yang bagus dan makanan yang cocok semoga dapat memberikan manfaat dan informasi.

Silahkan lanjutkan membaca :
Bibit Sapi Limosin Pakan Sapi Limosin Ternak Sapi Limosin

Ads By Google
Oleh :

Bermanfaat kan? Yuk Share ke :
Facebook Tweet


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *