Pakan Sapi Modern Untuk Penggemukan Ternak Menurut Ahli

Pakan sapi merupakan faktor penting untuk sukses dalam penggemukan. Peluang usaha yang bisa anda jadikan usaha yang menjanjikan adalah usaha peternakan terutama ternak sapi modern. Ternak sapi modern bisa menjadi bisnis yang menguntungkan, karena anda bisa mendapatkan keuntungan per ekor untuk hasil penjualan. Kesuksesan usaha ternak sapi modern anda juga ditentukan dari pakan sapi yang anda berikan serta bibit sapi yang akan anda budidayakan.

Pakan sapi modern haruslah pakan yang sesuai standard dan mengandung nutrisi yang cukup. Ada beberapa jenis pakan sapi modern, antara lain :

  1. Makanan kasar

Pakan sapi modern bisa berupa makanan kasar. Makanan kasar yang bisa anda berikan untuk sapi anda adalah makanan hijau seperti daun-daunan (daun kacang-kacangan atau daun leguminosa), rumput, serta jerami.

Pakan Sapi Modern

  1. Konsentrat

Konsentrat merupakan pakan sapi modern yang wajib anda berikan untuk sapi tipe pedaging yang membutuhkan penggemukan. Pakan ternak konsentrat mengandung serat kasar di bawah 18%, selain pakan sapi modern berupa konsentrat mengandung karbohidrat dan protein yang dibutuhkan dalam pertumbuhan ternak sapi. Untuk sapi perah juga sebaiknya diberi pakan konsentrat, karena pakan konsentrat akan membuat produksi susu menjadi lebih banyak 30%, daripada anda memberi pakan ternak biasa.

Pakan konsentrat yang biasa diberikan berupa dedak atau bekatul dengan komposisi 70-75% atau anda bisa juga menggunakan batang rumbia yang sudah anda kupas kulitnya dan juga sudah anda bersihkan.

Dosis pemberian pakan sapi modern berupa konsentrat sebaiknya dengan perbandingan 30:70% pakan pokok dan konsentrat. Pemberian pakan konsentrat juga sebaiknya satu kali sehari, yaitu pada waktu pagi hari sebelum sapi diberi makanan utama yang berupa makanan hijau atau rumput. Pakan konsentrat juga dipercaya dapat memberi energi yang lebih pada sapi ternak anda.

Ads By Google

3.  Pakan Sapi Modern yang murah

Silahkan melihat video ini dan pahami bagaimana warga desa tersebut meningkatkan omsetnya melalui upaya penggemukan sapi. Video ini diliput resmi oleh kementerian pertanian. Pembahasan mengenai pakan sapi dimulai menit ke 02:37. Bahan baku pakan adalah limbah pertanian, jadi tidak perlu ngarit di sawah. Selamat menyaksikan

4. Makanan Fermentasi

Selain makanan kasar dan pakan konsentrat yang anda berikan untuk sapi ternak anda, anda juga bisa memberi mineral, vitamin, serta makanan tambahan. Makanan tambahan yang anda berikan berupa antibiotic, antitoksin, hormone, serta obat cacing yang berguna untuk mencegah penyakit yang bisa menyerang sapi ternak ada.

Demikian penjelasan tentang pakan sapi modern dan bibit yang bagus, pakan sapi yang berkualitas dan bibit sapi yang bagus akan berpengaruh pada kesuksesan usaha ternak sapi yang akan anda jalankan.

Selanjutnya silahkan membaca :
Ternak Sapi Bali Pakan Sapi Limosin  Macam Macam Jenis Sapi Ternak Cara Ternak Sapi Limosin

Ads By Google
Oleh :

Bermanfaat kan? Yuk Share ke :
Facebook Tweet


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *