10 Peluang Usaha Laundry dan Persiapannya

Peluang usaha laundry kiloan makin bagus. Bisnis ini makin cerah. Persiapannya juga harus matang.  Kompetitor yang semakin bertambah sangat berbeda dengan kondisi 4 tahun yang lalu, saat bisnis ini mulai diperbincangkan.

Peluang Usaha Laundry Kiloan

Sekarang semuanya berbeda. Kenyataannya ada pemain level ibu rumah tangga sampai level korporat di bisnis ini. Tapi tenang saja, semua itu ada segmennya, ada lokasinya masing-masing.

Saya akan membahas mengenai 6 alasan kenapa peluang usaha ini sangat bagus dan 4 persiapan yang harus anda lakukan untuk ikut meraup jutaan rupiah dari peluang bisnis ini.

Saya sangat menyarankan Anda juga harus membaca : 13 Tips Sukses Bisnis Laundry Kiloan

Peluang usaha laundry

  1. Terus tumbuhnya jumlah mahasiswa-mahasiswi kelas menengah.

Kelompok ini umumnya tidak punya waktu untuk mencuci. Mereka akan melaundry pakaiannya, ini dikarenakan para remaja ini terbiasa hidup enak di rumah

  1. Semakin bertambahnya jumlah karyawan yang ngekos atau mengontrak.

Mencari pekerjaan di dekat rumah bukanlah hal yang mudah. Mereka yang bekerja di luar kota umumnya ngekos dan tidak punya waktu untuk mencuci baju. Pergi pagi pulang sore (bahkan kadang malam), lalu jalan-jalan dan membangun jaringan saat akhir pekan.

Praktis, kelompok ini adalah pangsa pasar yang bagus untuk peluang usaha laundry. Apalagi mereka yang belum menikah dan masih hidup sendiri. Mereka punya banyak uang untuk menggunakan jasa anda.

  1. Banyaknya pasangan baru yang sibuk bekerja

Sama seperti nomor dua, pasangan ini umumnya suka melaundry. Biaya laundry jauh lebih hemat daripada menyewa pembantu rumah tangga (dan tentu saja lebih aman).

  1. Rumah Semakin sempit, lahan untuk menjemur baju makin tidak ada.

Lokasi sangat penting untuk bisnis laundry. Selain di dekat kos atau kontrakan karyawan dan mahasiswa, membuka bisnis laundry di dekat perumahan yang sempit juga oke, apalagi di dekat rumah susun. Bisnis besar bukan?.

  1. Bekerja sama dengan event organizer atau pemerintah

Nah saat para CPNS, pegawai BUMN, dan perusahaan lainya melakukan diklat yang waktunya lebih dari 3 hari, laundrynya disediakan panitia dan berasal dari pihak swasta.

Ini adalah peluang usaha laundry yang menarik sekali. Jika menang lelang (tender) untuk proyek ini, Anda tidak perlu memikirkan pemasaran, bahkan tidak perlu takut tidak punya pelanggan.

Panitia biasanya menggunakan jasa event organizer untuk menghandle acara. Pihak EO akan mencari pengusaha laundry yang ber NPWP dan punya track record yang bagus untuk mengurus masalah laundry.

  1. Kenyataannya, bisnis laundry bukan hanya mengenai pakaian
Ads By Google

Nah anda harus tahu. Saat ini masyarakat tidak hanya melaundrykan pakaian. Mereka juga melaundry barang-barang seperti : sepatu, tas, karpet, dan helm

Rekomendasi bacaan : 5 Pengusaha Laundry Sepatu yang sukses dan tipsnya

Peluang Usaha Laundry

Persiapan Bisnis Laundry

Nomor 7 sampai dengan 10 akan membahas mengenai persiapan berbisnis laundry.

  1. Pahami cara mencuci

Anda harus mengerti cara mencuci, jika perlu ikutlah terlebih dahulu ke pengusaha laundry. Memahami cara mencuci masing-masing jenis kain merupakan hal penting. Jika tidak baju-baju tersebut bisa luntur, rusak, atau molor.

  1. Mengenali jenis Noda

Anda harus mengerti ini, gunakan deterjen yang tepat dan teknik yang pas agar pakaian benar-benar bersih. Contoh sederhana penerapannya adalah membersihkan noda tinta pada baju putih berbeda dengan noda minyak pada kaos oblong.

  1. Kreatif, dan bertarunglah.

Banyak cara untuk membuat bisnis laundry anda terkenal. Di Jogja, ada pengusaha laundry yang menggratiskan biaya cuci karpet masjid. Tindakannya itu membuatnya dimuat di Tribun News dan ia menjadi terkenal se jogja. Saat saya menulis artikel ini, berita tersebut dishare 4.700 kali di facebook.

Waktu saya kuliah dulu, ada juga pengusaha laundry yang menjadi sponsor acara penyambutan dan memberikan voucher diiskon bagi para mahasiswa baru. Kamipun jadi mengenal laundry tersebut.

Ada 13 cara untuk membesarkan bisnis laundry anda, silahkan baca di sini.

  1. Hitung peralatan dan tenaga kerja yang dibutuhkan, sesuaikan dengan modal

Setelah anda memiliki gambaran mengenai bisnis yang akan anda jalankan. Sekarang pilih mesin yang akan anda beli, jumlah pegawai, dan tentu saja : sumber dana.

Anda harus memahami : Apakah harus membeli mesin listrik atau gas. Seberapa besar ukurannya dan merk apa. Saya menyarankan, di awal usaha belilah semampu anda lalu kembangkan saat sudah berjalan.

Jumlah pegawai juga harus dihitung, jika belum menikah atau pasangan anda sangat sibuk, sangat mustahil menjalankan bisnis ini sendirian. Delegasikanlah hal-hal yang rutin, seperti mencuci dan menyetrika.

Rekomendasi bacaan : Modal bisnis Laundry dan Analisanya

Nah itu tadi tentang bisnis laundry. Saya yakin gambaran anda mengenai bisnis ini bertambah. Selamat mencoba peluang usaha laundry dan semangat berbagi.

Ads By Google
Oleh :

Bermanfaat kan? Yuk Share ke :
Facebook Tweet


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *