Teknologi Pertanian Jepang dan Faktor Kunci Kesuksesan

Teknologi pertanian Jepang merupakan kunci sukses negara ini dalam menyediakan produk pangan berkualitas terbaik dan berkuantitas banyak. Dengan kondisi tanah yang tidak sebagus Indonesia dan luas lahan pertanian hanya 25% dari total wilayahnya, negara ini tentu punya resep khusus kenapa pertaniannya sangat bagus.

Teknologi mulai dari penanaman sampai dengan paska panen adalah kunci untuk menghasilkan produk berkualitas dan berkuantitas tinggi. Sinergi antara pemerintah, Swasta, dan  Universitas (peneliti) juga memberi andil besar dalam kesuksesan mereka.

Teknologi Pertanian Jepang

Contoh Teknologi Pertanian Jepang

Berikutnya kita akan mengambil contoh teknologi pertanian Jepang yang canggih namun mudah digunakan. Lengkap dengan pembahasan dan videonya

1. Pembibitan Padi
Rekayasa Genetika di Jepang adalah faktor kunci untuk menghasilkan padi berkualitas. Teknologi seperti ini sudah ada di berbagai negara.

2. Penanam Padi
Indonesia punya Jarwo Transplanter untuk menanam padi, namun belum secanggih milik jepang. Lihatlah video berikut ini. Betapa rapi, mudah, dan cepatnya menanam padi di jepang. Nah, jadi untuk menanam padi pun kita harus bisa mengoperasikan mesin.

3. Pemeliharaan Padi
Di tempat kelahiran saya, di Pati, Jawa Tengah, mengolah padi dan menyiangi rumput masih menggunakan tangan manusia sehingga waktu yang dibutuhkan cukup lama dan SDMnya cukup banyak.
Di Jepang, proses seperti ini dilakukan oleh satu orang dengan alat sederhana namun canggih. Lihat video berikut ini yang membuktikan konsep teknologi pertanian Jepang adalah mudah digunakan namun banyak menghasilkan.

4. Pemanen Padi
Indonesia punya indo combine Harvester, India punya indo farm combine harvester, semua itu butuh sedikitnya 3 orang untuk mengoperasikannya. Teknologi pertanian Jepang punya alat yang bisa dioperasikan satu orang, cara pakai yang lebih sederhana namun hasil yang lebih banyak dan cocok dengan pertanian di sana

Penyebab Pertanian di Jepang sangat Maju

a. Sinergi Universitas, Swasta, dan Pemerintah

Pihak universitas membuat penelitian terbaru mengenai pertanian, pemerintah dan swasta siap mendanainya dengan dana yang fantastis

Ads By Google

b. Trik Sederhana

Tidak semua langkah keberhasilan di Jepang dipengaruhi oleh teknologi canggih. Misalnya, untuk mempertahankan kesegaran buah-buahan, petani di sana mencuci buah yang baru dipanen menggunakan air es yang dingin. Langkah ini bisa membuat buah-buahan terlihat tetap segar seperti baru dipetik meskipun sudah berumur dua hari.

c. Pemerintah yang perhatian

Pemerintah membeli hasil pertanian di jepang dengan harga yang tinggi, lalu membantu mendistribusikannya. ini sepert bulog, namun lebih rapi. Swasta jika ingin membeli langsung dari petani, harganya pun lebih tinggi.

d. Harga yang terkontrol

Ini seperti Indonesia di orde baru, harga pangan di kontrol. Teknik ini sebenarnya berbahaya jika kas negara tidak lagi banyak.

e. Lahan per petani yang luas
di Indonesia, jumlah petani didominasi oleh petani gurem yang terkenal karena jumlah lahannya yang sedikit. Di Jepang, petani adalah orang kaya yang mayoritas punya lahan minimal 10 hektar.

f. Penggunaan teknologi yang canggih

Nah petani di sana sangat welcome dengan teknologi pertanian Jepang yang terbaru . Ini juga harus ditiru oleh bangsa kita, lihat contoh pada kasus padi

g. Etos kerja yang bagus

Karyawan para petani jepang bekerja mulai jam 2 pagi. Mereka adalah pegawai resmi yang terdaftar di dinas tenaga kerja, mendapat tunjangan kesehatan dan dipotong pajak.

Selanjutnya silahkan membaca :
Teknologi Pertanian Indonesia Teknologi Pertanian Jepang Pertanian Modern

 

Ads By Google
Oleh :

Bermanfaat kan? Yuk Share ke :
Facebook Tweet


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *