Ternak Sapi: Teknik dan Macam Jenisnya

Salah satu usaha peternakan yang cukup menguntungkan dan bisa menjadi pilihan usaha anda adalah ternak sapi. Ternak sapi mempunyai keuntungan yang lebih besar dari pada anda beternak hewan lain, baik usaha pembibitan maupun usaha penggemukan sebab jika anda beternak sapi anda akan mendapatkan keuntungan pada setiap ekornya.

Ada berbagai macam jenis sapi yang bisa anda ternakkan, yaitu :

Ternak Sapi Potong (Sapi Pedaging)

Merupakan sapi yang diternakkan dengan tujuan untuk diambil dagingnya. Ciri dari sapi potong atau sapi pedaging yaitu mempunyai badan dengan ukuran yang besar, mempunyai bentuk badan yang simetris atau bentuknya segi empat/balok, daging mempunyai kualitas yang unggul, pertumbuhannya cepat, serta pakannya banyak.

Jenis ternak sapi potong antara lain :

  • Sapi bali

Cirinya  mempunyai warna merah dan warna putih dari lutut ke bawah sampai ke bagian pantat, mempunyai garis warna hitam di bagian punggung(garis belut). Sapi Bali mempunyai kemampuan untuk beradaptasi dengan baik di lingkungan yang baru.

Yuk Baca Mengenai : Ternak Sapi Bali

Ternak sapi bali

  • Sapi Ongole

Merupakan sapi yang berasal dari India dan mempunyai ciri-ciri warnanya putih dan mempunyai warna hitam di beberapa bagian tubuh, mempunyai punuk dan bergelambir, dan mempunyai kemampuan beradaptasi yang baik. Jenis sapi ini juga sudah disilangkan dengan sapi Madura dengan ciri yang sama, tetapi yang membedakan adalah sapi yang sudah disilangkan mempunyai kemampuan reproduksi yang rendah.

  • Sapi Madura

Sapi Madura adalah sapi potong local dari Indonesia. Sapi ini merupakan sapi hasil persilangan antara banteng dengan sapi zebu. Ciri-ciri sapi Madura mempunyai warna kuning sampai merah bata, mempunyai punuk, serta pada bagian ekor, moncong dan kaki bagian bawah berwarna putih. Jenis sapi Madura ini termasuk sapi yang pertambahan berat badannya termasuk lamban dan rendah.

  • Sapi Brahman

Sapi Brahman juga merupakan sapi yang berasal dari India. Ciri-ciri dari sapi Brahman seperti mempunyai warna coklat hingga coklat tua, kepala berwarna putih, punuk besar serta gelambir yang memanjang dan berlipat-lipat dari bagian kepala hingga leher, kemampuan adaptasinya tinggi, dan lebih tahan terhadap cuaca panas.

  • Sapi Hereford

Merupakan sapi dari Eropa dan cirri warna merah dan warna putih pada bagian muka, dada, perut bawah, serta ekor. Bentuk badannya bulat memanjang dengan lambung  yang besar.

Ternak Sapi perah

Ads By Google

Sapi perah merupakan jenis ternak sapi yang bertujuan untuk diambil susunya. Ciri yang biasa tampak pada sapi perah ialah pada bagian belakang ukurannya besar dan melebar.

Sapi Perah

Jenis sapi perah antara lain :

  • Sapi Friesian Holsten

Merupakan jenis sapi perah yang paling popular. Cirri dari sapi perah ini adalah mempunyai warna hitam dan putih. sapi ini mempunyai kemampuan untuk memproduksi susu selama 6 tahun.

  • Sapi Jersey

Ukuran sapi perah ini termasuk kecil dengan kepala, bahu, dan paha lebih gelap daripada warna tubuhnya.

Saat akan menjalankan usaha ternak sapi anda juga harus memperhatikan kandang. Kandang sapi yang bagus adalah kandang yang bisa melindungi sapi dari sesuatu yang tidak diinginkan, seperti pencurian maupun dari hama pemangsa maupun hama yang bisa menyerang ternak sapi. Kandang untuk ternak sapi hendaklah dekat dengan sumber air, obat-obatan, serta sudah mendapat izin dari pemerintah setempat.

Selain kandang yang baik, anda juga harus memperhatikan pakan untuk ternak sapi anda. Pakan ternak sapi bisa berupa hijauan segar (rumput), hijauan kering (jerami), kacang-kacangan, daun-daunan, silase, serta konsentrat atau sumber energi. Waspadailah pula penyakit yang bisa saja menyerang ternak sapi anda, karena penyakit yang menyerang sapi tidak hanya berbahaya untuk sapi sendiri tetapi juga bisa berbahaya untuk manusia.

Jenis-jenis penyakit pada ternak sapi :

  • Penyakit antrax
  • penyakit kuku busuk
  • penyakit sapi kembung
  • penyakit sapi mubeng
  • penyakit demam
  • penyakit ngorok
  • penyakit ingusan
  • penyakit cacingan

Begitu banyak penyakit yang bisa menyerang ternak sapi anda, sehingga anda benar-benar harus melakukan pencegahan dan penanggulangan. Cara yang bisa anda lakukan yaitu dengan rutin member vaksinasi, antibody, menjaga kebersihan kandang dan juga kebersihan ternak sapi anda, member pakan yang mengandung gizi tinggi untuk ternak sapi.

Sekian sedikit penjelasan tentang ternak sapi, dalam menjalankan bisnis ternak sapi dibutuhkan kesabaran dan ketelatenan anda dalam pemeliharaan agar anda mendapatkan hasil yang maksimal.

Selanjutnya silahkan membaca :
Ternak Sapi Bali Pakan Sapi Limosin  Macam Macam Jenis Sapi Ternak Cara Ternak Sapi Limosin

Ads By Google
Oleh :

Bermanfaat kan? Yuk Share ke :
Facebook Tweet


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *