13 Cara Usaha Fotocopy Menguntungkan Cepat Balik Modal

Usaha Fotocopy merupakan salah satu usaha yang membutuhkan kelihaian dalam memilih peluang. Artinya, usaha Fotocopy dapat berjalan dengan lancar apabila sang pengusaha mampu melirik celah yang tepat dalam memulai usahanya tersebut.

Dalam kesempatan kali ini, ada beberapa tips untuk anda yang mengawali usaha Fotocopy, yaitu:
1. Tempat yang Tepat

Hal utama yang perlu dipersiapkan dalam mengawali usaha Fotocopy tentunya adalah tempat. Karena merupakan hal mutlak untuk memastikan jangka panjang pengembangan bisnis menggiurkan yang satu ini. Dengan menentukan lokasi yang cocok dalam memulai usaha Fotocopy, maka akan lebih mempermudah dalam mengembangkan usaha untuk berikutnya.

usaha fotocopy

Anda sebaiknya mengawali usaha dengan memilikih lokasi di sekitar sekolah, kampus, perkantoran atau instansi pemerintah, maupun tempat-tempat lain yang dapat menunjang berkembangnya usaha Fotocopy. Karena dengan tempat-tempat seperti contoh tersebut sangat memiliki peluang besar dalam berkembangnya bisnis Fotocopy.

Tempat fotocopy di depan SMP saya sangat laris. Namun setelah SMP tersebut dipindah oleh Pemda, usaha fotokopi tersebut menjadi sangat sepi. Nah jadi sobat harus siap-siap juga jika ada perubahan seperti itu ya.

2. Modal Usaha Fotocopy

Modal yang dibutuhkan untuk usaha fotocopy tidaklah banyak. Uang 23 juta pun masih sisa. Apalagi jika mesin fotocopy bekas, sudah punya laptop, etalase, dan meja kursi sendiri. berikut adalah rincian modal usaha fotocopy

Etalase Kaca       :   1.500.000
Mesin Fotocopy   : 15.000.000
Laptop/PC          :   3.000.000
Printer Foto        :   1.500.000
ATK untuk dijual :   1.000.000
Meja kursi PC     :      300.000
Total Modal       : 22.300.000

3. Biaya  Bulanan Ringan

Biaya yang dikeularkan untuk opersional fotocopy sangat ringan. tidak sampai 3 juta. Apalagi jika gaji penjaga fotocopy di tempat anda lebih rendah dari yang saya tulis di sini. Lebih hemat lagi jika anda sendirilah yang mengoperasikan fotocopy tersebut. berikut rincian pengeluaran yang harus anda siapkan.

Gaji 1 pegawai : 1.000.000
Kertas 100 rim : 2.300.000 (beli grosir jadi harga lebih murah)
Air, Listrik, dsb :   150.000

Total Biaya     :3.450.000

4. Keuntungan yang sepadan

Misalnya dalam sebulan anda bisa menjual 100 rim kertas fotocopy bulan, dengan harga jual Rp80 perlembar .Maka keuntungannya adalah sebagai berikut.

Hasil fotocopy         : 4.000.000
Hasil penjilidan       :    100.000
Hasil Jual ATK         :    600.000
Print dan cetak foto :    400.000

Penghasilan          : 5.100.000
Biaya sebulan          :  3.450.000
Pajak 1%                :      51.000
Keuntungan per bulan   :   1.599.000

keuntungan akan terus naik seiring bertambahnya pelanggan anda. menarik kan?

Wajib baca juga : Bisnis Air Isi Ulang Mudah dan Cepat Menguntungkan

5. Kualitas Fotocopy

Bukan hanya tempat yang strategis, namun anda juga harus memastikan kualitas Fotocopy. Karena akan sangat membantu anda dalam memberikan pelayanan kepada konsumen. Semakin bagus kualitas Fotocopy yang anda berikan, maka akan semakin tinggi kepercayaan dari konsumen.

peluang usaha fotocopy

Terlebih lagi, jika konsumen puas dengan pelayanan dan hasil Fotocopy milik anda, maka semakin baik bukan prospek usaha anda. Selain itu alangkah lebih baik apabila anda menambah kualitasnya dengan mesin-mesin Fotocopy yang memadai serta lebih canggih. Bila memungkinkan, anda juga memerlukan tambahan computer untuk semakin mendukung kinerja usaha Fotocopy anda.

6. Kualitas + senyum = Pelanggan tetap

Satu hal lagi yang sangat penting dalam menunjang kualitas usaha anda. Yaitu, senyum dan ramah pada konsumen merupakan modal yang tidak perlu membayar, tetapi dapat memberikan dampak yang luar biasa.

Ads By Google

Konsumen akan suka sekali ke tempat fotocopy anda. Mereka akan menjadi peanggan.

Peluang Usaha Fotocopy

7. Pengembangan Usaha Fotocopy

Dalam sebuah usaha, pasti sang pemilik ingin selalu mengembangkan usahanya menjadi jauh lebih baik, selain diimbangin dengan kerja keras yang maksimal, tentu diperlukan pemikiran untuk semakin mengembangkan usaha.

Salah satu contoh pengembangan usaha Fotocopy yang dapat dilakukan adalah menambahkan usaha dengan bisnis ATK (Alat Tulis Kantor). Karena ATK sangan berkaitan langsung dengan usaha Fotocopy. Memang nantinya akan diperlukan modal tambahan untuk memulai usaha ini, tetapi di sisi lain, anda dapat melihat sendiri perkembangan usaha Fotocopy anda.

Yang kian lama, akan semakin maju dan laris manis. Belum lagi bila anda dapat mengolah serta mencari sisi celah yang tepat, dengan harga bersaing dan lebih bersahabat akan memudahkan anda dalam menarik konsumen.

8. Promosi Fotocopy

Jangan salah, usaha Fotocopy juga tetap membutuhkan promosi. Yang menjadi kunci promosi untuk memulai usaha Fotocopy yaitu tempat strategis dan kualitas Fotocopy anda. Karena dengan dua kunci tersebut, anda sudah dapat melakukan promosi. justru konsumen lah yang akan mempromosikan usaha Fotocopy anda.

Dengan kualitas yang bagus dan tempat strategis, makan secara tidak langsung konsumen sendiri yang melakukan promosi tentang usaha anda dari mulut ke mulut pada teman atau kerabat sekitarnya. Hanya saja, jika anda memiliki modal lebih, anda dapat menggunakan brosur sebagai media promosi yang mudah digunakan dan mudah diketahui oleh para calon-calon konsumen anda.

9. Layanan Spesial

Semakin kreatif anda berfikir, maka akan semakin besar keuntungan yang dapat anda dapatkan. Begitu pula dengan yang satu ini. layanan spesial. Mungkin hal ini masih kurang diketahui dan digunakan oleh usaha Fotocopy lain.

Modal usaha fotocopy

Yaitu, anda dapat menambahkan layanan antar-jemput untuk Fotocopy dalam skala besar. Hal ini sangat membantu sekali dalam memajukan usaha anda. Atau jika ingin memiliki layanan spesial lainnya, anda dapat menggunakan keistimewaan voucher tertentu untuk semakin menarik minat para konsumen. Misalnya dalam Fotocopy lebih dari 200 lembar, maka mendapatkan 1 voucher. Dan jika mengumpulkan 5 voucher maka akan mendapatkan gratis Fotocopy 10 lembar.

10. Menjual alat tulis kantor dan print murah

Usaha fotocopy tak lengkap kalau tanpa menjual alat tulis kantor. Misalnya bolpoin, pensil, buku blocknote, dsb. Seain menambah keuntungan, sobat juga bisa menambah keramaian fotocopy sobat.

Nah waktu saya kuliah dulu, jasa print yang paling laris ya yang ada di fotocopy itu. Harga normalnya Rp200 per lembar. Kebayang kan murahnya. Usut punya usut ternyata dia menggunakan mesin fotocopy sebagai printernya, jadi murah banget.

Selain murah, hasil fotokopian juga tidak luntur jika kena air atau disimpan dalam waktu yang lama, itulah alasannya kenapa kami suka  menceta difotokopian daripada di tempat print biasa.

11. Membuka usaha cetak foto digital

Nah sekarang ini banyak sekali yang butuh foto ukuran 3×4 atau 4×6. Mereka umumnya sudah punya softcopy foto tersebut. Sobat bisa membuka usaha cetak foto dengan modal printer warna yang berkualitas bagus. Nah ini bisa jadi peluang bisnis baru untuk sobat.

12. Jaringan dan kenalan

Perbanyaklah jaringan. Berikan kualitas yang bagus untuk mereka. Apabila anda dikenal banyak orang maka fotokopian andalah yang direkomendasikan ke kenalan mereka.

Anda juga bisa mendapat proyek-proyek fotokopian yang besar baik dari instansi pemerintah maupun dari perusahaan swasta

13. Mulailah dari sekarang

Nah, itu tips-tips segar untuk anda dalam memulai usaha Fotocopy. Dari sebuah niat dalam usaha, pasti terdapat keinginan serta harapan lebih dari sang pemilik untuk lebih dan lebih mengembangkan peluang usahanya menjadi luar biasa. siapa bilang anda tidak bisa???

Segera realisasikan dan mencoba, karena tidak aka nada yang dapat menjamin sebuah angan, hanya mimpi dan kembalilah pada kenyataan, bangkit kemudian terus berkarya untuk berusaha mencapai apa yang anda cita serta harapkan. Karena tidak ada yang tidak mungkin. Selamat mencoba, sayap kesuksesan anda ada di genggaman anda sendiri.

Ads By Google
Oleh :

Bermanfaat kan? Yuk Share ke :
Facebook Tweet


2 Komentar Pada “13 Cara Usaha Fotocopy Menguntungkan Cepat Balik Modal

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *