Efiling SPT 1770 OP Usahawan atau Pekerjaan Bebas di DJP Online 2019

Jika anda adalah seorang usahwan atau melakukan pekerjaan bebas seperti notaris, dokter, dan akuntan, atau pekerjaan lain yang mengharuskan anda mengirim SPT 1770 maka anda berada di tempat yang tepat.

SPT Usahawan dan Pekerjaan Bebas

Ijinkan saya bercerita sebentar. Jujur, Efiling memang keren. Anda tidak perlu antri di KPP untuk melporkan pajak. Baik SPT masa maupun tahunan.

Tutorial ini saya update di tahun 2017. Anda punya dua pilihan untuk mengisi SPT 1770.

Cara Pertama : Gunakan Eform

Ini cara yang sangat saya rekomendasikan, jauh lebih mudah dari efiling. Cara ini baru muncul sekitar bulan februari 2017.

Tutorial eform sudah saya buat khusus di link berikut : 7 Langkah Isi Eform, Ga Sampai 15 Menit selesai.

Cara Kedua : Gunakan ESPT 1770 untuk membuat csv

Anda harus menginstal ESPT 1770 OP terlebih dahulu. Sayangnya, saya cukup kesulitan menemukan E SPT 1770 OP yang utuh jadi 1, ada websitenya di alamat berikut : http://www.pajak.go.id/content/aplikasi/16426/e-spt-tahunan-pph-1770-dan-1770s-sesuai-19pj2014.

Silahkan download di situ. Jujur, jika anda agak gaptek seperti saya, sebaiknya datang ke kantor pelayanan pajak. Minta file ESPT 1770 Op terbaru. Kalau perlu bawa laptop dan instal di situ dengan meminta bantuan petugas pajak. Menurut pengalaman saya, mereka sangat ramah dan baik hati.

Saya tetap menyarankan Anda untuk menggunakan eform saja, bukan ESPT

Pastikan anda sudah menginstal ESPT 1770, mengisinya dengan benar dan membuat CSV. CSV adalah file yang akan kita upload ke DJP online menggunakan fasilitas efiling. File CSV tidak boleh dibuka dan direname, sekali dibuka file ini akan rusak. Apabila direname,  file ini akan gagal upload. Itu semua terjadi karena ada fitur encrypt di dalam file csv tadi.

ESPT 1770 Tidak bisa membuat CSV lebih dari 1 kali

Sampai artikel ini dibuat (3 Januari 2017) E SPT 1770 hanya bisa membuat CSV satu kali. Setelah itu anda tidak bisa membuat CSV lagi, kecuali minta bantuan petugas pajak, itupun cukup rumit karena harus edit flag di databasenya. Cukup rumit.

Alternatifnya, jika anda salah mengisi SPT dan terlanjur membuat CSV atau CSV anda rusak, silahkan hapus SPT Anda dan isi kembali. Jadi pastikan SPT anda terisi dengan benar.

Efiling Pajak SPT 1770 OP

Hal yang harus anda siapkan sebelum efiling adalah :

  • csv laporan anda
  • Jika ada, siapkan file PDF yang diperlukan, seperti : Surat Setoran Pajak atau Surat Setoran Elektronik untuk SPT kurang Bayar. Maksimal 1 pdf, nama file harus sama dengan nama csv, disarankan berukuran kecil

Jika semuanya sudah siap silahkan lakukan langkah berikut.

Buka browser anda dan buka djponline.pajak.go.id Masukkan NPWP dan Password. NPWP ditulis hanya angka saja, tanpa tanda baca.

Login-DJP-Online-2016

Jika belum memiliki akun dan password DJP online, silahkan mendaftar terlebih dulu. Bisa langsung ke djponline.pajak.go.id/registrasi atau baca tutorial dulu di Cara Registrasi DJP Online untuk Efiling dan Ebiling

Klik salah satu tulisan efiling. Kadang tulisan efiling yang hijau ada di sebelah kanan, kadang juga ada di sebelah kiri

Efiling Pajak Online

Klik tulisan buat SPT. Klik salah satu saja.

buat SPT efiling Pajak

Jawab Pertanyaan yang ada, misalnya : Apakah menjalankan usaha atau pekerjaan bebas, pilih ya. Lalu klik Upload SPT

Upload SPT 1770 Efiling

Klik Browse file CSV, lalu pilih file CSV yang anda siapkan tadi. Jika ada file pdf, klik browse file pdf lalu arahkan (pilih) file pdf yang anda siapkan. Baca baik-baik petunjuk yang ada di kotak orange. Selanjutnya klik start upload.

Upload SPT 1770 pilih file

Silahkan klik tulisan di sini lalu pilih email. Tahun ini DJPonline belum support mengirim kode verifikasi melalui nomor HP.

Kirim SPT 1770 OP

Buka email anda di tab atau window baru, catat atau copy/salin  kode verifikasi yang anda terima

email kode verifikasi E filing 1770 S

Kembali ke DJP onine tadi, masukkan kode verifikasi

Masukkan kode verifikasi

Jika berhasil, anda akan otomatis dibawa ke daftar SPT

Daftar SPT 1770

Anda juga bisa mencetak tanda terima yang kirimkan ke email

BPE tanda terima cetak spt 1770 op

Terima kasih telah melaporkan SPT 1770 anda melalui efiling pajak DJP Online.

Selanjutnya anda bisa melakukan hal berikut :

Cara Efiling Pajak SPT 1770 SS Efiling Pajak 1770 S (60 juta atau Lebih)

Efiling Pajak 1770 OP Usahawan dan Pekerjaan Bebas Cara Mendaftar DJP Online

Saya butuh waktu 8 jam untuk membuat tutorial ini. Anda hanya perlu waktu 8 detik untuk membagikannya ke facebook, twitter, atau whatsapp. Yuk share artikel ini agar yang lain juga tahu, mari berbagi.

49 thoughts on “Efiling SPT 1770 OP Usahawan atau Pekerjaan Bebas di DJP Online 2019

  1. saya adalah karyawan dan ada bisnis sampingan jual baju online yang sudah bayar pajak 1% tiap bln nya, sekarang saya mau lapor spt tahunan, untuk form dipakai bisa 1770ss?

  2. saya mau tanya ni. kmrn saya sudah siap upload file csv nya dr website djp online menu efiling 1770. nah setelah sudah dpat bpe ny. saya mau lihat apakah file saya memang sudah terupload dengan benar atau tidak. pas saya lihat kok tidak ada menu lihat spt ya. sedangkan dr tutorial mas ada nampak menu lihat sptnya. mohon bantuannya. terima kasih

  3. saya mau tanya, untuk lapor pajak tahunan 1770 apakah hrs pakai csv? ga bisa isi langsung di web kah?

  4. permisi mau tanya,
    pertama kalau waktu upload pertama x lupa upload lampiran pdf nya & BPE sudah keluar gimana ya?
    apakah dianggap belum lapor?
    ketika dibuat pembetulan tidak bisa?

    -terimakasih-

Comments are closed.