Mengatasi Error Status Code 0 di DJP Online 2019

Seingat saya, masalah Error Status Code 0 setelah klik setuju atau setelah isi kode verifikasi di DJP Online sudah ada sejak dulu. Hanya saja, akhir akhir ini sering muncul dan butuh penanganan baru. Ternyata hanya butuh sedikit trik untuk mengatasi masalah ini.

error status code 0

Tahun lalu saya membantu secara langsung beberapa orang yang mengalami masalah error status code 0. Nah tahun ini saya mengalami sendiri, dan ternyata butuh penanganan berbeda karena penyebabnya beda. 

Solusi Error Status code 0 DJP Online 

Bila anda mengalami masalah yang sama, yuk simak baik baik. Lakukan satu per satu ya. 
setelah 1 langkah selesai, coba kembali apakah setelah klik setuju masih muncul error code status 0, jika iya lanjut ke langkah berikutnya. 

  1. Cek nilai masing – masing harta anda
    Nilai harta di DJP online tidak boleh ada yang 0, minimal ada nilai angkanya meskipun 1 rupiah sekalipun. Nah silahkan cek lagi siapa tahu nilai harta anda ada yang terisi 0 rupiah. 
    Jika benar ada yang 0 rupiah seperti gambar di bawah, segeralah ubah
    Harta ada yang nilainya 0 error stuatus code 0
  2. Cek hutang anda
    Hutang ini wajib diisi bagi yang memiliki hutang. Nah jika anda mengisi hutang, sama seperti harta, pastikan nilainya lebih dari 0 rupiah. 
  3. Cek nomor HP di profil
    Jika cara nomor 1 dan 2 masih juga belum berhasil, silahkan masuk ke profil anda. Anda bisa arahkan kursor ke nama anda di pojok kanan atas, tunggu sebentar lalu klik profil. Saran saya, buka profilnya di new tab (tab baru) agar isian anda tidak hilang. 
    Klik profile DJP Online
    Anda akan diarahkan ke beranda DJP Online, nah dibagian kiri klik profil lengkap. kemudian silahkan cek nomor HP anda sudah betul apa belum.
    Cek Nomor HP di Profil
  4. Gunakan New incognito window atau New Private window
    Solusi nomor 4 inilah yang sedang ramai dipakai. Setelah anda mengecek nomor 1 sd 3 tapi tetap saja tidak berhasil, silahkan coba solusi ini. 
    Ikuti petunjuk sesuai browser anda ya.
    Jika anda menggunakan google Chrome silahkan gunakan new incognito window (jendela penyamaran baru) di chrome,  caranya tekan CTRL + SHift + N bersamaan atau bisa juga klik titik tiga atau garis tiga di pojok kanan atas. Lalu pilih new incognito window (yang bahasa indonesia tulisannya jendela penyamaran baru). seperti gambar ini. Setelah itu isi buka djponline.pajak.go.id lalu login dan isi SPT seperti biasa. 
    new incognito window error code 0 chromeBagi yang menggunakan firefox silahkan menekan CTRL+ Shift + P bersamaan, atau dengan menklik garis tiga di atas dan memilih new private window (kalau bahasa indonesia seperti saya munculnya jendela mode pribadi baru). Seperti gambar ini. 
    Kemudian langsung buka djponline.pajak.go.id di situ, lalu login dan isis SPT seperti biasa. new private window error code 0
  5. cek Kartu Keluarga
    Khusus untuk cara nomor 5 ini saya belum pernah mencoba langsung, untuk nomor 1 -4 dan no 6, sudah saya lihat langsung. 
    info ini saya dapat dari internet.
    Tidak ada salahnya anda coba cek. Kalau berhasil tolong kabari ya
  6. Gunakan Eform
    sebelum tahu cara nomor 4. saat cara nomor 1 s.3. 4 tidak berhasil, akhirnya saya menggunakan eform, dan langsung bisa lapor pajak. sudah tahu belum cara lapor eform? Jika belum, yuk baca : cara Lapor Eform SPT di DJP Online

Kawan. Mengalami error Status Code 0 sangatlah menjengkelkan, saya menulis ini dalam waktu 2 hari di sela kesibukan agar teman teman terbantu. 
Anda hanya butuh waktu 2 detik, Bagikanlah artikel ini agar yang lain terbantu. 

 

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.