Jenis Usaha Cuci Mobil dan Salon Mobil yang Laris Dicoba

Semakin hari semakin banyak yang membuka usaha car wash dan salon mobil. Hal ini menimbulkan gelombang kreativitas yang sangat positif bagi para pelaku usaha supaya bisa bersaing sehat demi peningkatan omset.

Jenis usaha cuci Mobil baru sekali

Melalui artikel ini saya akan mengajak Anda menelusuri seluk beluk usaha cuci mobil yang ramai saat ini. oh ya sebelumnya kami juga menulis tips  cara melibas  usaha cuci mobil

Nomor 1 s.d 4 adalah Jenis bisnis cuci mobil. Nomor 5 dan seterusnya untuk usaha salon mobil. Meski demikian, kedua usaha ini bisa digabung untuk meningkatkan omset anda.

1. Usaha Cuci Mobil Hidrolik

Sejauh pandangan mata saya, Jenis ini paling banyak di pasaran.

Cuci mobil hidrolikgambar dari tribunnews.com

Sebagai nilai tambah daripada jenis cuci manual, sistem cuci hidrolik menawarkan kebersihan kolong mobil. dengan harga sistem hidrolik mulai 25 jutaan, kita bisa mengangkat mobil pelanggan dan membersihkan kolong.

Cara pencucian mobil ini sering disamakan dengan model cuci high pressure pump (pompa bertekanan tinggi) yang ditambah pengangkat mobil (hidrolik). Namun, sesungguhnya keduanya memiliki perbedaan.

Model steam manual hidrolik menggunakan mesin uap dengan suhu air berkisar antara 60 sampai 80 derajat celcius. Untuk itu, airnya perlu dipanaskan terlebih dahulu sebelum digunakan. Sehingga harganya relatif lebih mahal.

Jadi kecuali diangkat, pembersihan kolong juga menggunakan teknologi tertentu.

Meski begitu, hasil dari steam ini cukup bisa merontokkan kotoran membandel seperti lelehan oli atau getah pada mobil. Dan sebaiknya penggunaan alat steam harus hati-hati karena salah-salah bisa meruntuhkan lapisan antikarat di kolong mobil.

2. Usaha Cuci Mobil Robotic atau automatic

Populer sekitar tahun 2000-an di Indonesia, mesin cuci mobil otomatis menjadi pilihan membersihkan mobil bagi mereka yang sangat sibuk. Meski sudah menggunakan mesin canggih, di negara kita kadang model cuci mobil ini masih saja membutuhkan pekerja untuk mengoperasikan alat.

cuci mobil robotik

gambar dari : unsplash.com

Cuci mobil model ini menggunakan mesin canggih yang bekerja seperti robot dan bertindak menyemprotkan air dan sabun ke mobil, menggosok, mengorek, sampai mengeringkan mobil.

Mesin robotic harganya sangat mahal namun tarifnya standar saja. Tingkat kebersihannya pun lumayan tinggi.

Biayanya tidak begitu murah tapi hemat waktu.

Kelebihan lainnya adalah pelanggan tidak perlu menunggu dan cukup duduk santai saja di dalam mobil sambil mobil dibersihkan. Kekurangan car wash otomatis adalah biasanya bagian bawah mobil tidak terjangkau seluruhnya.

3. Cuci Mobil Manual

Pebisnis biasanya cukup menyediakan pompa bertekanan tinggi lalu dicuci manual oleh tangan manuasia. Prosesnya sekitar 30 menitan untuk satu mobil. Kadang malah oleh pemilik, mobilnya ditinggal dicucian untuk dicuci.

cuci mobil manual

sumber gambar : kabaroto.com

Jenis cuci ini termasuk banyak, biasanya kelebihannya adalah lokasi strategis. Misalnya di parkiran mall atau swalayan, di deket perumahan, dan bahkan di dalam SPBU. Umumnya laris manis karena pemilik mobil bisa meninggalkan mobilnya untuk kegiatan lain dan tinggal titip kunci ke tukang cuci.

Namun sayang, biasanya cuci mobil manual memiliki beberapa kekurangan seperti tidak bersihnya bagian kolong mobil. Selain itu, sistem cuci mobil ini punya banyak saingan.

Jika di perumahan elit seperti pantai indah kapuk, saingan anda adalah sopir pribadi pemilik mobil. Jelas anda kalah.

Jika membuka usaha cuci manual di perkantoran, saingan anda adalah OB, satpam, dan tukang parkir. Mereka menggunakan peralatan seadanya, hanya selang dan sabun. Sekali lagi anda berpotensi kalah.

4.  Cuci Mobil Manual dengan tanjakan.

Sistem hidrolik memang ngetrend, namun sayangnya  sistem hidrolik punya banyak kelemahan, yaitu :

  • harga mesin hidrolik sekitar 20 juta per buahnya.
  • Kadang, sistem hidrolik yang jelek beresiko merusak kaki kaki mobil

cuci mobil manual tanjakan

gambar dari youtube.com

Oleh karena itu hadirlah sistem manual dengan tanjakan ini. Ini sebenarnya sistem manual hanya saja dimodifikasi sedikit agar bisa membersihkan kolong mobil.

Macam Macam Salon Mobil

Menurut sebagian pebisnis, membuka cuci mobil saja untungnya sedikit. Dia harus putar otak untuk cepat balik modal. Banyak yang dilakukan, misalnya menjual softdrink, membuka warung makanan di sebelahnya, membuka cuci motor, dan yang akan kita bahas : membuka salon mobil.

macam salon mobil

sumber gambar : bukalapak.com

1. Salon Mesin

Istilah lainnya adalah engine compartment cleaning. Semua bagian ruang mesin dibersihkan dari kotoran debu, oli, dan sisa pembakaran yang berkerak.

Bagian-bagian yan dibersihkan diantaranya kap mesin bagian bawah, engsel, aki, radiator dan tempatnya, kabel-kabel, kabel busi, wiper, ruang antara grill dan radiator, miyak rem dan tempatnya, oli dan tempatnya.

2. Salon Interior Mobil

Bagian dalam mobil yang dibersihkan seperti dashboard, karpet, plafon, safety belt, kaca dalam, kisi-kisi AC, jok, sunroof, dan lain-lain.

3. Salon Eksterior Mobil

Bertujuan untuk membersihkan  dan mengkilapkan bodi luar mobil. Mungkin pada bodi mobil terdapat baret halus, kotoran, bercak aspal, serta cat pada bodi dan velg yang mulai memudar.

Tindakan perawatan meliputi bodi, kaca depan, kaca samping, kaca belakang, spion, roda, dan velg.

 

Nah sudah siapkah anda memulai bisnis cuci mobil? Yuk sekarang

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.