Keuntungan dan Tips Membekukan Makanan

Keuntungandan Tips Membekukan Makanan

Diet yang sehat secara umum terdiri dari konsumsi sayur dan buah-buahan yang teratur. Buah-buahan digolongkan sebagai jenis makanan yang sehat bukan tanpa alasan. Terdapat berbagai jenis buah-buahan yang bisa Anda coba untuk mencegah Anda dari rasa bosan mengonsumsi satu macam buah. Terlepas dari itu, buah-buahan rendah dalam kalori dan tinggi dalam nutrisi, termasuk vitamin, mineral, serat dan nutrisi-nutrisi baik lainnya.

Namun, bagaimana jika buah kesukaan Anda merupakan buah impor yang jarang ditemukan? Atau Anda pemilik bisnis makanan yang mengharuskan Anda untuk menyimpan bahan makanan dalam jumlah banyak? Salah satu metode yang dapat dilakukan adalah dengan membekukan makanan tersebut.

Keuntungandan Tips Membekukan Makanan

Buah segar vs. Buah beku

Buah dan sayur segar biasanya dipilih sebelum mereka sudah matang karena proses pemindahan dan penyimpanan akan membutuhkan waktu. Di lain sisi, buah-buahan yang terpilih untuk dibekukan cenderung sudah matang dengan sempurna. Buah-buah yang akan dibekukan akan dicuci, dibekukan, dan dikemas dalam waktu beberapa jam setelah dipanen. Umumnya, membekukan tidak berarti kandungan nutrisi dalam buah akan berkurang. Pada beberapa kasus, buah beku cenderung mengandung lebih banyak vitamin dan mineral, karena proses pembekuan mengunci kandungan makanan.

Buah segar vs. Buah beku Buah dan sayur segar biasanya dipilih sebelum mereka sudah matang karena proses pemindahan dan penyimpanan akan membutuhkan waktu. Di lain sisi, buah-buahan yang terpilih untuk dibekukan cenderung sudah matang dengan sempurna. Buah-buah yang akan dibekukan akan dicuci, dibekukan, dan dikemas dalam waktu beberapa jam setelah dipanen. Umumnya, membekukan tidak berarti kandungan nutrisi dalam buah akan berkurang. Pada beberapa kasus, buah beku cenderung mengandung lebih banyak vitamin dan mineral, karena proses pembekuan mengunci kandungan makanan.

Keuntungan menyimpan buah beku

Membekukan makanan dalam freezer menjadi sebuah metode yang mudah dilakukan, untuk mencegah perkembangan enzim yang mendorong pembusukan makanan. Membekukan buah-buahan dapat memperpanjang waktu penyimpanan dan membiarkan Anda menyantap jenis buah favorit Anda tanpa takut buah akan busuk dalam waktu dekat. Tidak perlu menggunakan bahan pengawet, proses pembekuan dapat memastikan kualitas buah tetap segar tanpa ada nutrisi yang hilang.

Tidak hanya untuk memastikan kualitas yang terus terjaga, buah-buahan beku merupakan bahan yang krusial untuk membuat smoothie atau sebagai camilan. Buah yang beku memberikan tekstur kasar pada smoothie dan menghasilkan minuman yang dingin tanpa menambahkan es batu. Buah-buah frozen juga merupakan teman yang baik saat menyantap acai bowl, oatmeal, filling kue, pancake, topping es krim, dan masih banyak lagi.

Keuntungan dan Tips Membekukan Makanan

Lalu, bagaimana jika Anda tidak memiliki waktu untuk membersihkan buah dan membekukannya sendiri? Sekarang ini, mayoritas pasar swalayan menjual buah yang sudah dibekukan. Dengan membeli buah beku, Anda juga berkontribusi dalam mengurangi limbah makanan. Terkadang, buah-buahan yang tidak dibekukan akan rusak dengan cepat apabila diletakkan di tempat terbuka. Maka dari itu, tidak sedikit masyarakat, khususnya ibu rumah tangga, membeli buah-buahan yang sudah dibekukan untuk disimpan di dalam kulkas.

Tips membekukan buah-buahan

  1. Bekukan buah-buahan yang tidak ada tambahan gula atau saus lainnya, agar buah dapat bertahan lebih lama.
  2. Lap buah dengan tisu dapur atau kain agar buah tidak dibekukan dalam keadaan basah.
  3. Untuk wadah yang tidak transparan, pastikan buah-buahan terasa keras dan padat. Namun, jangan sampai Anda memilih buah-buahan yang sudah menempel satu dengan yang lain.
  4. Simpan buah-buahan beku di belakang kulkas. Hal ini perlu dilakukan untuk memastikan buah-buahan tidak mencair saat pintu freezer
  5. Gunakan wadah atau plastik kedap udara untuk mencegah freezer burn yang dapat mengubah tekstur dan warna dari buah. Pastikan isi dari wadah minim udara agar buah-buahan tidak mencari di dalam.
  6. Setel suhu freezer ke suhu terendah dan tutup pintu freezer dengan rapat. Setiap Anda membuka pintu freezer, Anda mengekspos makanan beku Anda kepada suhu ruangan.
  7. Hindari memasukkan terlalu banyak makanan ke dalam freezer, karena hal ini dapat mencegah proses pembekuan dan meningkatkan suhu freezer.
  8. Label wadah untuk memastikan kapan waktu konsumsi. Umumnya, buah dapat disimpan 6 hingga 9 bulan setelah pembekuan. Hindari konsumsi makanan yang sudah dibekukan lebih dari 12 bulan.
  9. Apabila Anda ingin menyantap buah dan tidak ingin memakannya dalam keadaan dingin, rendam buah dalam air suhu ruangan selama 2 sampai 5 menit sebelum disantap. Jangan rendam terlalu lama, karena air akan meresap ke dalam buah dan menyebabkan tekstur buah berubah.

Keuntungan dan Tips Membekukan Makanan

Penggemar buah beku berpendapat bahwa pembekuan akan memberhentikan proses pembusukan makanan. Membekukan buah dalam freezer yang baik dan suhu yang sesuai, dapat mempertahankan buah dalam kondisi terbaik. Memang topik buah beku dengan buah segar sudah menjadi perdebatan yang tidak jarang didengar, tetapi semua kembali pada perspektif dan kebutuhan masing-masing.

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.