12 Pakan Ikan Lele Alternatif Alami dan Buatan Lengkap Dengan Caranya

Pemberian pakan pada ikan lele sangat mempengaruhi keberhasilan peternak. Memilih jenis pakan harus tepat, sesuai kebutuhan. Berbagai merek pakan yang dijual di pasaran tidak menjamin kualitasnya selalu bagus.

Pakan ikan Lele

Di alam liar, lele ini termasuk omnivora, alias pemakan segala. Dia bisa makan hewan lain seperti ikan kecil, atau ganggang dan lumut. Di kolam budidaya, pakan lele dikhususkan agar perkembangannya bagus dan fhemat pakan.

Waktu pemberian pakan juga harus diperhatikan. Telat memberi pakan maka lele akan memakan sesama lele.

Daftar Pakan Lele

Berikut ini daftar pakan yang cocok untuk ikan lele. Nomor 1 adalah pelet, 11 sisanya adalah pakan alternatif yang lebih hemat biaya.

Anda bisa melihat video ini, atau langsung membaca penjelasan saya ya

Kita mulai dari pelet

1. Pelet : Pakan utama ikan lele

Pakan utama seperti apa yang bisa diberikan untuk ikan lele? Tentu saja jawabannya pelet. Pelet merupakan pakan yang dibuat oleh pabrik khusus. Komposisi dalam pelet sudah disesuaikan dengan kebutuhan ikan lele.

Campuran bahan dalam pelet biasanya dari aneka tepung, bungkil kedelai, bungkil kelapa, mineral, dedak, minyak dan macam-macam vitamin lainnya. Semuanya sudah ada takarannya, jadi anda  tidak perlu khawatir.

indonetwork.co.id
indonetwork.co.id

Pelet dibagi menjadi dua jenis, yakni :

  • Pelet apung
  • Pelet Tenggelam

Meskipun sifatnya berbeda, tapi ikan lele sangat menyukainya. Anda tinggal mengatur bagaimana penggunaannya.

Di antara dua jenis pelet tersebut, pelet apung mengandung protein yang lebih tinggi daripada pelet tenggelam. Itulah sebabnya, kebanyakan pembudidaya ikan lele memberikan pelet tenggelam saat menjelang panen.

Tips memilih pelet :

  1. Perhatikan komposisi dan tanggal kadaluarsa
  2. Pastikan ukuran pelet sesuai dengan umur ikan. Jika anda belum berpengalaman, bilang ke penjual untuk umur berapa pelet akan diberikan
  3. Perhatikan nama perusahaannya

Pakan Lele Tambahan (Alternatif Alami)

Kenapa sih harus memberikan pakan tambahan? Tujuannya supaya kamu lebih berhemat dalam mengeluarkan biaya pakan. Pasalnya, pakan tambahan tidak harus membeli di toko pakan. Kamu bisa mendapatkannya dari lingkungan sekitar.

2. Belatung alias Magot

Ya, hewan kecil bernama belatung ternyata memiliki kandungan protein yang tinggi sehingga bagus dikonsumsi ikan lele.

Asal belatung dari hewan lalat. Paling bagus dijadikan pakan adalah belatung yang diproduksi lalat black soldier fly. Kandungan protein lalat ini mencapai 40% sesuai dengan hasil penelitian BBPBAT.

Bagaimana Cara Membuat Belatung alias magot yang merupakan jenis pakan lele tinggi protein?

Perhatikan siklus hidup belatung berikut ini, angka menunjukkan hari

Siklus magot black soldier

sumber gambar : industria.ub.ac.id

Cara membuat magot untuk pakan lele

  1. Menyiapkan beberapa peralatan berupa : ember, daun pisang, ampas tahu, sisa ikan asin dan sedikit kotoran ayam.
  2. Mencampurkan semua bahan tersebut dalam ember berisi air bersih dan aduk-aduk sampai rata.
  3. Tutuplah memakai daun pisang kering agar lalat mau bertelur di ember.
  4. Kemudian, simpan ember tersebut di dalam tempat yang aman dari hujan dan panas. Biarkan sampai 3 minggu. Nanti setelah 3 minggu, kamu akan melihat adanya belatung dalam ember.
  5. berikan pakan sebelum umur magot 37 hari sejak lalat bertelur

Untuk mendapatkan 60 kg belatung, kamu membutuhkan bahan baku sekitar 100 kg. Namun, jangan terlalu lama menyimpan belatung agar tidak menjadi lalat.

3. Fermentasi Ampas Tahu

Ampas tahu memang terkenal sebagai pakan ternak, misalnya saja pakan sapi. Ternyata kandungan protein yang tinggi pada ampas tahu membuat limbah ini laris manis. Lele pun cocok diberi pakan ampas ini.

Ampas tahu bentuknya encer. Agar bisa diberikan pada lele maka harus difermentasikan bersama dedak.

Cara membuat fermentasi ampas tahu  untuk pakan lele adalah sebagai berikut :

  1. Mempersiapkan peralatan :
    a. Wadah, bisa berupa drum, ember, atau kantong plastik
    b. selang udara
    c. Gelas aqua plastik
  2. Memersiapkan bahan baku :
    ampas  tahu 5 kg, dedak halus 5 kg, tetes tebu / molase 1 kg, tepung ikan 1 kg, probiotik EM4 perikanan 200ml, ragi tempe  2 sendok makan
  3.  Campur semua bahan lalu masukkan ke wadah yang diberi lubang udara berupa selang. Ujung selang ditutup dengan gelas aqua plastik. Jangan ditutup terlalu rapat agar oksigen bisa keluar masuk
  4. biarkan selama 5 hari

ampas tahu pakan lele

Setelah 5 hari, fermentasi amas tahu bisa diberikan ke lele dengan cara berikut ini

  • Bisa diberikan secara langsung kepada ikan lele dengn cara dikepal kepal
  • Jangan diberikan bersama pelet
  • Sebaiknay diberikan kepada lele dengan umur 1 bulan dari bibit 5-7 cm atau 7 -9 cm

Kandungan protein pada ampas tahu sangat bagus untuk penggemukan ikan

4. Ikan Rucah, misalnya ikan  petek

Ikan rucah juga bisa kamu berikan pada ikan lele. Ikan rucah merupakan ikan afkir yang berukuran kecil dan tidak bisa dikonsumsi manusia.

kabaredemak.com

sumber gambar : kabaredemak.com

Biasanya harga ikan rucah terbilang murah. Dalam pemberiannya, cukup dicincang dan langsung diberikan pada ikan lele, asalkan tidak ada durinya.

5. Tepung Ikan

Masih tentang ikan.

Di pasaran biasanya ada yang menjual duri dan kepala ikan petek dengan harga murah. Jika seperti ini maka duri dan kepala taadi harus digiling halus. dibuat menjadi tepung.

Tepung td bisa diberikan langsung pada ikan lele. Bisa juga diberi air lalu dikepal kepal.

Duri dan kepala ikan ini sangat murah dan bergizi tinggi. Sangat bagus untuk lele. Anda bisa memperolehnya di pasar atau TPI.

6. Keong Mas (Bekicot)

Pakan tambahan berupa keong emas atau bekicot tidak kalah kualitasnya. Daging keong emas bisa digunakan sebagai pakan ikan lele. Anda dapat menemukan keong emas di kawasan persawahan.Pakan lele bekicot
gambar : wongtani.wordpress.com

Keong emas ini mengandung protein yang cukup tinggi. Namun, untuk dapat diberikan pada ikan lele, keong emas harus diolah terlebih dahulu.

Caranya, pisahkan daging dengan cangkang keong emas, kemudian cincang dagingnya. Selanjutnya, rebus daging keong emas.

Setelah direbus dan didinginkan sejenak, langsung berikan pada ikan lele.

Upayakan jumlah dan waktu pemberiannya tepat karena jika terlambat atau kurang, ikan lele akan memakan sesamanya. Akibatnya, jumlah panenan ikan lele akan berkurang.

7. Plankton dari Pupuk Kandang

Kolam ikan lele warnanya keruh. Warna keruh bukan berarti buruk. Di Awal persiapan malah harus dibuat supaya air berwarna hijau, caranya dengan diberi pupuk kandang.

Pupuk kandang akan merubah air kolam yang jernih menjadi hijau kaena dipenuhi plankton. Plankton adalah makhluk kecil yang bagus untuk menjadi pakan bibit lele.

cara pemberiannya:

  1. Masukkan pupuk kandang ke dalam karung lalu ikat.
  2. Masukkan karung bersi pupuk kandang tadi ke dalam kolam lalu ikat dengan pinggiran kolam agar gampang saat mengambilnya
  3. Seminggu kemudian, air kolam menjadi hijau dan siap diberi bibit ikan ikan lele
  4. dibutuhkan 1,5 kg – 3 kg pupuk untuk 1 meter persegi kolam.

Pupuk kandang bisa juga diganti dengan pupuk buatan. Sudah banyak yang menjual pupuk kolam ikan lele. Cara peemakaiannya sama dengan pupuk kandang.

8. Sisa Makanan Rumah tangga atau Restoran

Misalnya sisa nasi dan sisa ikan.

sisa nasi untuk pakan nila

Sisa makanan bisa diberikan langsung pada lel atau dikeringkan dulu. Anda bisa coba mana yang lebih disukai oleh lele.

9. Cacing hidup

cacing tanah pakan belut

Cacing bisa menjadi pakan yang bagus untuk ikan lele. Tidak hanya untuk peternakan, bahkan untuk memancing pun biasanya dipakai untuk umpan.

Cacing hidup bisa langsung diserahkan ke ikan lele. bebrapa saat kemudian lele akan berkumpul

10. Kotoran lele melalui metode bioflok

Panduan budidaya Bioflok erakini

Tahukah anda bahwa kotoran lele bisa dimakan kembali? jawabannya adalah bisa, dengan sistem bioflok. Ini tidak hanya pada ikan lele. Pada ikan nila juga bisa.

Dengan bioflok, maka kotoran akan dibah menjadi makanan oleh bakteri baik. Sementara oksigen untuk ikan akan dibantu dengan selang.

11.  Eceng gondok

Eceng gondok bukan pakan utama ikan lele. Silahkan gunakan hanya saat darurat, misalnya saat susah pakan atau keuangan sedang minim.

12. Daun singkong

Daun singkong bisa diberikan pada lele secara langsung atau melalui fermentasi. Saya tidak begitu menyarankan pakan ini. Hanya untuk pakan tambahan atau darurat saja.

Aturan Pemberian Pakan Ikan Lele

Bagaimana Aturan Pemberian Pakannya?

budidayaperawatan.blogspot.com
budidayaperawatan.blogspot.com

Memelihara ikan lele tidak semudah membalikan telapak tangan alias perlu keahlian khusus. Begitu juga hal yang terkait dengan pemberian pakan.

  • Pakan diberikan secara adlibitum atau ketika pakan habis selalu ditambahkan lagi. Kurang lebihnya 4-5 kali dalam sehari. Jika ikan lele masih kecil, kamu harus sering memberikan pakan. Waktu pemberian pakan yakni, pagi, siang, sore dan malam hari.
  • Paling baik memberikan pakan pada sore dan malam karena ikan lele merupakan hewan nokturnal atau hewan yang aktif pada malam hari. Perhatikan baik-baik saat pemberian pakan. Kalau kelihatannya ikan sudah tidak bernafsu menyantap makanan, hentikan pemberiannya.
  • Anda tidak boleh terlambat dalam memberikan pakan. Kedua, untuk memberikan pakan utama, berikan terlebih dahulu pakan apung. Caranya, semprotkan air sedikit saja ke dalam pakan yang akan kamu berikan. Aduk merata dan diamkan selama 20 menit.
  • Setelah 20 menit, terbarkan pakan secara bertahap di kolam ikan lele. Jangan tebarkan sekaligus karena kamu tidak akan bisa melihat seberapa doyan ikan lele terhadap pakan. Hentikan pemberian pakannya jika ikan sudah nampak kenyang.
  • Menjelang panen, berikan pakan utama yang tenggelam. Cara pemberiannya, tidak perlu disemprotkan air seperti halnya pakan apung. Cukup tebarkan pakan langsung pada satu titik hingga ikan terlihat sudah tidak berselera makan.

Syarat Pakan Lele yang Bagus

Ikan lele merupakan salah satu hewan air pemakan segala atau omnivora. Ia bisa makan apa saja, baik dari tumbuhan maupun daging. Namun, kamu harus perhatikan kandungan gizi pada pakannya. Pakan utama untuk lele biasanya berupa pelet.

  • Kandungan gizi minimal yang wajib ada dalam pakan utama, yakni minimal 30% protein, 4-16% lemak dan 15-20% karbohidrat. Sisanya adalah mineral dan vitamin. Tidak semua kandungan gizi pada pakan pelet itu sama. Cerdaslah dalam memilih agar tidak terkecoh, terutama perhatikan tanggal kadaluarsanya.
  • Aturan pemberian pakan utama sekitar 3-6% dari bobot tubuh ikan lele. Sebagai contoh, bila bobotnya 60 gram, maka pakan yang diberikan sebesar 3,6 gram per-ekor. Ketika menjelang panen, kira-kira 2 minggu, kurangi pemberian pakannya, sekitar 3% dari bobot ikan lele.
Syarat Pakan lele
caramembuatmu.com

Selanjutnya silahkan membaca :
Panduan Lengkap Budidaya Ikan Lele Ciri Bibit Lele Unggul Kolam Terpal Untuk Ikan Lele

Pakan Ikan lele Bisnis Ikan Lele

Selamat menjalankan usaha budidaya lele. Menurut anda, bagaimana budidaya ikan lele ini. Silahkan tulis di komentar.

13 thoughts on “12 Pakan Ikan Lele Alternatif Alami dan Buatan Lengkap Dengan Caranya

  1. Kadang konsumen melihat pakan ikan yang seperti itu mereka kadang mereka merasa geli,bagaimana cara anda menyikapinya ?

  2. Maggot, saya baru tahu untuk pakan lele,dan cara pembuatannya, terimakasih SMG ilmu nya berkah,dan insyaallah akan saya coba

  3. Mohon info terkait budidaya ikan lele dalam ember, pakan apa yang cocok diberikan… terimakasih atas penjelasannya.

  4. Terimakasih banyak – paparan sangat jelas dg bahasa yg sangat mudah dipahami. Semoga menjadi ilmu yg barokah dunia kahirat.

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.