Ini Tips Libas Bisnis Cuci Mobil

Bisnis itu tidak seperti kata motivator seminar, sekali buka langsung laris.

Yang benar, sekali buka langsung belajar.

Nah mari kita belajar mengenali hambatan bisnis ini.

Tips Usaha Cuci Mobil

sumber : unsplash.com

Hambatan Usaha Car Wash

 

Waspadai beberapa hambatan usaha cuci mobil sebagai berikut:

  1. Ingin segera beralih ke konsep usaha cuci mobil di tingkat lebih tinggi. Padahal usaha juga baru berjalan sebentar.
  2. Terlalu percaya kepada pegawai sampai-sampai pemilik sering meninggalkan tempat usaha. Kegiatan mengawasi atau supervisi pegawai harus dilakukan secara terus menerus.
  3. Tidak memiliki pembukuan usaha. Padahal catatan keluar masuknya uang sangat penting dimiliki oleh para pengusaha.
  4. Mudah menyerah manakala mengetahui ada pesaing baru yang lebih laris dibandingkan usaha sendiri.
  5. Minim kreativitas dalam usaha.
  6. Menggunakan modal usaha untuk hal-hal yang tidak perlu.
  7. Air kotor membuat pelanggan lari.
  8. Cucian baret membuat kebangkrutan tinggal menghitung hari.
  9.  Usaha sepi, ingin cepat balik modal.
  10. Lokasi  ternyata tidak sesuai ekpektasi

Bisnis Cuci Mobil

Tips Usaha Cuci Mobil

Nah sudah siapkah anda memulai bisnis cuci mobil? Yuk sekarang

  1. Jika harus menyewa tempat dan dana Anda terbatas, sebaiknya menyewa gudang yang sudah tidak terpakai. Harga sewanya jauh lebih murah daripada Anda menyewa lahan kosong. Anda juga wajib menyesuaikan dengan jenis cuci mobil yang anda pilih
  2. Lokasi usaha harus yang mudah terlihat, dekat dengan keramaian namun aksesnya mudah dan tidak terlalu macet.
  3. Semanual-manualnya tempat cucian mobil, pasti harus punya alat hidrolik juga. Supaya tugas membersihkan keseluruhan bodi mobil bisa dilakukan dengan paripurna alias sempurna. Supaya bisa menekan budget, sebaiknya membeli peralatan hidrolik yang sudah satu paket (hidrolik, steam air, vakum, dan steam salju).
  4. Sewa tempat untuk car wash otomatis biasanya disesuaikan dengan bentuk mesin. Umumnya memanjang dan tidak terlalu membutuhkan lahan parkir usai pengeringan. Karena pengendara mobil akan ikut bersama mobilnya masuk ke dalam mesin car wash dari awal hingga akhir pencucian (pengeringan) lalu pulang (setelah membayar).
  5. Lebih baik menerapkan gaji karyawan berdasarkan banyaknya mobil yang dicuci. Hal ini bertujuan untuk memacu kerja mereka supaya lebih giat. Jika mereka sangat rajin, Anda bisa memberikan bonus secara bertahap.
  6. Jangan lupa untuk selalu mencatat keluar masuknya uang setiap hari. untuk memudahkan, Anda bisa menggunakan aplikasi Android seperti APP Keuangan (Genta TeknoDev 1), SI APIK (Bank Indonesia), dan Akuntansi Keuangan (GentaTekno Dev 2).
  7. Salah satu keuntungan cuci mobil manual, hidrolik, atau steam adalah tersedianya waktu bagi pengendara untuk menunggu di ruang tunggu sambil mobilnya dikerjakan. Alangkah baiknya jika Anda menyediakan kafe mini lengkap dengan menu yang menarik, televisi, bahan bacaan (koran atau buku), pendingin ruangan, atau wifi gratis supaya pengendara betah berlama-lama di sana.
  8. Pendapatan usaha sebaiknya disimpan dalam rekening khusus supaya tidak tercampur dengan rekening pribadi.
  9. Berikan pengarahan kepada pegawai Anda setiap hari secara berkala sebelum mulai kerja dengan bahasa yang mudah dipahami dan hangat penyampaiannya. Hal ini bertujuan agar para pegawai merasa nyaman dan diperhatikan oleh atasannya.
  10. Buat seragam khusus untuk pegawai Anda supaya lebih kompak lagi.
  11. Lakukan program-program promosi terbaru guna meningkatkan omset. Jangan lupa untuk memanfaatkan media sosial. Buat fanpage Facebook khusus usaha cuci mobil Anda.
  12. Buat supaya orang-orang penasaran dengan usaha cuci mobil Anda setelah melihat di Facebook. Sampai akhirnya mereka datang dan datang lagi.
  13. Beri nama usaha Anda dengan nama yang menarik perhatian. Misalnya, ‘Car Wash Go Kinclong’. Jangan lupa untuk menambahkan slogan di spanduk promosi Anda.
  14. Misalnya: ‘Car Wash Go Kinclong’ … Nggak Bakalan GO Sebelum Jadi Kinclong!Tertanda: All Crew Car Wash Go Kinclong
  15. Melakukan kerja sama dengan bengkel atau penjual oli. Mereka bisa buka gerainya di tempat usaha Anda.
  16. Banyak membaca buku atau artikel, menonton video di YouTube, dan mengamati sekitar supaya kreativitas Anda bertambah.
  17. Jika usaha Anda 1 car wash sudah maju, Anda bisa melebarkan sayap usaha dengan menciptakan peralatan sendiri (buat merek sendiri). Jika bisa diterima di pasaran usaha, Anda bisa juga menjual secara waralaba.

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.