71 Contoh Usaha Makanan Ringan Serba 2000 1000 dan 500

Usaha Makanan Ringan Serba 2000 dan 1000 benar-benar ada dan menguntungkan. Saya akan menunjukkan kepada anda bagaimana cara bisnis ini sebenarnya. Kenapa bisa sangat murah bahkan seharga bayar toilet, seharga parkir motor. Anda bisa memilih daftar isi atau langsung baca satu per satu ya

Daftar Isi

Kenapa Bisa Sangat Murah? Hanya Rp 2000 bahkan ada yang bisa serba 1000

Bisnis ini sebenarnya adalah bisnis repacking. Hal ini pernah di bahas harian kontan pada saat booming di tahun 2010. Pemain yang terkenal untuk bisnis ini adalah Kriuxx, Kriezz, Naima, dan Echo.  Apakah salah satunya ada di kota anda?

Maksudnya bisnis repacking begini.

bisnis repacking snack serba 2000

Anda membeli keripik dari industri rumahan dalam bentuk curah atau glondongan, misalnya Rp12.000 per kg. Lalu anda bungkus ulang (repacking) kecil-kecil per 100 gram. Nah jadinya perbungkus Cuma Rp 1.200 kan harga beli snacknya. Jika ditambah biaya plastik dan listrik mesin packing insya Allah dijual Rp 2.000 masih untung.

Kalau mau bikin sebungkus Rp 1000 tinggal kecilin isi bungkusnya, misal jadi 50 gram. Mau Rp 500 silahkan lebih kecil lagi isinya.

Ingin menjual perbungkus 5000 an? Gampang, tinggal gedein packingnya.

Yang keren dari bisnis kriuk kriuk ini adalah bahkan di tahun sekarang masih ada yang harganya serba Rp 2000, padahal para pemain lama sudah menaikkan harganya ke Rp 3500. Coba cari di tokopedia. Anda akan menemukan gambar seperti ini. Snack Rp2000, beli 5 gratis 1

Tokopedia makanan ringan serba 2000

Sekarang Kita Bahas Jenis Makanan yang bisa dijual untuk bisnis kriuk ini

71 Jenis Makanan Kriuk Serba 2000 dan 1000

Ayuk kita bahas satu persatu dan anda segera putuskan, jenis makanan apa yag anda jual. Jika daftar Anda tidak ada  di sini silahkan tulis di komentar agar yang lain terinspirasi.

1.        Keripik Tempe

Makanan ringan satu ini tersebar hampir si seluruh pulau jawa. Warna khasnya yang agak putih dan berasal dari tempe kedelai membuatnya cukup familiar dan disukai banyak orang. Rasanya yang khas bawang, gurih, dan asin sangat pas untuk menjadi cemilan.

keripik tempe

2.        Keripik Tahu

Tekstur keripik yang renyah dan gurih bisa membuat orang ketagihan. Bentuknya yang mirip bakso terkadang memberi kesan mahal tersendiri. Selain sebagai camilan, keripik ini bisa menjadi pengganti gorengan dan kerupuk untuk teman makan nasi.

Keripik tahu serba 2000

Sama seperti tempe, tahu juga terbuat dari kedelai. Saat harga kedelai turun untung berlipat, saat harga naik anda harus menyiasati dengan kemasan lebih sedikit.

3.        Keripik Pisang

Keripik ini terbuat dari pisang yang diiris iris. Ada yang memanjang ada juga yang bulat bulat. Warnanya bisa kuning atau kecoklatan. Rasanya ada yang manis ada juga yang gurih. Tergantung yang membuat.

keripik pisang

4.        Keripik Singkong seperti QTela

Terbuat dari singkong yang diiris iris bulat tipis, keripik ini punya rasa tersendiri. Umumnya keripik singkong lebih tipis dari keripik pisang. Rasanya juga ada yang gurih dan ada juga yang manis.

keripik ketela serba 2000

Biaya pembuatan keripik ini sebenarnya murah, jauh lebih murah daripada harga Qtela. Anda bisa membuat sendiri atau membeli secara curah lalu memberikan rasa balado seperti Qtela

5.        Keripik Kentang

Masih tentang keripik. Kentang bisa anda jadikan keripik, tekstur kenyalnya membuat rasa keripik kentang lebih lembut dari keripik yang lain. Anda cukup memastikan rasanya krenyes-krenyes gurih, jangan terlalu lembek. Beri perasa gurih dan anda akan membuat konsumen mencoba rasa keripik baru.

keripik kentang 1000

6.        Kerupuk Seblak

Makanan khas Jawa Barat ini memang tidak ada matinya. Setelah Seblak Kuah hadir di berbagai kota di Indonesia, makanan satu ini makin terkenal. Alhasil kerupuk seblak sendiri ikut terkenal.

keripik seblak enaks

Rasanya yang gurih dan cara membuatnya yang gampang membuat seblak menjadi salah satu pilihan makanan ringan serba 2000. Bahkan makanan kriuk ini bisa anda jual 1000, masih tetap kelihatan banyak.

7.        Basreng

Bakso goreng jika dijual seharga 2000 memang kelihatannya mustahil. Harga bakso terlanjur mahal apalagi digoreng.

Bakso goreng basreng

Tapi itu bukan penghalang untuk menjadikan basreng snack murah. Caranya anda membuat beberapa versi. Versi 1.000, 2.000, 5.000, 10.000, dan 20.000. Harapan kita versi 2.000an untuk mereka yang mau mencoba basreng, setelah tahu bahwa basreng itu enak, mereka akan membeli yang versi 10.000 bahkan 20.000

Trik lain untuk menghemat biaya adalah dengan memperbanyak terigu dan mempersedikit daging.

8.        Mie Gepeng

Mie Gepeng snackIni seperti jajanan SD tahun 90an. Mie gepeng yang diberi bumbu. Rasanya gurih sangat cocok untuk menemani nonotn tv, belajar, dan bersantai. Sifat asli mie yang membuat kenyang juga menjadi alasan makanan ini disukai.

9.        Mi Lidi

Jajanan SD ini beneran masih banyak peminat.

mie lidi makanan ringan

Saya juga beberapa kali membelinya. Ada yang versi kuning tanpa rasa, ada yang versi gurih. Bahkan 1 dari 7 pengusaha makanan ringan yang kami ulas adalah pengusaha mie lidi. Apakah anda akan mulai menjual mie lidi?

10.    Makaroni

makanana ringan makaroni

Makanan ringan satu ini memang bukan favorit semua orang. Tapi entah kenapa ada saja yang membelinya. Tersaji dalam varian manis, pedas, dan gurih membuat makanan ini laris di segmen pecintanya.

11.    Gurilem

Gurilem adalah kerupuk pedas khas Jawa Barat. Bentuknya yang memanjang lucu membuatnya makin terkenal. Sekarang kerupuk ini makin terkenal. Bahkan maicih pun membuatnya

Gurilem

12.    Kembang Goyang

Snack Kembang Goyang

Sebagian orang menganggap kue ini mirip roda kereta kuda. Sebenarnya itu adalah bentuk kelopak bunga sehingga disebut kembang. Cara membuat makanan khas Betawi ini adalah digoyang goyang sampai terlepas dari adonan. Oleh karena itu kita menyebutnya kembang goyang.

13.    Stik Keju

Stick Keju

Makanan ringan yang terbuat dari tepung terigu, maizena, dan keju ini banyak peminatnya. Rasanya yang empuk sangat pas untuk melengkapi toko snack 2000an milik anda.

14.    Stik Talas

Stick Talas

Makanan ringan ini disebut sebut khas Pontianak, ada juga yang menyebut berasal dari Bogor. Namun demikian, makanan ini bisa anda buat sendiri di rumah. Rasanya empuk dan bahannya murah. Cocok deh untuk dijual.

15. Kuaci

kuaci makanan ringan 1000

Ada dua jenis kuaci yang terkenal. Kuaci bunga matahari dan kuaci Semangka. Anda harus pilih yang mana? Saya sarankan kuaci bunga matahari. Meskipun harganya mahal tapi banyak yang suka dan umum dijual.

16. Siomai Kering

siomay kering

Siomai yang biasa kita makan dengan kuah ini bisa anda goreng dan dijadikan kering.  Biar hemar dan dapat banyak, cukup siomay aja tanpa perlu tahu dan bakso.

17. Kacang Polong

kacang polong

Kacang yang berwarna hijau bulat ini sudah jadi makanan favorit anak muda jaman dulu. Target makanan ini tentu saja anak muda dan usia baya. Rasanya yang tidak empuk sungguh tidak cocok untuk kakek nenek. Rasan gurih dan jumlah kacangnya yang sedikit sangat cocok untuk dijadikan bagian dari snack kotakan.

18. Permen Cokelat Cha Cha

permen cha cha polos

Pemennya tidak harus merk cha cha dan warnanya tidak harus coklat. Saya menyebut cha cha agar anda langsung terbayang. Ya sejenis makanan itu, rasanya manis dan enak. Anak-anak suka.

19. Pisang Sale

pisangsale

Saya juga awalnya heran, pisang sale kok dijual 2000an. Ternyata pisangnya tidak lembek lembek banget dan kecil kecil. Bisa lah dijual 2.000 atau 1.000

20. Seblak Kering

Seblak kering

Ini mirip kerupuk seblak. Bedanya kalau kerupuk seblak khasnya pedas. Dari gambarnya ini memang mirip kerupuk seblak

21. Keripik Sukun

keripik sukun

Cara membuatnya gampang. Sukun diiris tipis dan digoreng, jangan lupa di kasih bumbu agar gurih dan renyah. Buah sukun yang berserat membuat rasa keripik ini berbeda dengan keripik singkong.

22. Keripik Bayam

keripik bayam

Daun bayam dibersihkan lalu diberi tepung berbumbu. Setelah itu silahkan goreng. Saat melakukan packing pastikan anda berhati hati. Keripik ini sangat mudah patah. Sebaiknya plastiknya gembung agar keripik ini tidak ringsek saat ditumpuk.

23. Rempeyek Kacang

Rempeyek Kacang

Rempeyek kacang juga disukai banyak orang. Baik itu rempeyek kacang hijau maupun kacang tanah. Anda bisa membuatnya kecil kecil agar terlihat banyak saat dibungkus.

24. Rempeyek Teri

Rempeyek Teri

Ikan teri memang murah dan enak. Lebih bagus lagi jika kita buat rempeyek. Camilan satu ini biasanya untuk lauk bukan untuk teman nonton TV karena minyak rempeyek ikan teri cukup banyak.

25. Rempeyek Rebon

Rempeyek Rebon Rempeyek rebon terbuat dari udang rebon dan tepung beras. Digoreng gurih dan nikmat.

26. Kacang Bawang

kacang bawang

Kacang kulit dikupas. Di rebus dulu. Digoreng. Setelah Jadi dicampur bawang. Ada yang lebih suka bawangya daripada kacangnya, pastikan tiap bungkus sudah dikasih bawang goreng.

27. Kacang Kulit oven atau goreng

Kacang Kulit Kiloan

Mirip kacang sukro dan kacang garuda. Kacang tanah dicuci bersih lalu dioven atau digoreng tanpa minyak. Lebih empuk lagi kalau di rebus dulu. Hanya saja kalau direbus jadi kisut.

28. Kacang Atom

kacang atom

Ini juga mirip sukro dan kacang garuda. Anda tinggal bikin kacang atom sendiri dan beri merk sendiri.

29. Kacang Mete

kacang mete

Sebenarnya ini makanan mahal Jadi strateginya sama seperti basreng. Buatlah beberapa versi. Versi seribu, dua ribu, 10 ribu, dan 25 ribu.

30. Kacang Telur

kacang telor

Anda bisa membuat kacang telur murah, pedas, manis, mulus bahkan crispy, tergantung selera. Kebanyakan yang ada di masyarakat adalah kacang telur mulus. Snack ini terbuat dari kacang tanah yang dibalut tepung terigu dan telur. Enak bukan?

31. Usus Krispi

usus krispi

Usus Krispi gurih dan renyah. Cocok untuk camilan ringan maupun lauk. Bisa ditambah penguat rasa agar semakin gurih

32. Tahu Goreng

Tahu Goreng

Tahu goreng itu berbeda dengan keripik tahu. Jika keripik itu tipis maka ini tahu biasa yang digoreng lembut dan kering

33. Tempe Goreng

Tempe goreng lebih besar daripada keripik tempe. Meski demikian anda harus menggorengnya dengan minyak yang banyak agar kriuk-kriuk dan krenyes-krenyes.

tempe goreng

Pastikan juga minyaknya sudah ditiriskan sebelum dibungkus.

34. Keripik Bawang

keripik bawang

Bentuknya mirip kerupuk pangsit. Kerupuk ini terbuat dari tepung terigu dan atau tepung sagu yang dicampur bawang dan penyedap rasa. Banyak juga ditemui saat lebaran. Yummy

35. Keripik Apel

kripik apel

Membuat keripik apel tidak asal goreng ya. Bisa-bisa apel rusak karena suhu yang terlalu panas. Membuat keripik apel biasanya menggunakan penggoreng hampa (Vacuum fryer)

36. Keripik Ayam

keripik ayam

Keripik ini terbuat dari ayam yang direbus. Dicampur juga dengan sedikit jahe. Jangan lupa tambahkan terigu dan penyedap rasa agar nikmat.

37. Keripik Buah

keripik buah

Camilan serba 2000 seperti ini banyak anda temukan di Kota Batu, Malang. Hanya saja di sana jualnya sekitar 30.000 ukuran besar. Nah untuk mensiasatinya anda bisa mengkulak dari home industri lalu dibungkus kecil kecil.

38. Keripik Bakso

Keripik bakso bentuknya lebih rapi daripada bakso goreng (basreng). Anda bisa menambahkan balado agar warnanya agak kemerahan dan mengundang selera.

39. Keripik Balado

Ada juga yang menyebut keripik ini sebagai keripik singkong yang ditaburi balado pedas manis. Makanan ini juga dikaitkan dengan keripik sanjai khas Bukittinggi.

40. Keripik Cireng

Siapa yang tidak kenal cireng? Makanan putih khas Jawa Barat ini sudah menjadi favorit banyak orang. Rasanya yang gurih keasinan membuatnya ketagihan. Nah sekarang agar bisa jadi snack harga 200an anda harus mengubah cireng menjadi keripik. Bisa kan?

41. Keripik Daun Singkong

Ternyata daun singkong bisa jadi keripik. Padahal biasanya sebagai sayur mayur, ini jadi keripik. Hati hati ya pas menggorengnya agar tidak hancur keripiknya

42. Keripik Daun Pepaya

Rasanya yang pahit ternyata tidak menghalangi sayuran satu ini menjadi keripik untuk dijadikan usaha makanan ringan serba 2000. Krenyes krenyes enak.

43. Keripik Pepaya

Buah pepaya sendiri bisa jadi keripik lho. Sama seperti apel, sebaiknya anda menggunakan penggoreng hampa udara. Oh ya pepayanya jangan yang terlalu matang nanti bisa lembek.

Pilihlah pepaya yang hampir matang dan sudah manis. Iris tipis-tipis. Lalu lanjutkan seperti keripik yang lain.

44. Keripik Edamame

Edamame ini bahasa jawanya kedelai besar. Sayangnya harganya lebih mahal dari kedelai, rasanya memang lebih manis. Saran saya di bungkus keripik ini sebaiknya ditulis keripik endamame, supaya orang tahu kenapa harganya mahal.

Agar tidak perlu packing baru, anda bisa memasukkan kertas putih yang ditaruh plastik ke dalam keripik.

45. Keripik Ikan

Iya ini beneran. Anda bisa membuat keripik ikan. Tekniknya bebas, ikan bisa dihaluskan dulu atau tetap dibiarkan berbentuk ikan. Dicampur tepung terigu dan bumbu. Jadilah keripik ikan

Keripik Ikan Dero

46. Keripik Ikan Wader

Ikan wader yang kecil kecil dan harganya murah membuatnya cocok untuk menjadi bahan keripik. Sebaiknya anda membuat beberapa versi, dari versi 100 2000 sampai versi 30.000

47. Keripik Jamur Tiram

Jamur tiram bisa dibudidayakan dari rumah. Seiring banyaknya pembudidaya, harga jamur ini perlahan turun. Nah cocok kan jadi keripik. Apalagi sekarang ini jamur punya segmen penggemar trsendiri

48. Keripik Jantung Pisang

Tidak Cuma pisang lho yang bisa jadi ceriping. Di beberapa daerah jantung pisang juga diolah. Nah ini adalah kesempatan anda untuk membuat jantung pisang menjadi olahan serba 2000

Keripik Jantung Pisang

49. Keripik Jambu

Ini prinsipnya sama dengan keripik apel. Anda harus hati-hati menggorengnya. Rasa jambu yang masam manis membuat keripik jambu bisa jadi pilihan tersendiri

50. Keripik Kentang Pedas

Kentang juga bisa jadi keripik. Tidak cuma jadi stik panjang panjang. Iris tipis-tipis kentang lalu beri bumbu kemudian goreng. Setelah matang dikasih bumbu lagi agar renyah

51. Keripik Ketela ungu

Pernah melihat ketela rambat?jika belum, pernah melihat keripik ketela warna ungu? Ya itulah keripik ketela rambat

52. Keripik Opak

Opak ini makanan khas sunda. Mirip kerupuk kalau di Jawa Tengah. Bedanya kalau kerupuk terbuat dari tepung tapioka, sedangkan opak terbuat dari tepung beras ketan.

53. Keripik Pisang Aneka Rasa

Ada pecinta keripik pisang gurih, ada yang suka manis, ada juga yang suka pedas manis. Bagaimana jika dicampur jadi satu saja. Bukankah ini ide makanan ringan serba 2000 yang unik?

54. Keripik Vegetarian

Makanan Vegetarian mulai disukai banyak orang. Pecinta makanan non hewani punya segmen tersendiri. Ini kesempatan langka buat kita untuk menghadirkan makanan vegetarian. Bikin aja keripik bayam atau daun singkong atau buah-buahan, kemudian beri tulisan vegetarian.

55. Keripik Pangsit

Pangsit biasanya temannya bakso. Bentuknya berlekuk lekuk. Bar mirip keripik silahkan bentuk yang rapi ya.

Pangsit sendiri, dalam bentuk kerupuk, sebenarnya sudah layak jadi makanan ringan serba 1000. Tergantung anda mau pilih yang mana ya

56. Keripik Terong

Terong dipotong bulat-bulat digoreng kering layaknya keripik. Jadi deh keripik terong

57. Keripik Asin

Keripik asin ini macam ragamnya. Ada keripik singkong, keripik usus, keripik opak ataupun keripik lainnya. Anda hanya harus memastikan serba 2.000

58. Keripik Belut

Belut yang rasanya gurih renyah dan biasanya di sajikan dalam bentuk pedas ini juga bisa jadi keripik lho. Anda tinggal beri bumbu yang lezat. Goreng tipis tipis, wow.

59. Keripik Cimol

Cimol ini mirip bakso. Hanya saja dagingnya tidak banyak dan bahkan ada yang tidak ada. Nah cara membuat keripiknya mirip dengan cara anda mengolah bakso menjadi keripik. Tipis tipis dan bulat bulat itulah khasnya.

60. Keripik Daun Kemangi

Selain bisa untuk mengurangi bau badan dan menemani pecel lele, ternyata Kemangi bisa jadi keipik untuk dijual menjadi amakanan ringan. apakah anda tertarik?

keripik kemangi 2

61. Keripik Dari Tepung Beras

Yang dimaksud tepung beras disini bukan berarti semuanya terbuat dari tepung beras. Anda bisa membuat kerpiki bayam, hanya saja tepungnya dari tepung beras. Bisa juga keripik tempe, tapi dicampuri tepung beras.

Tepung beras bisanya lebih putih dan terlihat agak pucat. Maukah anda mencobanya?

62. Keripik Emping Pedas Manis

Emping memang makanan favorit. Rasanya yang gurih membuat kita tidak bisa berhenti memakanya. Favorit anak SD sampai orang tua.

Waktu SD biasanya kan yang kita dapat rasa asin gurih, bagaimana jika anda mencoba yang pedas manis lalu dibungkus kecil kecil agar bisa dijual 2000 rupiah

63. Keripik Gemblong Singkong

Gemblong dari tepung ketan sudah biasa. Gemblong dari singkong itu baru unik. Lebih unik lagi kan gemblong dari ketela lalu dibikin keripik. Benar benar menggoda untuk segera berbisnis.

64. Keripik Jahe Kelapa

Di warung ronde biasanya kelapa dan jahe bertemu dalam bentuk wedang hangat. Nah di benak anda, bagaimana caranya membuat wedang jahe menjadi keripik. Bisa kok, lihat saja gambar  ini. Gurih sehat dan bergizi.

65. Keripik Mie

Ini sudah bukan rahasia. Anak SD suka dengan hal ini. Mie digabung dengan terigu lalu dikumpulkan, Jadilah keripik.

keripik mie

66. Keripik Nanas Khas Riau

Keripik nanas ini selain rasanya enak juga bentuknya bagus. Anda bisa melihat peluang bisnis ini kan? Dia bisa jadi oleh oleh ataupun cemilan

67. Keripik Otak Otak

Otak otak kan biasanya dipakai lauk. Keripik otak otak juga begitu. Biar awet dan tahan lama, lauk otak otak dijadikan keripik. Rasanya gurih. Yuk coba

68. Keripik Orek Tempe

Orek tempe yang biasanya tahan seminggu dalam kulkas ternyata bisa tahan sampai sebulan dengan cara dijadikan keripik. Ide bisnis brilian bukan, apalagi buat lingkungan mahasiswa.

69. Keripik Talas

Talas ini punya rasa tersendiri. Agak masam pahit gurih. Rasanya yang unik ini bikin ketagihan jika berhenti. Cocok deh dijadikan makanan ringan serba 2000

70. Keripik Cabe

Ini lagi hits. Keripik cabe, cabenya banyak. Coba search di google atau Instagram. Banyak deh, yakin. Keripik pedas ini banyak cabenya.

71. Emping Jagung

Jajan khas SD ini memang banyak yang suka. Bahannya pun gampang.

emping Jagung

Anda punya jagung? daripada dijadikan makanan ternak mending dijadikan emping kan?  Yuk mencoba

Mulailah Sekarang Juga, Ini caranya

Bisnis ini bisa dibagi menjadi tiga, yaitu :

  1. pembuat snack
  2. distributor snack
  3. Pemilik toko snack serba 2000

Yang pertama anda putuskan adalah pilih yang ingin anda lakukan. menjadi pembuat sncak untuk dikulak atau menjadi pengkulak, atau mendirikan usaha toko makanan ringan serba 2000.

Terjun ke bisnis makanan ringan berarti anda siap bekerja keras. Apalagi di awal bisnis, anda bisa jadi belum menghasilkan tapi pengeluaran tetap keluar.

Tips lengkap bisnis makanan ringan bisa anda peroleh di 10 Tips Bisnis Makanan Ringan Ini Siap Anda Praktekkan

Khusus untuk anda yang ingin terjun bisnis makanan ringan, saya sudah membuat artikel artikel khusus.

Silahkan membaca: 7 Pengusaha Makanan Ringan Ini Sukses Omset Jutaan dari Nol

35 Ide Bisnis Makanan Ringan Modal Kecil Omset Jutaan

11 Contoh Bisnis Makanan Ringan Unik Yang Sudah Di Jalankan

Jika menurut anda artikel ini bermanfaat, anda hanya butuh waktu 1 menit untuk membagikannya ke facebook, whatsapp, dsb. Berbagilah dan semoga Allah melancarkan bisnis kita

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.